Cireng ala Abang Gorengan

Assalamualaykum


Alhamdulillah. Akhirnya bisa juga saya bikin cireng yang mirip dengan tukang gorengan. Sekaligus ini posting pembuka di bulan November.
Mohon maaf jika menunggu terlalu lama karena saya istirahat dari ngeblog. Badan kurang fit karena beberapa waktu yang lalu saya kehujanan beberapa kali ketika jemput sekolah. Hidung dan tenggorokan terasa agak gatal yang menandakan flu akan menyerang. Obatnya hanya istirahat saja dan mengkonsumsi makanan serta minuman hangat. Mandi juga air hangat. Saya tidak minum obat, hanya konsumsi Habbat saja supaya daya tahan tubuh tetap kuat. Selang 2-3 hari kemudian badan sudah pulih seperti semula, tapi jadi males motret dan ngeblog. Untung nggak males email-emailan sama mb Mimie. Eh mb Mimie aku udah mandi lho ya....hehe...

Kembali pada cireng ya. Cireng ini saya buat tadi pagi untuk cemilan hari ini. Sudah beberapa kali berusaha menaklukkan cireng ini tapi selalu gagal. Hasilnya selalu keras dan alot setengah mati. Dari penampakannya juga nggak mirip dengan yang dijual abang gorengan. Tanpa sengaja saya membaca tabloid kuliner dan mencoba resep cireng di dalamnya. Ternyata berhasil ! Teksturnya tidak keras. Hanya sedikit alot khas tepung tapioka. Dan memang tekstur cireng di abang gorengan seperti ini ya.

Setelah berhasil barulah saya tau bahwa resep yang saya pake selama ini salah. Proses pembuatannya berbeda dengan cireng ini. Cireng ini menggunakan biang kemudian dicampur dengan aci/tepung tapioka dan diuleni sampai kalis. Setelah kalis, dibentuk bulat pipih dan digoreng. Supaya hasilnya bisa keriting, sesaat sebelum digoreng, pinggir adonan harus ditekan-tekan/dicubit-cubit sampai tipis. Begitu digoreng akan keriting dan sedikit menggembung. Bahan yang digunakan juga mudah, hanya aci/tapioka/kanji, bawang putih, daun bawang, garam dan air. Mau diberi kaldu bubuk dan penyedap rasa insya Allah lebih enak. Gimana mau cobain kan ? Yuk bikin yuk....

Bahan :
150 gr aci/tapioka/kanji
2 siung bawang putih dihaluskan
1/2 sdt garam
1/2 sdt kaldu bubuk (saya nggak pake)
1/2 sdt penyedap rasa
1 batang daun bawang, iris halus
Tepung tapioka untuk taburan, secukupnya

Biang :
50 gr aci
150 ml air dingin suhu ruang

Cara membuat :
1. Dalam sebuah wadah besar campur aci, bawang putih halus, garam, kaldu bubuk, penyedap rasa dan daun bawang. Aduk rata dan sisihkan.
2. Biang : dalam sebuah panci campur aci dan air, aduk sampai acinya larut. Nyalakan api kecil dan rebus sambil diaduk-aduk sampai kental, liat dan bening seperti lem.
3. Segera tuang biang panas ke dalam campuran aci kering. Uleni pelan-pelan menggunakan tangan. Hati-hati ya karena biang masih panas, gunakan ujung jari saja untuk nguleni. Setelah menghangat, uleni menggunakan telapak tangan sampai rata dan jadi menggumpal. Proses ini menggunakan sedikit tenaga supaya aci bisa menyatu dengan biangnya.
4. Taburi tangan dengan aci, ambil sejumput adonan dan bentuk menjadi bulat pipih. Lakukan sampai adonan habis. Supaya tidak melekat satu sama lain, taburi setiap lembar adonan dengan aci.
5. Panaskan minyak goreng agak banyak. Setelah panas, ambil sebuah adonan, tekan-tekan/cubit-cubit pinggirnya sampai tipis. Masukkan dalam minyak panas dan goreng menggunakan api agak kecil sampai matang dan sedikit kering. Angkat dan tiriskan. Sajikan hangat.


Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

66 komentar

haduh,,,haduh.... udah wangi ceritanya??? hihihi
cireng di tempatku ng ada mb.
dl pernah sekali bikin.....udah dingin,jd keras minta ampun....
kapan2 mau coba resep mb rina...^_^
syukrannnnnnn

aku tau cireng juga setelah di Ciledug. Di Solo nggak ada cireng.
kalo mau bikin pas longgar aja. Lumayan buat variasi cemilan nih...

saya jg prnah bikin, alot >.<....
btw alhamdulillah kalo udah pulih Mbak...semoga sehat selalu ^^

semoga sehat selalu ya mbakyu....
aku kalo bikin cireng dibikin tipis-tipisss... trus digoreng garing jadi kaya kerupuk... hehehe... anak-anak doyan semua, apalagi emaknya... hihihi...

kalo cireng yang ini nggak terlalu alot um. tergolong ramah terhadap gigi dan rahang, hehe...
aamiin, makasih tuk doanya, semoga ummu fatima dan anak-anak juga selalu sehat ya...

aamiin, makasih bu gulu...
bisa ya adonan cireng dibuat kayak kerupuk. Jadi ide bagus nih, insya allah mau cobain...

