Laman

Sabtu, 03 November 2012

PANCAKE SAUS MANGGA

Assalamualaykum




Sabtu yang mendung di Ciledug, disusul hujan gerimis selama 2 jam membuat perut terus-terusan merasa lapar. Setelah masak untuk sarapan pagi, saya bikin pancake untuk cemilan.
Biasanya pancake dinikmati bersama sirup maple ya (saya sendiri belum pernah liat sirup ini tuh). Tapi beberapa hari ini di rumah ada mangga yang sudah benar-benar matang. Jadi saya bikin sausnya menggunakan mangga saja. 3 hari yang lalu saya beli mangga mumpung lagi musim. Murah banget kalo lagi musim gini. Ada yang sampai banting harga, 3 kg mangga cuma dibanderol Rp.10.000,- saja. Gimana nggak ngiler coba sama harganya.

Pancake ini resepnya cuma asal cemplang-cemplung. Tapi berhubung mau disharing di sini ya harus ditakar dulu. Sejak dulu saya sudah biasa bikin pancake dengan cara semua bahan dicampur jadi satu dan diaduk rata. Tapi suatu ketika saya nonton acara Aroma yang dulu ditayangkan Indosiar, dapat tips dari pembawa acaranya, Bu Sisca Suwitomo. Waktu itu ada resep membuat pancake, tapi putih telurnya dikocok sampai kaku, baru dicampur kedalam adonan. Hal ini bertujuan supaya hasil pancakenya lembut dan empuk. Setelah saya praktekkan ternyata memang benar. Pancake jadi lebih empuk jika dibandingkan semua telur dimasukkan jadi satu. Setelah dinginpun pancakenya tetap empuk, nggak keras. Tapi resep di bawah ini resep saya sendiri yang biasa saya pake. Hasil modifikasi dari sana-sini.

Bahan :
2 putih telur
225 gr tepung terigu protein sedang
2 sdm gula pasir
1/4 sdt garam
3/4 sdt soda kue
1/2 sdt vanilli bubuk
2 butir kuning telur
275 ml susu cair
2 sdm margarin, dilelehkan

Cara membuat :
1. Kocok putih telur dalam wadah yang bersih sampai kaku dan mengkilat. Jika wadahnya dibalik, adonan tidak akan tumpah. Sisihkan
2. Dalam sebuah baskom campur jadi satu tepung terigu, gula pasir, garam, soda kue dan vanili bubuk. Aduk rata. Masukkan kuning telur. Kocok menggunakan mixer speed rendah sambil dituangi susu sedikit demi sedikit. Kocok sampai rata saja tidak perlu mengembang.
3. Masukkan putih telur kocok, aduk rata. Tuangkan margarin cair, aduk rata.
4. Panaskan wajan teflon dengan api sedang, olesi margarin sedikit. Tuangkan 50 ml adonan pancake ke atas wajan yang telah cukup panas. Kecilkan apinya. Masak pancake hingga bagian atas mengeras. Balik sebentar, angkat dari wajan. Jika akan menuang adonan berikut, panaskan sebentar wajan, baru dituangi adonan. Lakukan terus sampai adonan habis.




Saus mangga :
200 gr daging mangga
250 ml susu cair
1/4 sdt garam
4 sdm gula pasir (penggunaan gula sesuai manisnya mangga ya)
1 sdt tepung maizena, cairkan dengan sedikit air
200 gr mangga, potong dadu

Cara membuat :
1. Blender mangga dan susu sampai halus. Tuang ke dalam panci.
2. Masukkan garam dan gula. Rebus sampai memdidih. Cek rasanya.
3. Masukkan maizena, aduk sampai kental dan meletup letup. Sajikan pancake, siram dengan saus mangga dan taburi dengan potongan mangga.



8 komentar:

  1. saus mangganya gampang ya...cucok nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya dong bikin yang gampang aja.
      di rumah kan jadi inem sendirian...

      Hapus
  2. tehnik buatnya sama dengan yg biasa aku bikin...
    pancake nya jadi lembut dan menul2.... ^_^
    suka sama picnya.... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya barusan liat pancakenya mb mimie emang mirip ya...
      hasilnya emang emfuk menul-menul...
      makacih ya kalo suka sama picnya....<3

      Hapus
  3. waah.....mangganya menggoda banget Mbak....mangga gadung ya Mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul um itu mangga gadung.
      Tau jenis-jenis mangga ya ? saya malah nggak tau. Kalo mau beli, biasanya tanya dulu sama penjualnya, hehe...

      Hapus
  4. mbak, tanya donk, tuk wajan teflonnya harus khusus yg ukuran kecil yah? klo pakai yg besar, tar adonannya jdi meleber ke mana2 yah mbak klo dituang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. @ anonim

      saya tempo hari pake wajan teflon ukuran 22 cm. Ketika dituang adonan cuma melebar sedikit saja, karena yang dituang cuma 50 ml. Selain itu wajannya kan sudah panas, jadi bagian bawah cepat mengeras. Pancake di foto atas itu diameternya kira-kira 10 cm.
      Tapi kalo pake wajan ukuran kecil boleh juga, tapi biasanya agak sulit membalik pancake karena tidak ada ruang kosong di wajan. membaliknya saya pake sendok kayu.

      Gimana, jelas ya ? Met mencoba ya...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.