Laman

Selasa, 10 September 2013

Mie Soto ala DapurManis

Assalamualaykum


Beberapa hari kemarin saya bikin Soto Ayam dan ada sisa kuah. Setiap kali bikin soto selalu seperti ini.
Awalnya dulu selalu saya buang tapi lama kelamaan kok sayang ya karena masih enak. Akhirnya putar otak supaya bisa diolah lagi. Mi instan rasa soto yang kadang dibeli memberi saya inspirasi untuk membuatnya. Bahan yang digunakan sesuai isi kulkas aja. Ada sawi ya pake sawi, ada ayam goreng ya dicemplungin. Kalo adanya cuma sosis ayam/sapi ikut dimasukin. Pokoknya suka-suka aja deh. Mi yang dipake mi kering aja yang telah direbus. Ketika diukur sisa kuahnya tinggal 200 ml. Supaya bisa jadi 2 porsi kuahnya saya tambahi air hingga mencapai 400 ml. Setelah numis bumbu masukin aja kuahnya dan tunggu mendidih, baru sayur dan bahan lain dimasukkan. Gampang kan.

Bahan :
100 gr mi kering
2 butir bawang merah, cincang kasar
1 siung bawang putih, cincang halus
400 ml kuah soto
2 buah sosis ayam/sapi (bisa pake ayam atau daging)
2 batang sawi, dipotong-potong
2 lembar kol, potong kasar
1 butir telur, dibuat orak-arik (saya gak pake)
Garam, merica, gula pasir secukupnya.

Pelengkap :
daun bawang, potong halus
bawang goreng
kecap manis
jeruk limau

Cara membuat :
1. Rebus mi kering sampai matang, tiriskan dan sisihkan.
2. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum, masukkan kuah soto. Rebus sampai mendidih. Cek rasanya. Jika kurang bumbu beri garam, merica dan gula. Pake kaldu bubuk juga boleh.
3. Masukkan sosis, sawi, kol dan telur orak-arik. Rebus sampai sayurnya layu, matikan api.
4. Dalam sebuah mangkok tata mi rebus, guyur dengan kuah panas beserta sayur dan isinya. Taburi dengan daun bawang dan bawang goreng. Sajikan dengan kecap manis dan jeruk limau.


6 komentar:

  1. hujannnnn di dumai mbak....lihat soto mienya jd ngelihhhh......
    aku paling sk apa aja olahan mie

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalo hujan disitu. Di Ciledug sudah beberapa lama puanas terus. Kangen hujan nih. Ayok bikin mi soto. Pake bumbu soto instan juga bisa.
      Btw tau aja kosakata jawa "ngelih", hihi...

      Hapus
  2. slrruuuuppp...suegernyaa..*nyodorin mangkuk ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi...emang enak kok mi sotonya (narsis). setelah bisa bikin mi sosto sendiri, sekarang nggak pernah beli mi instan rasa soto. habis rasanya lebih enak bikin sendiri meskipun pake bahan daur ulang.

      Hapus
  3. waaa..... sukaaa banget dengan mie yang berkuah...

    itu potonya teteh... makin aduhai aja deh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo dibuat mb Lina daripada ngeces...
      itu foto cuma pake kamera saku aja ya. Mana kamera second lagi, hihi...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.