Alhamdulillah mbak Rina udah sehat ya.Smoga sehat slalu. Entry pertama klo log in ke blogspot. pasti absen buka blog nya mbak RIna dulu. Cireng pernah bikin, pas baru anget enak, pas udah dingin keras. Oh ternyata pake biang dulu to. Bakilah nanti klo mau bikin pake resep mb RIna ah dicoba. Ini makanan favorit juga pas tinggal di Bekasi dulu.

dulu pertama kali bikin cireng kayak adonan cilok mb Ridha dan hasilnya kueras dan uaaaloot banget. Apalagi kalo dingin. Mirip gigit sandal jepit kali ya, hahaha...setelah ketemu resep ini baru deh ngerti cara bikin cireng ala abang gorengan.
Btw makasiiiihhh atas atensi khususnya untuk DapurManis...

hai mba rina..

saya berkunjung ya, minta ijin nyontek resep cirengnya..

mbak mau tanya lebih empuk mana kalau dicampur dengan tepung terigu?

kalo pake terigu belum pernah bikin jadi nggak bisa membandingkan. Cuma sependek yang saya tau, kalo pake terigu warnanya tidak bisa seputih kalo pake aci aja.

Mb rina,aq nyontek juga yah resepnya.kemarin beli cireng secara online,jadi kepengen bikin sendiri.
Makasih

sama-sama silakan dicontek ya...

sudah dicoba... mantap mbak, terima kasih resepnya :)

Assalamualaikum....sudah saya coba resepnya dan hasilnya alhamdulillah mantaaaap...saya penggemar berat cireng...udah banyak nyoba resepnya tp yg ini yg paling pas..sdikit dmodif step bikinnya..garam,bawang putih, dan bubuk kaldu saya campur dengan adonan biang baru dipanaskan (ngikutin seperti membuat biang untuk pempek) dengan harapan garam dan teman2nya lebih larut dan menyatu diadonan keseluruhan...pokonya senaaaaaang dpt resep ini..terima kasih, thank you, hatur nuhun, merci...

waalaykumsalam...
eh merci ini nama orang apa bhs Perancic gitu, hihi...
Syukur kalo sukses. Boleh kok bumbunya direbus bareng biang biar gampang tercampur. Met bikin yang banyak ya biar puas makan cireng. Nggak usah beli lagi, insya Allah lebih bersih deh....

Hehehe...iya kami tinggal di perancis makanya usaha tingkat tinggi banget untuk ngdapetin resep2makanan indo yg pas...klo nungguin abang jualan lewt ddpn rumah ga tau bisa makannya kapan...-ummu nayla- :-)

Ummu Nayla : oooohh...lagi di Perancis to. Lha kalo nunggu abang lewat sampai kita buyuten ya nggak bakalan ada, hihi....

Mbak..kalo resep bumbu saosnya pake apa?

Saos ? Saos yang lagi ngetrend sekarang ini bumbu rujak. Ada kok di blog ini namanya Rujak Cireng.

Sudah coba dan berhasil dan enak...enak...enak.... mksh bnyk yaaa bunda resepnya...:)

sama-sama. Syukur deh kalo sukses dan disukai. Congrats ya...

Waaaah, ini dia resep cireng yang aku cari-cari. Izin uji coba di dapur mungilku ya, Mba Rina. Terima kasih banyaaak. :) Salam kenal.

Alhamdulillah akhirnya dpt resep makanan kesukaanku.. Ijin nyontek juga kaya bunda2 yang lain ya bun hehe.. Makasih

Salam kenal Dapur Manis ;) .. tiba2 terlintas ingin makan cireng, search di google langsung ketemu resep dr dapur manis liat2 commentnya rame bgt .. ga salah ngeklik saya hihi.. ijin nyobain resepnya yaa.. trims

cari2 resep cireng eh ktmu dch. dri coment yg q baca klhatnny bnyak yg berhasil. q jd ga sbar pngen coba bwt. lumyan utk ide usaha kecil2n heheheeeeeeeeeeeeeeeeeeee...............trimz y mbk

silakan semoga berkenan ya resepnya...

Berapa volume air untuk membuat biangnya?

Ga sabar mau nyoba masak di rumah bareng istri :) bagi yang mau pesan cireng instant bisa mampir ke url link saya

terima kasih telah jadi berkat melalui resepnya... God bless ya...

Assalamualaikum wr wb....
Salam kenal....
Trimakasih resepnya... ,sdh sy coba dan emang bener kaya abang gorengan.... Dan ketika foto cirengnys sy pake buat DP malah ada temen yang pesen.... Alhamdulillah.. Bisa buat blajar jualan... O ya sy tdk pake bumbu kaldu dan penyedap tp sy ganti dg gula pasir 1/2 sdt...

waalaykumsalam
syukurlah jika resepnya berkenan dan bisa dipake untuk menambah penghasilan. Selamat ya untuk order cirengnya.

