Laman

Senin, 22 Oktober 2012

KARI NASI AYAM

Assalamualaykum




Untuk menu hari ini saya bikin Kari Nasi Ayam. Resep saya dapatkan dari tabloid kuliner. Sudah lama ngincer resep ini. Mumpung masih punya bumbu kari, saya bikin aja tadi pagi. Enak deh. Gurih khas kari gitu.


Bahan
300 gr beras, cuci bersih
500 gr ayam, potong-potong, cuci bersih
1 liter santan sedang
1 buah serai, memarkan
2 lbr daun salam
4 cm lengkuas, memarkan
3 lbr daun jeruk, buang tulang daunnya
1 sdm bumbu kari bubuk
 1 sdt gula merah
garam dan merica secukupnya

Bumbu halus :
1/2 sdt jinten
1 sdt ketumbar
2 bh cabe merah besar
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
4 butir kemiri
2 cm kunyit
1 cm kencur

Cara membuat :
1. Panaskan sedikit minyak di wajan, tumis bumbu halus sampai harum.
2. Masukkan serai, daun salam, lengkuas dan daun jeruk. Menyusul daging ayam, aduk rata.
3. Masukkan bumbu kari dan santan. beri gula merah, garam dan merica bubuk. Cicipi rasanya. Masak sampai ayam matang dan empuk. Matikan api, angkat ayam dari kuah santan, sisihkan.
4. Masukkan beras ke dalam kuah santan, nyalakan api. Masak beras sampai santan habis dan menjadi nasi aron. Bila dirasa terlalu kering, tambahkan air panas. Jangan lupa beri sedikit garam supaya agak gurih. Jangan lupa cicipi ya.
5. Kukus beras sampai matang.
6. Goreng ayam dalam minyak sampai agak kering. Sajikan nasi kari dan ayam goreng.







11 komentar:

  1. Assalamu'alaikum bu rina ^_^
    Deuh... Nasi kari ayamnya keliatan yummy..
    :q
    jd pengen dijadikan menu makan siang nih..
    Salam kenal yah bu rina :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga mb Ayu. Itu ya namanya ?

      Silakan dicoba resepnya mb Ayu. Enak dijadikan menu makan siang kok mbak...

      Met mencoba ya....

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. waduh...kok ke hapus yo komentarku.....ehehhh
      enak menunya.....aku mau pindah ke sebelah rumah mb rina aja...biar kebagian...:)
      enak gini menu2nya..... :)

      Hapus
    4. ayok pindah ke ebelahku aja...

      Tiap hari aku kasi icip-icp gratis mb mimie....

      Hapus
  2. selain nasi jollof, menu ini juga yang sering dimasakin sama chef waktu masih di Ghana, anak-anak suka bangeett.....jadi pengen coba bikin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ntar beberapa hari ke depan Insya Allah mau nyobain nasi Jollofnya mb Erika...

      Udah ngincer resepnya juga tuh...

      Hapus
  3. Mba Risa saya sudah coba Kari nasi Ayamnya jg lho... Aaaaaaahhh semua resep nasi2nya mba Rina bikin nagiiih lhoo mba... Enyaaak semuaanyaaa mba.... Nuhun ya mba Sudah berbagi resepnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip mb Tina. Ikut seneng deh kalo hasilnya disukai gini. Yang masak juga puas ya kalo disukai, hehe...

      Hapus
    2. Btw mba Rina. Saya permisi ya... sekian banyak resep yg saya praktekin dari resepnya mba Rina. Dan semuanya enak2. Jadinya resep2 dari mba Rina saya tuliskan di blog saya... tapi saya kasih sumber ko (ke blognya mba Rina) gpp kan mba.... :)

      Hapus
    3. ga papa mb Tina. Asal dicantumin sumbernya sudah bagus, memenuhi syarat etika berblogging, hehe....
      Ikut seneng mbak kalo resep yang sudah dicoba di sebarkan lagi via blog. Makasih ya, insya Allah bisa jadi amal jariyah kita bersama. Aamiin...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.