Laman

Rabu, 15 Januari 2014

Cake Kukus Tape Lapis Pandan Coklat

Assalamualaykum


Beberapa hari ini hujan yang mengguyur dan menyebabkan rumah saya nyaris kebanjiran, membuat tukang tape absen jualan.
Gimana mau jualan kalo jembatan yang menghubungkan beberapa wilayah tenggelam setinggi dada orang dewasa. Belum lagi arusnya yang sangat deras membuat nyali ciut jika melihatnya. Anak saya yang berangkat sekolahpun terpaksa balik kanan dan pulang karena tidak bisa lewat. Sebagai akibatnya terjadi kemacetan yang luar biasa panjang. Tapi syukurlah, kejadian ini hanya berlangsung sehari saja, dan keesokan harinya kondisi sudah normal kembali. setelah tukang tapenya jualan, selama 2 hari berturut-turut saya beli tape atas permintaan bapaknya anak-anak. Yang pertama dibikin tape goreng tepung (rondo royal) dan kedua kalinya saya bikin cake kukus tape ini.

Resep ini saya ambil dari grup DA. Waktu resep ini dijadikan PR/tantangan untuk anggotanya, saya belum gabung dan ketika melihat deretan resep yang ada di albumnya, saya jadi kemecer. Proses pembuatannya mudah kok hanya menggunakan metode sponge cake. Cake emulsifier dan baking powder saya hilangkan, jadi tanpa bahan additif sama sekali. Hasilnya adalah kue yang manisnya pas dengan tekstur padat. Foto yang dijepret ini tidak bantat lho ya tapi padat. Biarpun padat namun lembut dan tidak seret.

Cake Tape Kukus Lapis Pandan Coklat
Sumber : grup DA (Hani Al-Bughury)
Modifikasi : Rina Audie

Bahan :
125 gr tape singkong yang matang dan empuk
50 ml susu kental manis
3 butir telur
100 gr gula pasir
sejumput garam
1/2 sdt cake emulsifier (saya nggak pake)
50 gr tepung terigu protein sedang
1/4 sdt baking powder (saya nggak pake)
25 gr tepung jagung/maizena
50 gr margarin, dicairkan
50 gr minyak sayur
1 sdm coklat bubuk, larutkan dalam 1-2 sdm air panas
1/2 sdt pasta pandan

Cara membuat :
1. Siapkan loyang bulat diameter 18 cm, alasi kertas roti dan olesi minyak goreng. Panaskan dandang/kukusan sampai mendidih airnya.
2. Haluskan tape singkong dan buang seratnya, beri susu kental manis, aduk rata. Sisihkan.
3. Campur terigu, baking powder dan tepung jagung, ayak supaya bersih, sisihkan.
4. Kocok telur, gula, garam dan cake emulsifier sampai mengembang dan berjejak +- 10 menit. Jika tanpa emulsifier, kocok selama 15 menit.
5. Masukkan campuran tape dan terigu secara bergantian sambil dikocok dengan speed rendah sampai rata.
6. Masukkan campuran margarin dan minyak, aduk balik sampai rata.
7. Ambil 1/3 bagian adonan tape, beri pasta pandan. Tuang ke dalam loyang dan kukus 10 menit.
8. Setelah mengeras keluarkan dari dandang dan tuangi 1/3 bagian adonan tape warna putih/plain. Kukus selama 10 menit.
9. Terakhir campur larutan coklat dan sisa adonan, aduk rata. Tuang ke dalam loyang dan kukus selama 15 menit. Tutup dandang dialasi serbet supaya tidak ketetesan uap air. Lakukan tes tusuk. Keluarkan dari kukusan, balik dan dinginkan.


12 komentar:

  1. Hadeeeeuuhh... ngeledek bgt tuh si bolu...

    Haha... lama nie ga mainan ama mixer... hihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayo hayo segera angkat mixernya bu gulu biar bisa main adonan kue lagi....

      Hapus
  2. cantik Mbak.....permukaan atasnya ga bergelombang .... ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe...kalo dilihat aslinya bergelombang itu um. Mungkin karena dipoto gelap jadi nggak terlalu keliatan ya...

      Hapus
  3. enak mbakkk.. selalu suka olahan dari tape... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo ketemu tape singkong ayo dibuat. Enak nih hampir mirip kayak prol tape tapi lebih ringan teksturnya...

      Hapus
  4. Rin..disini tape singkong susah nk jumpa..kbyaknnya tape pulut..macmana rasanya tu rin..pasti sedap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. enaklah zila. Di Indonesia banyak tape singkong karena tergolong makanan tradisional ya. Rasanya asam manis mirip tape pulut namun padat karena terbuat dari singkong/ubi kayu.

      Hapus
  5. memang betul di indonesia ini luar biasa buanyak makanan :D
    tetapi kebanyakan itu bikin gendut, silahkan coba diet yang tidak menyiksa ini HANYA DENGAN coklat kurma yang lezat mengenyangkan namun tetap tidak bikin ndut silahkan mencoba coklat kurma

    BalasHapus
  6. Terima kasih resepnya mba, justru saya mau buat jualan...he..he...

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan jika mau dipake untuk jualan. Semoga laris dan berkah ya...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.