Aduuuuuh ngidam pngn mkn cireng krn lht DP tmn...coba kalo di jkt psti udh lgsg brburu ke abang gorengan pinggir jalan..brhubung di Australia g ad yg jual harus coba resep mbak rina ni Demi debay...

Makasih ya Mbaa udah upload resepnya^^. Saya sering banget buka website ini kalo mau bikin cireng :D. Disini ga ada tukang gorengan soalnya, jadi sering kangen pengen makan cireng ^^..
Salam hangat dari Frankfurt :)

met bikin cireng ya biar nggak ngiler debaynya hehe....

kalo di sono mana ada abang jualan cireng ya hehe....cobain deh resep di atas, semoga suka. Met bikin cireng....

Salam kenal mbak Rina dari Utrecht,Belanda.
Boleh saya contek ya resepnya(tentunya dg mencantumkan sumbernya ^-^)

mb..hasil cireng nya nyerap minyak gak?
saya bikin awalnya krispii yahud..tapi lama2 gorengan di piring kempes dan nyerep minyak..
kenapa ya mb?

mb..hasil cireng nya nyerap minyak gak?
saya bikin awalnya krispii yahud..tapi lama2 gorengan di piring kempes dan nyerep minyak..
kenapa ya mb?
oiya..trima kasih atas resep nya :) :)

iya nyerap minyak. Setelah dingin keliatan minyaknya. Belum ketemu cireng yang bisa kering kesat tanpa nyerap minyak nih. Kalo beli di abang gorengan juga gitu rasanya. Menyerap minyak kalo udah dingin.

dududu.. kemana ajaa diriku hari gini baru nyobain cirengnya mba Rina
Manteeeb wes, anakku pada doyan hihihi..
Matur tengkyuu resepnya mba, ijin share di blog yah ;)

ayo bikin. Salah satu jajanan pinggir jalan yang murah meriah dan mudah dibuat. Setelah tau resepnya aku lebih seneng bikin sendiri daripada beli.

Mba rina, kalau cireng'a udh dingin, trus mau di angetin lagi bisa renyah lagi gk yaa rasa'a???

nggak bisa diangetin deh cirengnya. kalo digoreng lagi jadi super alot nanti

Aneh ya ada yang bilang pake air dingin ada juga yg bilang pake air hangat? Jd yang mana yg bnr?

tidak ada yang aneh dengan semua resep cireng yang ada, karena ada beberapa metode/cara yang digunakan untuk membuat cireng. Mau pake air dingin atau hangat terserah pembuatnya. Hasil akhirnya ya tergantung dari cara membuatnya itu.
Cireng yang benar ? Rada bingung dengan istilah benar ini. Menurut saya kalo hasil akhirnya seperti cireng dan rasanya juga seperti cireng menurut saya itu sudah benar. Karena "benar" menurut orang bisa berbeda-beda penafsirannya.
Jika ingin merasakan cireng yang benar menurut selera kita, harus berani mencoba beberapa resep. Setelah trial dan eror barulah kita tau cireng yang benar menurut versi kita.

Makasi resepnya Mbak, sudah dicoba bikin pagi ini, alhamdulillah mantappp, suami juga suka... cuma karena males ngulek bawang putihnya pagi2, saya ganti dengan bawang putih bubuk hehehe...salam kenal ya mbak ^^

salam kenal juga. Senang rasanya baca laporannya. Sukses terus ya...

Wahh klo disini di Bandung yg jual banyak bejibun, meski gitu hrus dicoba buat sendiri kkkk
Saya org Bandung tpi ga tau cara buatnya haha... postingannya sgt membantu mbak...

met bikin cireng deh
bandung tuh segala makanan yang unik-unik ada ya. Jadi pingin ke Bandung nih

Numpang nyoba resep cirengnx ya teteh.. Lgi kepinginn bingittssss ni mkn cireng.. Hatur nuhun

silakan, met menikmati cireng homemade ya

Maria
Wah kayakx pas banget nih buat buka puasa mbk.. Cz lagi bingung nih nyiapin ta'jil buat keluarga.. Ijin coba ya mbk 😊

silakan, moga cocok dengan resepnya ya

Iseng banget pengen ngemil, eh.. Nemu blog ini,perdana bikin cireng langsung berhasil,, terimakasih resep nya mba ^-^ salam hangat dari riyadh

Salam kenal mba Rina,izin save resepnya y...
Td dcobain bikin,gara2 suami suka banget sama cireng,alhamdulillah berhasil dan anak2 jg suka, abis dgoreng langsung ludess pgn lg,hehe...

alhamdulillaah....salam kenal juga. Enak dong ya kalo langsung ludes gitu. Moga ketagihan bikin cirengnya hehe....

makasih resep cirengnya bunda..sukses bikinnya n rasanya pas banget.Smpe dinginpun msh ttp kenyal,nda keras.

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon