Kroket Mie

Assalamualaykum


Cemilan yang saya buat kali ini yang gurih saja. Tau deh sejak kemarin-kemarin pingin mengeksekusi mi kering yang udah distok.
Kali ini dibuat kroket aja sambil dicocolin ke mayo atau saos tomat/sambal.  Resep dasarnya dari Kroket Nasi, tapi dimodif sedikit. Ketika mencelup kroket ke dalam telur kocok dan kehabisan telur, saya bikin larutan terigu untuk membalut kroketnya. Hasilnya , tidak terlalu banyak menyerap minyak jika dibandingkan yang dicelup ke dalam telur. Kali ini kata pengantarnya nggak usah bertele-tele ya karena masih harus tarik napas panjang setelah nganter anak sekolah (masuk siang euy...). Picnya juga seadanya. Maaf, moodnya sedang ke laut.....

Bahan :
100 gr mi kering, remas sedikit hancur, rebus matang, tiriskan
1 sdm margarin
1 bh bawang bombay, cincang
2  siung bawang putih, cincang 
1 batang daun bawang, iris halus
1 bh wortel, potong dadu kecil/diserut
5 bh bakso/sosis/daging ayam, potong dadu kecil
2 sdm terigu
250 ml susu cair (saya pake campuran susu cair dan air kaldu)
gula, garam, merica

Pelapis :
1 butir telur, kocok lepas (bisa diganti larutan terigu dan air)
tepung panir seukupnya

Cara membuat :
1. Larutkan terigu dengan susu, aduk rata. Beri garam, gula dan merica bubuk. Jika suka kaldu bubuk atau penyedap rasa boleh ditambahkan.Cek rasanya. Sisihkan.
2. Panaskan margarin, tumis bawang bombay dan bawang putih, menyusul daun bawang. Masukkan wortel dan bakso, aduk rata. Beri 3 sdm air supaya wortel cepat empuk.
3. Masukkan larutan terigu, aduk sampai rata dan licin. Masak sampai meletup letup. Begitu mengental segera matikan api. Masukkan mie rebus, aduk rata. Cicipi. Biarkan hangat.
4. Ambil selembar plastik, olesi minyak. Beri 1-2 sdm adonan mie, bulatkan. Celupkan dalam telur,gulingkan dalam tepung roti. Biarkan 15 menit supaya tepung lebih melekat.
5. Goreng dalam minyak sampai kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

8 komentar

Nyam Nyam...mau..tapi lagi diet gorengan nich Mba..sampai Sabtu besok..hihi..mau kebayaan..tapi habis..itu..tetep..mkn gorengan lagi..*diet di perketat semingu ini..hihi*

wuiii.....lagi diet ya. Iya deh, pantang gorengan dulu supaya bisa lanjut dietnya, dan bisa pake kebaya. Keep spirit mb diah.....

duuuuh, jadi makin ngebet pingin foto dg metode begitu mba... kapan yah...?

ayo mb Lina dicoba kalo pas longgar. Metode ini sederhana banget kok nggak pake pernak-pernik yang lain. Cuma kain hitam, meja dan kardus besar buat background-nya.

wahhhh.....rajin bener mbak bikin kroket.
aku udah jarang2 nih bikin cemilan.... ^_^

iya dong buat iseng memamah biak, hihihi....
kalo gitu masak aja deh, trus dipotret, hehe...

waah....comot semua aahh....^^

boleh um ambil semua aja. insya Allah mau bikin lagi wong di rumah pada doyan....

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon