Pages

Friday, October 19, 2012

SOTO AYAM DAN SATE TELUR PUYUH

Assalamualaykum




Pagi hari sarapan pake soto, mau ?? Itu salah satu sarapan favorit saya. Sarapan soto ayam ini adalah kebiasaan saya waktu masih di Solo. Kalo di Solo kita mau sarapan soto ayam, di penjuru sudut Kota Solo akan mudah menemukannya.
Di Solo, bila makan soto kita akan mendapatkan Soto yang sudah diberi nasi didalam mangkoknya. Nasi soto gitu. Jadi nasi dan sotonya tidak dipisah. Soto ini saya buat gara-gara melihat penampakan Soto Kudus Mbak Analisa Ummu Abel. Soto Kudusnya didampingi perkedel dan sate telur puyuh. Telur puyuhnya itu lho yang menggoda saya. Selama ini kalo makan soto ayam, selalu pake tempe goreng. Ternyata enak lho makan soto ayam pake lauk telur puyuh, hihi...(ndeso ah).

Untuk sotonya saya masak dengan bumbu racikan saya sendiri. Pertama kali masak soto ayam dimulai ketika saya SMA. Biasanya kalo pas hari Minggu saya masak soto ini. Awalnya nyontek dari majalah. Lama-lama saya modifikasi sendiri. Aslinya resep soto ini diberi kaldu instan. Tapi sudah beberapa tahun terakhir saya mulai menguranginya. Dan sekarang Alhamdulillah nggak pake lagi. Tapi kalo kepingin pake kaldu instan boleh juga kok. Masukkan kaldu instan di akhir masak ya.

Sedang telur puyuhnya saya masak pake bumbu bacem. Supaya warnanya gelap, kemarin saya rebus menggunakan rebusan kulit bawang merah dan teh celup, hihi...Kenapa pake teh celup segala sih ? Iya karena kulit bawangnya telanjur saya buang sebagian. Lupa  gitu. Ketika ingat, kulit yang tersisa cuma sebanyak 1 sdm aja. Yaaaa....nggak bakalan jadi item dong. Akhirnya saya akalin dengan ditambahi teh celup. Caranya rebus kulit bawang merah sampai mendidih dan berwarna coklat. Masukkan teh celup ke dalamnya, celup-celupkan sampai mendapatkan warna yang diinginkan, kemudian disaring. Naaahh air inilah yang dipake buat merebus telur puyuh.




Bahan Sate Puyuh :
30 butir telur puyuh rebus, kupas kulitnya
1 sdm kulit bawang merah
1 kantung teh celup
250 ml air
4 butir bawang merah, iris tipis
2 siung bawang putih, iris tipis
4 sdm kecap manis
1 sdm gula merah, disisir
Garam dan merica secukupnya

Cara membuat :
1. Rebus kulit bawang merah sampai mendidih, masukkan teh celup. Celupkan beberapa kali sampai warnanya gelap. Saring, sisihkan.
2. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum, masukkan air teh, telur puyuh, kecap manis, gula merah, garam dan merica. Rebus sampai airnya menyusut dan telur menjadi berubah warna. Angkat, dinginkan. Tusuk menggunakan tusuk sate.







Bahan Soto :
1/2 ekor ayam
1500 ml air
4 cm lengkuas, memarkan
4 lbr daun jeruk, sobek-sobek
2 lbr daun salam
2 batang serai
garam, gula pasir dan merica bubuk secukupnya

Bumbu halus :
1/2 sdt jinten sangrai
1 sdt ketumbar sangrai
2 cm jahe
3 cm kunyit
10 butir bawang merah
5 siung bawang putih
5 butir kemiri

Pelengkap :
100 gr soun, diseduh
100 gr toge, diseduh
100 gr kol, iris tipis, seduh
daun bawang diiris tipis
bawang goreng
kecap manis
jeruk nipis

Sambal :
50 gr cabe rawit merah
2 siung bawang putih
( rebus kedua bahan ini selama 15 menit. Kemudian tiriskan dan haluskan, beri sedikit garam).

Cara membuat :
1. Rebus ayam dalam air sampai empuk. Angkat, tiriskan. Sisihkan kaldunya.
2. Ukur kaldunya sebanyak 1200 ml rebus kembali sampai mendidih.
3. Tumis bumbu halus sampai wangi, masukkan lengkuas, daun jeruk, daun salam dan serai. Aduk sampai keluar aromanya. Masukan ke dalam air kaldu. Bumbui garam, gula dan merica. Cicipi rasanya.
4. Goreng ayam sampai matang tapi jangan terlalu kering, angkat, tiriskan. Potong/suwir-suwir.
5. Penyajian : dalam sebuah mangkok, taruh nasi secukupnya. Beri soun, toge, kol rebus dan suwiran ayam goreng. Guyur dengan kuah panas. Taburi dengan daun bawang dan bawang goreng. Sajikan bersama sate telur puyuh, sambal rebus, kecap dan jeruk nipis.






4 comments:

  1. makin apik aja fotonya..sip..sip..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang betul makin apik editannya mb Erika, hahaha...

      Jujur ya, belum puas sama hasil jepretan sendiri.

      Masih sering bingung dengan temanya....

      Delete
  2. soto fav ku ini mbak rina....
    pernah nyoba sate padang nggak mbak....uenak jg lho mbak...
    lain kali aku request itu yo....ehheheh
    like the pic .....
    keep jepret mbak.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo kalo cuaca mulai dingin bikin aja mb mimie...

      Sate padang ? Pernah makan 2 kali kalo nggak salah, tapi dah lupa rasanya.
      Bikinin buat diriku ya....

      itu fotonya ditambahi setelah dapat pelajaran dari master foto, hihi...(tahu siapa kan ?)

      Delete