Halaman

Kamis, 12 September 2013

Gedang Owol

Assalamualaykum


Jika melihat pic di atas pasti sudah tau ya apa gedang owol itu. Pisang bakar gitu.
Gedang dalam bahasa Jawa artinya pisang. Sedang owol, mmmhhh...gak tau pasti deh apa itu owol. Lho gimana sih ? Lha saya memang gak tau apa artinya owol (latah deh). Barangkali ada pembaca yang tau apa itu owol ? Itu salah satu makanan yang ada di Hik Solo. Dulu ketika pertama kali makan gedang owol ya di warung hik. Ketika penjualnya nawari gedang owol ini saya sempat bertanya-tanya apa sih gedang owol. Begitu disajikan, oalaaahhh....pisang bakar to. Seringkali pisang yang digunakan adalah pisang goreng. Jika kita makan di warung hik biasanya pisangnya dibakar di atas arang kayu sehingga aromanya sedap. Tapi saya bikinnya cukup pake wajan teflon aja. Sudah lama saya nggak bikin gedang owol ini. Berhubung kemarin ada pisang uli ya dibikin aja cemilan yang murah meriah.

Bahan :
1 sisir pisang uli/kepok/raja yang benar-benar matang
2-3 sdm margarin
Susu kental manis
Keju cheddar, diparut
Coklat beras/meises

Cara membuat :
1. Kupas pisang kemudian pipihkan (saya pake punggung piring untuk memipihkannya).
2. Panaskan margarin di atas wajan teflon dan panggang pisang diatanya sampai kecoklatan kedua sisinya.
3. Letakkan di atas piring, kucuri dengan susu kental manis dan taburi dengan keju parut serta coklat beras. Sajikan hangat.


6 komentar:

  1. Lucu mba namanya, baru tau klo di Solo disebutnya begitu :-) aq jg suka bikin ky gini klo pas beli pisang banyak, hehee..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bun pertama kali dengar namanya sempat geli juga. Kok ada kosakata owol itu lho, hihi....

      Hapus
  2. pake susu colat atau DCC nambah maknyus ini mbak...
    lagi hujan...bayangin aja udh bikin laperrrr

    BalasHapus
    Balasan
    1. kok lupa ya punya saus DCC di meja makan malah nggak dipake.
      itu kalo pisang kepok di kebon udah matang ditebang aja trus bikin gedang owol biar gak lafar, hehe...

      Hapus
  3. mbak Rin delivery donk ke Bekasi ehehhe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip-sip. Ciledug-Bekasi mah dekat *kayak tau jalan aja*. Ntar barter, aku dipotongin rambut ya, hihi...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.