Laman

Selasa, 23 Oktober 2012

CHIFFON COKLAT PISANG

Assalamualaykum





Hari minggu yang lalu suami beli pisang ambon untuk kami di rumah. Tapi belinya lha kok nggak tanggung-tanggung. 2 sisir !! Padahal satu sisir isinya sekitar 15 bh pisang. Mana udah mateng semua !
Kelabakan deh mau ngabisin pisang segitu banyaknya. Baru satu hari di rumah udah mulai item-item kulitnya. Sebagian dibawa anak ke sekolah, tapi kok masih sisa agak banyak. Mikir deh mau diapain pisangnya ya. Setelah liat stok bahan yang ada, akhirnya bikin chiffon pisang aja.

Untuk membuat chiffon ini saya pake resep saya sendiri Chiffon Coklat yang saya modif sedikit. Pada waktu proses pembuatan sih lancar-lancar saja. Tapi ketika dioven masalah mulai muncul. Bagian atas kue kok lama amat keringnya. Mungkin disebabkan pemakaian pisangnya lebih banyak daripada terigunya,  karena pisang berfungsi membuat kue jadi lembab/moist. Selain itu karena saya memakai loyang chiffon bongkar pasang yang berdinding tinggi, sementara adonannya rendah, sehingga panas oven tidak bisa megeringkan permukaannya. Tapi ketika sudah dingin dan dipotong, hasilnya Alhamdulillah enak dan wangi pisang.Lain kali saya mau coba bikin lagi memakai loyang tulban aja deh biar bisa kering sempurna.







Bahan :
3 butir putih telur
1/2 sdt garam
1 sdt air jeruk nipis/cuka
75 gr gula halus
75 gr tepung terigu
2 sdm coklat bubuk
1 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue
100 gr pisang ambon yang matang, haluskan
3 butir kuning telur
50 ml susu cair
50 ml minyak goreng

Cara membuat :
1. Panaskan oven dengan suhu 160 derajat C. Siapkan loyang chiffon bongkar pasang, biarkan kering. Jangan dioles dengan minyak/margarin ! Panaskan loyang di dalam oven supaya memuai bagian sambungannya dan tidak bocor.
2.Kocok putih telur, air jeruk nipis dan garam sampai berbuih, masukkan gula pasir dalam 3 tahap sambil dikocok menggunakan speed agak tinggi sampai mengkilat dan kaku. Kocokan ini akan memakan waktu 4-5 menit jika menggunakan hand mixer. Sisihkan.
3. Campur susu dan minyak goreng, sisihkan
4. Dalam wadah yang lain campur terigu, baking powder dan soda kue sampai rata. Masukkan pisang halus dan kuning telur. Kocok menggunakan mixer speed rendah sambil dituangi campuran susu dan minyak goreng. Kocok sampai rata saja tidak perlu mengembang.
5. Masukkan 1/3 bagian putih telur kaku ke dalam adonan terigu + pisang, aduk balik menggunakan spatula sampai rata. Masukkan lagi 1/3 bagian putih telur kaku, aduk sampai rata. Terakhir masukkan lagi sisa putih telur, aduk rata.
6. Tuang kedalam loyang yang sudah dipanaskan. Panggang selama 90 menit (1 jam 30 menit ). Sentuh permukaan kue dengan jari. Jika membal dan kering, berarti sudah matang. Keluarkan dari oven.
7. Segera balik/telungkupkan loyang menggunakan kaki loyang. Jika loyang tidak mempunyai kaki, sangga menggunakan botol pada bagian yang berlubang dalam posisi dibalik. Biarkan dingin selama 1.5-2 jam. Kikis bagian tepi loyang menggunakan pisau tajam dan tipis. Kikis juga bagian tengah dan dasar loyang. Keluarkan dari loyang, potong dan sajikan.








8 komentar:

  1. udah lama banget nggak bikin chiffon ....
    lihat chiffon mb rina...jd pengen buat juga... ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayok dibuat mb mimie...

      makan chiffon tuh nggak ada bosannya, hehe...

      Hapus
  2. timbangan lagi rusak....semua resep cake cuma bisa dilihat aja dulu :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaa...sayang dong nggak bisa baking mb Erika...

      ati-ati kalo ngeces lho....^_^

      Hapus
  3. mba rina, kalo cake pisang pas matengnya alot (jawa) itu knapa ya?
    kalo buat chiffon ini dijamin ga akan alot kan? *_*

    BalasHapus
    Balasan
    1. kok bisa ya ? bingung, hehe...pisang itu salah satu fungsinya membantu melembabkan kue tuh. Baru kali ini tau cake pisang bisa alot.
      Kalo chiffon ini insya Allah nggak alot. lembut dan spongy layaknya chiffon cake.

      Hapus
  4. Mbak rina salam kenal ya..
    Mbak rina makasih ya resepnya. Saya udah praktek alhamdulillah chiffonnya berhasil dan ini chiffon perdana saya, yang berhasil...
    Saya udah photo hasilnya ada di blog, tolong sarannya ya mbak...

    Insaallah ingin coba resep yang lainnya..

    Mbak boleh minta emailnya nggak??


    Terima kasih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga. Alhamdulillah jika sukses bikin chiffon. Seneng lho bacanya. Silakan kalo mau eksekusi resep lain moga sukses juga ya.
      Email saya rinaaudie@yahoo.com.

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.