Laman

Kamis, 01 November 2012

NASI HUJAN PANAS DAN AYAM TOMATO

Assalamualaykum




Alhamdulillah bisa ngeblog lagi. Kalo sudah ngeblog gini happy deh rasanya. Mood udah kembali sedikit demi sedikit. Aaaaahhhh...senangnyaaaa....
Kali ini saya masak Nasi Hujan Panas dan Ayam Tomat. Resep saya dapat dari Kak CT Delima. Sudah lama ingin membuat resep ini. Ketika membaca resepnya saya sempat bingung karena ada bumbu bernama rempah 4 beradik. Kata Kak CT, rempah ini disebut juga dengan rempah tumis, yaitu kulit kayumanis, bunga lawang (star anise), cengkih dan kapulaga. Kalo itu sih, saya selalu sedia di rumah karena saya suka masak opor ayam atau gule. Kemudian ada juga bawang besar. Bawang besar ini saya "terjemahkan" sebagai bawang bombay.Untuk bumbu ada sedikit yang saya kurangi. Kak CT memakai kaldu ayam instan (kalo nggak salah terjemahan lho ya) untuk nasinya. Sedang saya memakai kaldu ayam segar. Saya juga nggak pake pasta tomat karena nggak punya. Proses pembuatan juga sedikit saya ubah. Maaf ya Kak, kalo saya sedikit durhaka terhadap resep Kak CT ini. Sekali lagi mohon dimaafkan ya Kak...

Kemudian saya juga nggak pake acar mentah karena nggak ketemu nanas. Sempat ragu juga, mau dibuat apa tidak. Akhirnya saya memutuskan untuk tidak membuatnya. Seharusnya pake acar mentah supaya lebih sedap. Tapi bila ingin membuatnya, silakan berkunjung ke blognya Kak CT ya...Takaran resep juga saya ubah sedikit, menyesuaikan jumlah penghuni di rumah yang juga sedikit.

Akhir kata. terimakasih tak terhingga tuk Kak CT yang telah berbagi resep yang demikian sedap. Di lain waktu saya akan bikin lagi resep ini karena memang enak.



Nasi Hujan Panas :
500 gr beras
air kaldu secukupnya (menyesuaikan dengan jenis beras yang dipake)
1 batang kulit kayumanis
2 bh bunga lawang/pekak
3 bh kapulaga
2 kuntum cengkih
1 bh bawang bombay, cincang halus
3 siung bawang putih, cincang halus
2 cm jahe, dimemarkan
2 lbr daun pandan
garam secukupnya

Cara membuat :
1. Cuci beras, tiriskan.
2. Panaskan sedikit minyak di atas wajam. Tumis kayumanis, bunga lawang, kapulaga dan cengkih sampai wangi. Menyusul bawang bombay, bawang putih, jahe dan daun pandan. Aduk sampai wangi.
3. Masukkan air kaldu dan beras. Beri garam. Masak sampai airnya habis dan menjadi beras aron.
4. Kukus beras aron selama 30 menit sampai matang.

*jika menggunakan rice cooker/magic com masukkan beras ke dalam baskom rice cooker kemudian dituangi air kaldu dan bumbu tumis di atas. Masak sampai matang.








Ayam Tomato :
1/2 ekor ayam, dipotong 6 bagian
1 sdt bubuk kunyit (saya pake kunyit segar yang diparut)
1 batang kayumanis
2 bh bunga lawang
2 kuntum cengkih
2 sdm saus tomat
2 sdm saus sambal
3 bh cabe merah keriting, iris serong tipis
300 ml air
1 bh tomat,potong dadu
garam, gula secukupnya

Bumbu halus :
1/2 bh bawang bombay
3 siung bawang putih
2 cm jahe

Cara membuat :
1. Cuci bersih ayam, tiriskan. Taburi dengan kunyit parut dan garam, biarkan selama 20 menit. Goreng sampai setengah matang, tiriskan.
2. Tumis kayumanis, bunga lawang dan cengkih sampai wangi. Masukkan bumbu halus, cabe iris, ayam goreng, saus tomat dan saus sambal. Beri air. Bumbui garam dan gula. Biarkan mendidih, cek rasanya. Jika sudah pas biarkan ayam matang dan kuah menyusut. Masukkan tomat, aduk rata. Sajikan nasi hujan panas besama dengan ayam tomato.







6 komentar:

  1. Assalamualaikum Rina

    aduhh bikin lapar terusan hehehe. sangat enak ditambah dengan pic yang sememangnya cantik lagi tergoda terus.

    Alhamdulillah sudi untuk mencuba resipi Dari Dapur CT ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaykumsalam Kak CT...

      hihi...iya kak sedap sekali nasi dan lauknya. Suami dan anak saya suka sekali dengan menu ini...

      Saya yang harus berterimakasih kepada Kak CT karena sudah berkongsi resep yang memang sedap ini...

      Sekali lagi makasih ya kak, muah muah...

      Hapus
  2. harus di coba nih....
    terprovokasi dengan tulisannya mb rina..... :)
    fotonya tajem..... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha...kudu dicoba mb mimie, buat variasi menu sehari-hari biar nggak bosyen...

      Alhamdulillah fotonya lumayan nih. Kalo motret pake background gelap gini, perasaan hasilnya lebih oke daripada background yang terang/putih...

      Hapus
  3. sedap dan mudah...namanya juga lucu....ntar kapan mau coba ahh....

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mb Erika, mudah dan sedap...

      met nyoba ya...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.