Laman

Jumat, 02 November 2012

BALADO IKAN CUWE

Assalamualaykum




Jika membaca judul di atas pasti sudah banyak yang tau ya jenis masakan ini. Iya. Ini adalah ikan yang diberi sambal.
Kemarin ketika belanja, melihat tumpukan ikan cuwe yang banyak membuat saya jadi tergiur. Ikan cuwe ini kalo di daerah Jawa disebut ikan pindang. Ciri khas ikan ini adalah ukurannya yang agak kecil dan selalu dimuat dalam keranjang bambu kecil. Setiap keranjang bisa berisi 2-4 ekor, tergantung besar kecilnya ikan.. Jenis ikan yang dimasukkan dalam keranjang ini juga bermacam-macam jenisnya. Kata penjualnya bisa memakai ikan layang, ikan salem atau ikan tongkol.

Ikan dalam keranjang ini menurut saya kok luwes dimasak apa saja. Dimasak menggunakan sayur seperti buncis dan wortel kemudian diberi bumbu kecap dan belimbing wuluh (belimbing sayur) juga sedap. Tapi hari ini saya membuat balado saja. Kebetulan di kulkas ada stok tomat dan cabe merah besar, sisa Lebaran Haji tempo hari. Takut keburu rusak, saya olah saja menjadi sambal. Hasilnya, hmmm...memang nikmat. Dimakan bersama nasi hangat dan lalapan sangat menggiurkan. Saya tidak merekomendasikan bagi yang sedang diet untuk menyantapnya ya. Dijamin dietnya bubar deh, hahaha...Karena jika makan memakai menu ini, nasi sepiring nggak akan pernah cukup.

Proses membuat sambalnya juga sangat mudah. Cabe beserta bumbu cukup digoreng kemudian dihaluskan, dan ditumis sampai matang. Tapi untuk mengurangi konsumsi minyak, bumbunya tidak saya goreng melainkan saya rebus. Setelah dihaluskan, ditumis dengan sedikit minyak. Tujuan menggoreng/merebus bumbu sebelum dihaluskan adalah untuk menghilangkan bau langu dari cabe dan bawang. Sedikit tips dari saya (ceileee...)  jika memberi garam dan gula, tunggu setelah sambal yang ditumis agak mengering. Hal ini untuk mencegah 'salah rasa', karena sambal yang dibumbui ketika masih basah kemudian dicicipi, biasanya kurang asin/manis. Pasti akan ditambahi deh. Tapi setelah agak kering dan dicicip lagi, lhaaaa baru ketauan kalo kebanyakan garam/gula. Selain itu juga mencegah sambal jadi berwarna gelap karena gulanya terlalu lama dimasak. Kalo warnanya terlalu gelap kan jadi kurang menarik, karena sambal memang paling cantik kalo berwarna merah.  Nah daripada banyak ngomong yuk bikin balado ikan cuwe yuk...

Bahan :
10 ekor ikan cuwe/pindang
15 bh cabe merah besar
5 bh cabe merah keriting
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 bh tomat merah, potong tipis-tipis
1 sdt terasi bakar
3 lbr daun jeruk
1 batang serai
2 lbr daun salam
garam dan gula merah secukupnya

Cara membuat :
1. Cuci ikan cuwe menggunakan air hangat, tiriskan. Goreng ikan sampai matang, angkat dan tiriskan.
2. Rebus semua cabe, bawang merah dan bawang putih dalam air mendidih selama 15 menit. Angkat, tiriskan. Uleg/blender bersama terasi sampai halus.
3. Panaskan sedikit minyak di wajan, tumis tomat, daun jeruk, serai dan daun salam sampai tomat agak berkurang airnya. Masukkan cabe halus, dan terasi aduk-aduk sampai rata. Masak sampai agak kering. Bumbui garam dan gula merah. Cek rasanya.
4. Masukkan ikan cuwe goreng, aduk rata. Angkat dan sajikan.








6 komentar:

  1. mamak ku kalau buat sambel persis sep mb rina ini.
    tapi pake cabe kriting yang mash hijau.
    maknyus...jd nambah2 makannya... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. @ Mimie kesuma

      sambel lado ijo kali ya namanya...

      pernah bikin juga, dikasi resep sama teman suami yang orang padang.

      Bikin dong mb mimie, trus ditulis di blog...

      Hapus
  2. sambal merahnya mantab bener...ikan ini emang uenak...dirimu tau aja deh yang enak-enak hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hohoho...jelas tau dong wong setiap hari ada di depan mata, :D

      Hapus
  3. jd lapeerr nih Mbak.....manteeb banget bumbu baladonya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi..sama um, saya jadi laper lagi nih...
      makasih tuk pujiannya *jadi malu*

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.