Laman

Sabtu, 18 Januari 2014

Pepes Ayam Daun Singkong

Assalamualaykum


Pepes ini saya bikin atas permintaan orang rumah. Agak lama saya nggak bikin pepes.
Terakhir kali bikin pepes ikan cuwe. Sempat mikir mau bikin pepes apa gitu. Akhirnya saya niat untuk bikin pepes ayam dan daun singkong. Ayamnya saya masak opor dulu. Setelah matang saya dinginkan semalam supaya bumbu meresap. Keesokan harinya baru saya bungkus beseta daun singkong dan dikukus. Rasanya, duhhh...enak banget. Dimakan dengan nasi hangat serasa perut ini nggak mau kenyang, hahaha....


Bahan :
1 ekor ayam, potong 16-18 bagian
1 butir jeruk nipis
garam secukupnya
1 ikat daun singkong, rebus matang dan peras airnya
2 lembar daun salam
1 potong lengkuas
3 lembar daun jeruk purut
1 cm kayu manis
1 bh bunga pekak/lawang
200 ml santan dari 1/2 butir kelapa parut
500 ml santan encer
Garam, gula pasir dan merica bubuk secukupnya
Daun pisang yang lebar dan lidi

Bumbu halus :
1 sdt ketumbar, disangai
1/2 sdt jintan, disangrai
10 butir bawang merah
5 siung bawang putih
3 cm kunyit
4 butir kemiri

Cara membuat :
1. Kucuri ayam dengan air jeruk nipis dan garam, ratakan dan diamkan 15 menit. Cuci bersih dengan air mengalir, tiriskan
2. Tumis bumbu halus sampai wangi, masukkan daun salam, lengkuas, daun jeruk, kayu manis dan bunga pekak. Tumis sampai matang dan agak kering.
3. Masukkan ayam, aduk rata. Menyusul santan encer, garam, gula dan merica bubuk. Biarkan sampai ayam empuk. Jika suka kaldu bubuk atau penyedap rasa boleh ditambahkan.
4. Masukkan santan kental, aduk aduk sampai mendidih supaya santan tidak pecah. Cek rasanya. Jika bumbu sudah meresap matikan api dan biarkan dingin (diamkan semalam supaya bumbu lebih meresap).
5. Ambil daun pisang, letakkan daun singkong, beri 2-3 potong ayam dan tuangi 1-2 sendok sayur kuah opor. Bungkus bentuk tum. Kukus selama 30 menit. Angkat dan sajikan dengan nasi hangat kepul-kepul, hmmmm.....

Note :
1. Jika kuah opornya sisa, sajikan sebagai pelengkap makan pepes ayam. Guyurkan saja diatas pepes dan nasinya, jadi tambah enaks lho, slruuuppphhh....
2. Kebetulan kemarin daun singkong dan kuah opor masih sisa, saya campur saja jadi satu kemudian direbus sebentar. Jadi deh opor daun singkong.

6 komentar:

  1. Hmmmm... pas bgt nih ujan2 perut maunya d manja terus...

    Hihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo bikin pepes bu gulu. Dimakan pake nasi panas bisa lupa diet, hihi...

      Hapus
  2. Balasan
    1. ayo makan daripada ngeces may ^_^

      Hapus
  3. aihhh...mb rina rajin bangetttt ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo kerumahku ntar aku buatin lagi...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.