Laman

Rabu, 11 September 2013

Lontong Pecel

Assalamualaykum


Menu hari ini di rumah saya adalah pecel. Biasanya saya makan pecel pake nasi.
Tapi kali ini pingin dimakan pake lontong biar agak berbeda. Tadi pagi saya bela-belain ke pasar untuk beli lontongnya. Padahal saya ini tipe orang yang amat sangat malas keluar rumah. Kalo belanja lebih suka nungguin tukang sayur lewat depan rumah. Bahan pecel yang saya gunakan sama seperti biasanya, bayem, kol, wortel, toge, daun selada dan timun. Pada dasarnya semua sayuran bisa kok dipake pecel. Setelah direbus/dikukus tinggal diguyur bumbu kacang. Untuk mematangkan sayurnya saya lebih suka dikukus karena tidak khawatir overcook. Selain itu, menurut saya kalo direbus kok rasanya hambar, kandungan gula yang ada dalam sayur mungkin ikut larut ke dalam airnya ya. Jadi saya memilih untuk dikukus saja.

Sedang bumbu kacangnya sudah saya buat sejak kemarin dan disimpan di kulkas. Jadi bisa irit waktu dan tenaga. Biasanya saya pake lauk tahu tempe goreng untuk teman makan pecel. Sekalian biar kayak gado-gado gitu. Tapi karena perajin tahu tempe sedang mogok dikarenakan harga kedelai yang melambung tinggi, tahu dan tempe goreng absen di meja makan deh. Semoga mogoknya tidak terlalu lama ya. Sedih euy sudah 3 hari nggak ketemu tahu tempe.

Bahan bumbu kacang :
250 gr kacang tanah goreng, haluskan (saya dipanggang biar irit minyak)
5 butir bawang putih
4 cm kencur
5 bh cabe merah besar
5 buah cabe merah keriting (kalo mau pake cabe rawit juga boleh)
5 lembar daun jeruk purut
100 gr gula merah, sisir tipis
1/2 sdt garam
2 sdm air asam jawa

Sayur kukus/rebus :
1 ikat bayam, siangi
2 bh wortel potong korek api
50 gr toge/kecambah
100 gr kol, iris tipis
10 lonjor kacang panjang, potong 2 cm (saya nggak pake)

Pelengkap :
daun selada
ketimun, potong tipis-tipis
Lontong, potong bulat-bulat

Cara membuat :
1. Goreng bawang putih, cabe merah besar, cabe keriting dan kencur sampai layu dan matang. Angkat da tiriskan.
2. Haluskan bumbu yang telah digoreng tadi bersama garam dan daun jeruk purut.
3. Masukkan gula merah, uleg sampai rata. Masukkan air asam jawa, aduk rata.
4. Campur kacang halus dan bumbu halus, aduk sampai rata. Bumbu pecel siap digunakan.
5. Jika akan dikonsumsi, ambil bumbu kacang secukupnya kemudian tuangi air panas dan aduk rata sampai kental.
6. Penyajian : tata lontong dan sayur kukus di atas piring kemudian tuangi dengan bumbu kacang. Sajikan.


6 komentar:

  1. waah...pecel favoriit....tapi males mbikin bumbu pecel sendiri, mana disini kacang mahaall...saya selalu rutin dikirimin bumbu pecel sama ibunda suami :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini pas lagi rajin. Biasanya sih males bikin bumbu pecel. Tinggal beli yang udah jadi aja di tukang sayur, hehe...

      Hapus
  2. di rumah kalau mamakku bikin pecel, terkenal pedesnya mb...
    bikin perut eikeh murus2..tp nekat makan juga..eheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku sekarang kalo masak pake cabe dibuang bersih semua biji-biji dan urat putihnya. Habis kalo pedes biarpun sedikit, lambung suka panas.

      Hapus
  3. ya Alloh ini favoritkuh.... ga kuat liatnya mba, semakin scroll kebawah semakin ngiler..... enak-enak semua.. hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. hiyaaa...bu dokter muncul lagi. Senangnya....Apa kabarnya nih ? Semoga sehat ya. Internetnya begitu juga, hehehe...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.