Halaman

Rabu, 31 Oktober 2012

EGGLESS MARBLE CAKE

Assalamualaykum




Apa kabar semua ? Maaf ya kalo saya lama tidak mengudara di sini. Pasti sudah tidak sabar menunggu postingan saya yang terbaru. Sudah seminggu ini mood untuk ngeblog, bikin snack dan motret pada kabur semua.
Kalo mood sudah hilang, susah betul tuk mengembalikan ke kondisi semula. Tapi untunglah mood buat makan nggak ilang, hahaha...jadi biarpun nggak bikin snack saya tetap aja masak buat makan sehari-hari.

Ok, untuk entri kali ini saya bikin Eggless Marble Cake. Dapat resep dari blognya Sailu. Sudah yang kedua kalinya saya bikin kue ini. Cocok dengan hasilnya, sesuai selera gitu. Biarpun tanpa telur, hasilnya tetap enak, lembut dan moist. Nggak seret. Mirip buttercake tapi lebih ringan karena menggunakan minyak goreng saja tanpa mentega/margarin. Untuk bahannya ada yang saya ganti yaitu yoghurt. Yoghurt saya ganti dengan homemade buttermilk. Caranya 250 ml susu cair dicampur dengan 1 sdm air jeruk nipis atau cuka, diamkan 10 menit. Akan terjadi gumpalan dipermukaan susu. Nah buttermilkpun siap dipakai.

Sedang proses pembuatannya juga saya ubah sedikit. Ini bukan disengaja lho, tapi karena saya tidak membaca resep secara cermat. Udah pernah bikin kok ya masih salah juga. Seharusnya yoghurt dan gula pasir dikocok dahulu, tapi malah saya campur ke tepung terigu. Ya sudahlah akhirnya saya main cemplang-cemplung saja. Sempat khawatir bantat juga sih, tapi Alhamdulillah hasilnya malah menggembirakan. Penasaran bikin kue tanpa telur ? Yuk dicoba yuk...




Bahan :
250 ml susu cair
1 sdm air jeruk nipis/cuka
200 gr tepung terigu
1/2 sdt soda kue
1,5 sdt baking powder
125 gr gula pasir
1/2 sdt vanili bubuk
125 ml minyak goreng
1 sdm coklat bubuk
2-3 sdm air panas

Cara membuat :
1. Siapkan loyang tulban/ring diameter 18 cm, olesi margarin dan taburi terigu. Panaskan oven dengan suhu 200 derajat C.
2. Campur susu dan air jeruk nipis, biarkan 10 menit, sisihkan. Ini disebut homemade buttermilk.
3. Sementara itu campur terigu, soda kue, baking powder, gula pasir dan vanili bubuk, aduk rata.
4. Masukkan buttermilk dan minyak goreng secara berselang-seling sambil diaduk menggunakan whisker sampai rata. Adonan yang terbentuk akan kental ya.
5. Dalam wadah lain campur coklat bubuk dan air panas sampai terbentuk seperti pasta. Beri 1/3 bagian adonan putih, aduk rata.
6. Tuang adonan putih ke dalam loyang. Tuangkan adonan coklat diatasnya secara acak. Bentuk pola marmer dengan menggunakan lidi/garpu.
7. Oven dengan suhu 200 derajat C selama 10 menit. Turunkan suhu oven seketika menjadi 180 derajat C. Lanjutkan memanggang selama 30 menit. Lakukan tes tusuk. Keluarkan cake dari oven.




13 komentar:

  1. ahhhh...resepnya menggoda iman....xixixixi

    penasaran jadinya..... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayuk dibuat mb mimie...

      nggak rugi deh bikin resep eggless ini...

      Hapus
  2. kalo nggak pake loyang tulban bisa nggak say? nggak punya euy hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa mb Erika...
      pake loyang persegi atau loaf bisa juga. tapi jangan dibuat tebal/tinggi kuenya ya,
      ntar matengnya luama banget. Pernah bikin soalnya. Resep eggless cake aku dobel biar tinggi, ketika
      dioven ya ampuuunnn, satu setengah jam lagi mateng. Kapok deh....

      Hapus
  3. Resepnya banyak diubah ma kekreatifan sendiri ya mbak, keren banget :)

    BalasHapus
  4. ngeliat aja udah bikin ngiler, makasih banget resepnya :)

    BalasHapus
  5. Saya udah coba resepnya, Mbak. Tapi sayangnya tekstur kuenya jadi kayak puding roti. Apa penggunaan oven tangkring biasa berpengaruh ya, Mbak? Soalnya kan resep ini pakai dua suhu berbeda, sementara saya nebak-nebak aja apakah otang saya suhunya udah mendekati. Atau apakah buttermilk juga bisa pengaruh? Soalnya setelah nyampur jeruk nipis ke susu, saya diamkan lumayan lama sambil nunggu oven panas. Mohon pencerahannya ya, Mbak. Terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo kayak puding roti tuh maksudnya kenyal mirip dodol ? Jika seperti itu artinya bantat karena cake ini teksturnya ya seperti cake pada umumnya. Penyebab gagal biasanya ada pada :
      1. bahan pengembang, soda kue dan baking powder masih aktif ataukah sudah kadaluarsa
      2. suhu oven harus yang pasti jangan main tebak. Apalagi kalo gak ada termometernya, susah menentukan suhunya sudah pas atau belum. Suhu awal memang cukup tinggi, kemudian diturunkan sedikit supaya mencapai suhu sedang. Suhu sedang ini tujuannya untuk mematangkan kuenya. Sedang suhu tinggi tadi fungsinya supaya bahan pengembang langsung bekerja.
      Dicoba lagi deh jangan putus asa ya....

      Hapus
    2. Oooh... oke deh, insya Allah nanti saya coba lagi Mbak, terima kasih :)

      Hapus
  6. mbak Rina yang di maksud buttermilk yg mana ya di resepnya kok ga ada tulisan buttermilk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduh maaf telat banget balesnya. Yang dimaksud buttermilk itu campuran susu cair dan jeruk nipis. Maaf kalo bikin bingung. Habis ini saya edit aja biar jelas.

      Hapus
  7. Salam kenal ya mbak, saya sudah coba resepnya , anak2 suka, bahkan sehari 4 kali buat, terima kasih atas resepnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga mb Ipah.
      Sehari 4 kali ??? berarti memang disukai anak-anak ya. Senang deh baca laporan kayak gini. Sukses buat mb Ipah ya.

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.