Laman

Sabtu, 11 Januari 2014

Pancake Durian/Durian Crepe

Assalamualaykum


Tanpa saya ketahui, ketika suami pulang kerja di malam hari beliau membawa buah durian yang telah dikupas dan diletakkan dalam styrofoam berbungkus plastik rapat.
Hal ini saya ketahui ketika membuka kulkas keesokan harinya. Surprise gitu. Memang saya sudah lama menginginkan bikin pancake durian ini. Dan baru kali inilah saya eksekusi resepnya. Ini gara-gara mb Mimie rajin pamer snack berbahan durian, bikin saya mupeng bukan kepalang. Melihat foto pancake durian bersliweran di blog dengan bentuk seperti bantal yang menul-menul, duh bikin saya sengsara. Apalagi masih punya sisa whip bubuk di rumah. Setelah semua bahan siap, pagi hari setelah subuh saya mulai bikin kulitnya. Pertama bikin pake teflon ukuran 22 cm, eh ternyata kegedean. Trus saya ganti pake ukuran 16 cm, dan kayaknya kurang besar, hehe...karena cuma punya 2 wajan, akhirnya saya pake yang kecil aja biar hasilnya banyak (walah pelit). Idealnya menggunakan wajan ukuran 18 atau 20 cm untuk membuat kulitnya. Insya Allah mau beli wajan dadar lagi ah supaya kalo mau bikin dadar bisa pas ukurannya.

Dan setelah jadi, suami yang kurang suka duren, lha kok nyomot bolak-balik. Mungkin karena ditambahi krim kali ya, sehingga rasanya lebih enak. Itu aja belum masuk kulkas lho. Padahal kalo saya bikin kue dengan dihias krim gini, suami nggak doyan tuh. Aneh deh. Apalagi kokinya yang bikin pancake, lebih banyak lagi nyomotnya, hehe....Lha memang harusnya begitu, kan udah capek bikin kulit sampai 30 lembar lebih. Udah gitu masih bungkusin isinya satu persatu, dobel capek dong (cari pembenaran tuh). Karena hasilnya banyak sebagian saya bagikan ke ibu-ibu yang belanja di tukang sayur dekat rumah. Komentarnya, semua bilang enak. Snack ini memang rekomended bagi yang suka durian. Dan tanpa basa-basi, saya cuma mau bilang "Wis to, pokoke enak banget....".


Pancake Durian/Durian Crepe
Sumber : Jasmin's Kitchen dan Camelia

Bahan Kulit Pancake/Crepe :
250 gr tepung terigu
3 btr telur
500 ml santan sedang dari 1/2 butir kelapa
½ sdt garam
3 tetes pewarna hijau muda

Bahan Isi :
150 gr Whip bubuk + 150 gr air es, kocok kaku, masukkan ke pipping bag, sisihkan
Daging buah durian buang isinya, lumatkan (kasar aja supaya berasa)

Cara membuat :
1. Taruh dalam wadah, tepung terigu, garam dan telur, aduk rata sambil dituangi santan sedikit demi sedikit hingga santan habis. Tambahkan pewarna hijau, aduk rata. Saring supaya licin. Buat dadar tipis-tipis diatas wajan teflon diameter 16 cm.
2. Ambil selembar kulit pancake, beri whipcream dan letakkan durian diatasnya. Lipat seperti amplop. Dimakan dingin (jangan beku ya..) lebih enakkk....



21 komentar:

  1. walaupun hampir tiap hari bikin....aku tetep mau ngantri....ihihi
    itu bikinnya kurang semok mbak.... ahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kurang semok karena kulitnya kurang lebar. Duren plus cream kayaknya bakal bikin nagih nih, hihi....

      Hapus
    2. waah...Mbak Mimie mbikin tiap hari???? ngiriii :(

      Hapus
    3. iya tuh um, mb Mimie bikin ngiri tiap hari bisa bikin pancake duren.

      Hapus
  2. Duuh... jd nambah penasaran dg rasanya deh....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak pake buanget lho mb Lina *ngomporin*

      Hapus
  3. kalo di Medan ini (sebagai kota asal pancake durian) pancake durian yang asli tanpa whip cream mbak. jadi beneran duren asli. saya jadi pengen nyicip yg pake whip cream. masih ada mbak? hehe... :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah habis Yuuuu...hihi....ini enak jadinya cepetan habis...

      Hapus
  4. Ya ampun mba Rina,,, saya Ngeces nih.. *cinta durian,,, tapi belum pernah bikin pancace durian... Aaaah dah kebayang2 nih mau beli durian,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo ayo bikin bikin.....*komporMledug*

      Hapus
    2. Mba Rina,,, hatur nuhuuun. Hari ini saya sukses bikin pancake durennya,,, Enaaaak banggeeett mba,,,

      Makasih banget ya mba Resepnya.... :)

      Hapus
    3. hiyaaaa....sama-sama. Jadi kepingin makan pancake duren lagi nih. Kirim ke rumaha ya mb Tina, hahaha....

      Hapus
  5. Mau nyoba bikin juga ahhh mbak,,,,,aku doyan niy pancake durian,,,,,daripada beli jatuhnya mihillll wkwkwkwkwk,,,,mending bikin sendiri ya,,,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi...iya dong mb Vero, namanya emak-emak, yang namanya ngirit pasti nomer satu. Ayo dieksekusi....

      Hapus
  6. Mba Rina, pingin... :D mau dong mba, aku suka banget sama durian, sayangnya di Jkt mahal ya duriannya. hehee...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mb Diana mihil. Duren yang dibeli ini duren Medan. Satu bungkus isi 8-9 biji seharga 20rb huhu.....

      Hapus
  7. Mbak Rinaa....maauuu ....udah lama saya ngidam iniiiii....hiks...duriannya mihil disini :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi...iya ya um, disini Indo aja mihil apalagi di Jepun sono ya....

      Hapus
  8. Zila pun suka nie..tp dh malas nk bikin rin..hechee..capek urus bby..

    BalasHapus
    Balasan
    1. daripada bikin, pilih beli aja zila biar masih bisa urus baby. Seandainya zila jiran disini pasti aku bagi ini pancake durian, ^_^

      Hapus
  9. Whoa.. enak bgt.. kirim-kirim mba ke rumah.. :)

    BalasHapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.