Laman

Sabtu, 20 Oktober 2012

BAKWAN SAYUR

Assalamualaykum




Ketika hujan turun dan terasa dingin, ngemil gorengan memang paling cocok. Tadi pagi sekitar jam 6 pagi hujan sudah turun lagi. Alhamdulillah.
Ketika kemarin turun hujan deras saya sudah berencana keesokan hari ingin membuat bakwan sayur, karena pasti cuaca jadi dingin. Tapi ketika buka kulkas ternyata wortelnya nggak ada. Jadi pake sayur seadanya. Dan resep dibawah tetap saya tulis lengkap ya sayurnya.

Membuat bakwan ini memang sangat mudah. Tapi saya sering penasaran kenapa bakwan yang saya beli di penjual gorengan bisa renyah ya. Iseng-iseng saya tambahkan saja tepung tapioka, siapa tau bisa renyah. Dan ternyata memang benar. Ketika masih panas bisa renyah, tapi ketika dingin tidak lagi. Tapi nggak papa deh. Yuk bikin bakwan....




Bahan :
150 gr tepung terigu
4 sdm tepung tapioka
1/2 sdt baking powder
200-250 ml air
300 gr kol, iris halus
50 gr tauge
2 bh wortel, potong dadu
2 batang daun bawang iris halus

Bumbu halus :
3 siung bawang putih
1/2 sdt merica
2 butir kemiri
garam secukupnya

Cara membuat :
1. Dalam baskom besar campur terigu, tepung tapioka dan baking powder sampai rata.  Masukkan bumbu halus. Tuangi air sedikit demi sedikit, sambil diaduk dan didapatkan kekentalan yang diinginkan.
2. Masukkan semua sayur yang telah diiris-iris. Aduk rata. Cicip rasanya.
3. Panaskan minyak yang cukup banyak. Goreng adonan bakwan sesendok sayur, goreng sampai kuning kecoklatan. Angkat dan triskan, Sajikan hangat.




10 komentar:

  1. enak...bakwan kesukaanku ini mbak rina... :)
    setahuku, kalau mau renyah,adonannya agak kental dan di bikin nipis mb....
    pake terigu lencana kayaknya jg bs.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo tipis emang bisa renyah sih. Tapi kan pingin kayak di penjual gorengan yang agak tebal tapi bisa kriuk gitu, hehe...

      Terigu lencana itu memang buat gorengan ya? Mungkin kalo yang di penjual gorengan pake terigu itu ya...

      Hapus
  2. Hi mbak Rina salam kenal kembali ya, kunjungan balik dan melihat tampilan si bakwan ini langsung ngilerrr... :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai juga mb Rosdaniar...
      makasih tuk kunjungannya ke blog ini ya. Saya juga masih suka ngintip ke blognya mbak Ros lho, hehe...

      ayo mbak bakwannya dibikin. Kalo sudah masuk musim penghujan memang bawaannya lapar mulu....

      Hapus
  3. yummmyyyyy ngiler liat gbrnya hehehee

    mampir jg ya ke www.momsandlovelykids.blogspot.com
    www.bajuanakgrosirmurah.com

    BalasHapus
  4. salam kenal sis...blogwalking here tengok resipi bakwan sis...nampak sedap !
    mintak izin bookmark yer sis..thank you :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf ya terlambat menjawabnya. Silakan jika ingin di bookmark.

      Hapus
  5. salam kenal mbak rina, mbak saya mau tanya, kalau tepung tapioka itu sama gak sama tepung kanji thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga.
      Tepung tapioka itu sama dengan kanji, sama juga dengan aci. Tapioka ini terbuat dari tepung singkong ya. Jika mau pake sagu, gunakan sagu yang terbuat dari singkong ya.

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.