Laman

Minggu, 08 September 2013

Lapis India

Assalamualaykum


Sudah lama saya ngincer resepnya mb Kamelia Marfuah ini. Kue dengan lapisan yang bergelombang ini sangat menantang utuk dicoba.
Penasaran apakah saya bisa membuat setiap lapisnya meliuk-liuk alias bergelombang. Saya nggak tau kue ini asalnya dari mana. Menurut saya unik, setiap layernya ada 2 lapisan yang terbentuk. Bagian atas adalah santan yang naik ke permukaan lapisan. Untuk percobaan pertama ini lumayan sukses dan menurut saya tidak sulit, hanya harus teliti dan telaten. Teliti untuk memperhatikan setiap lapisnya sudah bergelombang apa belum. Sedang telaten adalah membuat lapis demi lapisnya. Untuk menghasilkan gelombang dibutuhkan banyak air supaya menghasilkan tekanan kuat dari bawah sehingga permukaan kue tidak rata. Jika membuat kue kita menghindari gelombang supaya rata, ini tidak. Kita malah harus membuat kuenya tidak rata. Kuncinya adalah air yang banyak dan api besar !

Ketika membuat lapis india ini saya hampir kehabisan air sampai 2 kali. Pertama saat lapisan mencapai tinggi setengah loyang, Kuenya kok rata aja permukaannya. Tidak meliuk liuk . Akhirnya saya tambahi air panas kemudian api dibesarkan lagi dan saya tuangi adonan. Hasilnya sukses meliuk liuk lagi. Kejadian kedua pada waktu pengukusan lapisan terakhir. Waktu itu air sudah kering tapi untungnya belum bau gosong. Langsung aja loyang saya keluarkan dari kukusan dan saya tuangi air banyak sehingga kue saya bisa terselamatkan. Alhamdulillah....Huuufffttt.....

Jika ditanya susah pa gak bikin kue ini ? Jawaban saya, gampang. Yang agak sulit adalah membentuk goyangan indianya itu. Belasan tahun belajar bikin kue dan berusaha menghindari permukaan yang bergelombang itu lho yang mungkin membuat sulit membuat kue ini. Mindset harus digeser dikit untuk kali ini ya, hehe.....Coba perhatikan foto saya. Di lapisan tengah ada yang tidak bergelombang kan ? Itu karena air sudah berkurang banyak sehingga tekanannya berkurang. Jika sudah mencapai setengah loyang sebaiknya segera tambahkan air panas dan besarkan apinya sedikit. Karena lapisan di bawah agak menghalangi tekanan air untuk membuatnya bergelombang.

Bagaimana dengan rasanya ? Walaaaahhh....enak banget. Teksturnya lembut mak telenyer....membelai lidah. Mirip puding gitu tapi lembyyyuuuttt deh. Untuk resep dibawah saya hanya bikin separuh saja. Resep asli pake 8 butir telur dan saya hanya pake 4 biji saja. Untuk mb Mel makasih banyak ya tuk sharing resepnya.....Hayuk bikin Lapis India yuuukkkk.....


Bahan :
100 gr gula merah
200 ml air
1 lbr daun pandan
300 ml santan dari 1/2 butir kelapa parut
100 gr tepung hunkue
1/2 kaleng (+- 150 ml) susu kental manis /SKM
4 butir telur ayam, kocok lepas
1/4 sdt garam halus

Cara membuat :
1. Rebus gula merah, air dan daun pandan sampai gula larut dan mendidih. Saring dan dinginkan. Buang daun pandannya.
2. Siapkan loyang bulat diameter 18cm, tinggi 7cm, alasi kertas roti dan olesi minyak goreng. Panaskan kukusan dengan api sedang sampai mendidih airnya.
3. Dalam sebuah wadah campur tepung hunkue dan SKM sampai rata.
4. Masukkan telur kocok ke dalam hunkue tadi, aduk rata. Menyusul gula merah, santan dan garam. Aduk sampai rata dan saring supaya licin.
5. Masukkan loyang ke dalam kukusan Tuang adonan sebanyak 75 ml kemudian kukus selama 5 menit dengan api agak besar. Jika bagian pinggir sudah keliatan ada bintik-bintik kecil, tuangi lagi 75 ml adonan dan kukus lagi selama 5 menit. Lakukan terus sampai adonan habis.
6. Setelah lapisan terakhir dituang kukus selama 15 menit. Keluarkan dari kukusan dan dinginkan dahulu selama +- 6 jam supaya adonan benar-benar padat.



Published with Blogger-droid v2.0.10

11 komentar:

  1. amis ng mb ???
    udah lama lihat2 resep ini...tp aku sensitif bgt sm bau telur...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah enggak. tadinya aku juga khawatir bau telur, ternyata nggak. aroma gula merah dan daun pandannya itu bisa meredam bau telurnya. Atau daun panddannya ditambahi biar wangi. Plus vanilla juga ok.

      Hapus
  2. aduh teteh.... rajin pisan dehh,... kalo aku mana telaten bikinnya, minta aja deh... qiqiqqi... :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih lagi punya mood rajin makanya bisa kelar nih kue. Boleh kok minta, enak lho...^_^

      Hapus
  3. MasyaAlloh...rajinnya Mbak...saya mah ga tahan nungguin depan kompor terus2an...maklum banyak krucil *alesan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo punya krucil 4 ya maklum um. Seandainya di rumah krucilku ada 4 nggak bakalan masak apalagi punya blog, hahaha....
      Itu lapis india memang lama bikinnya. Butuh waktu 2 jam "nyembah" kompornya, hihi....

      Hapus
    2. waduuh ...sampe 2 jam di dpn kompor, kalo ga ada baby atha sih mgkn masih bisa mbikin....hehe...
      saya masak dan mbikin cemilan yg super duper gampang Mbaak...blog pun isinya singkat padat dan jelas aja :D

      Hapus
  4. Bintik2 air kecil dipinggir apa ya mbak?kurang faham, :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh maaf kalo salah pengertian, itu maksudnya gelembung kecil-kecil yah, hehehe....

      Hapus
  5. Jd msk gula merahnya.pke vanili juga ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya daun pandan diganti vanili ? Boleh. Rebus saja bersama gula merah seperti resep di atas

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.