Halaman

Jumat, 30 Agustus 2013

Sus Isi Vla

Assalamualaykum


Jika dihitung lebih dari setahun saya nggak bikin kue sus. Salah satu kue yang dulu sangat sulit saya taklukkan.
Hobinya mimpes mulu jika dikeluarkan dari oven. Padahal sudah pasang suhu tinggi. Akhirnya gonta ganti resep dan setelah ketemu Alhamdulillah bisa mekar dan nggak kempes. Resep dibawah ini hasil otak atik saya dari berbagai resep baik dari majalah, tabloid atau internet.

Kunci kue sus mengembang adalah penggunaan suhu oven yang tinggi. Selain itu ketika memasukkan telur, adonan harus sudah dingin ! Selagi panas jangan memasukkan telur ke dalamnya karena telur akan matang. Saya merasa lebih mantap memasukkan telur ketika adonan sudah benar-benar dingin, karena adonan terasa lebih kaku dan kental sehingga ketika dispuit bentuk kerangnya akan terlihat. Selain itu kue akan mudah berongga. Saya belum tau alasannya kenapa, tapi selama ini seperti itulah hasil yang saya dapatkan.

Ketika mengoven pastikan oven sudah benar-benar panas dan suhunya stabil. Seteleh kue masuk pintu oven jangan dibuka. Kalo dibuka dijamin langsung kempes tuh. Selama dioven kue akan berbuih dan biarkan sampai buihnya habis serta permukaannya jadi kuning kecoklatan. Jika kue sudah kering tapi ingin warnanya lebih kecoklatan, pindahkan ke rak atas dan panggang sampai dengan warna yang diinginkan. Jika menginginkan kulit sus yang lembut dan empuk, selagi hangat masukkan saja ke dalam box dan tutup rapat sampai dingin. Pasti deh kulitnya akan jadi lembut (makasih tuk tipsnya Bunda Estherlita).


Bahan :
75 gr mentega/margarin
225 ml air
1/2 sdt garam
100 gr tepung terigu protein sedang
2 butir telur (+- 90 gr tanpa kulit)

Bahan vla :
25 gr tepung jagung (maizena)
250 ml susu cair
1 butir kuning telur
1/4 sdt garam halus
50 gr gula pasir
1/2 sdt vanili bubuk
1 sdm mentega

Cara membuat :
1. Rebus mentega, air dan garam sampai mendidih. Kecilkan api dan masukkan terigu sekaligus, aduk menggunakan  sendok kayu sampai rata dan kalis (tidak melekat di panci). Matikan api dan dinginkan.
2. Panaskan oven dengan suhu 200°C. Siapkan loyang kue kering, oles tipis-tipis dengan margarin.
3. Masukkan telur satu persatu sambil dikocok sampai rata (diaduk menggunakan sendok kayu juga boleh).
4. Siapkan piping bag dan masukkan adonan kedalamnya. Beri spuit bentuk kerang.
5. Semprotkan adonan dengan bentuk bulat berdiameter 4-5 cm. Beri jarak diantaranya supaya kue bisa mengembang besar. Panggang selama 25-30 menit sampai kulitnya berwarna kecoklatan dan kering. Keluarkan dari oven dan dinginkan.
6. Vla : campur tepung jagung dan sedikit susu, aduk sampai rata. Masukkan kuning telur aduk rata dan sisihkan.
7. Rebus sisa susu, gula pasir, garam dan vanili sampai mendidih. Masukkan larutan tepung jagung dan aduk sampai mengental dan meletup-letup. Matikan api dan segera masukkan mentega, aduk rata. Dinginkan.
8. Belah kue sus secara melintang. Isikan vla ke dalamnya dan sajikan.



15 komentar:

  1. cantiik banget kue sus nya Mbak....hebat nih, utak atik resep sendiri...bagi saya sus juga susah ditaklukkan kemaren krn ternyata selama ini kurang panas suhunya saat ngoven. Tapi beberapa waktu yang lalu akhirnya dapet suhu yang pas, bisa mengembang kokoh akhirnya ^^
    maklum soalnya saya pakai microwave oven, hanya bisa api atas aja Mbak...beda sama oven listrik biasa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih um *kempaskempishidung* jadi malu. Itu keliatan cantik karena efek poto ajah, hehe....
      Lha gimana nggak diutak atik wong kalo nyontek di majalah *dulu* pasti gagal, kempes. Sempat parno sama kue sus. Setelah ketemu yang pas Alhamdulillah bisa ngembang.
      Microwave oven malah nggak punya nih. Pingin beli tapi listriknya, huwaaaa....nggak kuku kayaknya.

      Hapus
  2. gak bakalan bosen dg si kue cantik ini... Nyammmm.... Cuma kl bikin suka rempong... Hihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. idem mb Lina. Kalo ke pasar dan liat kue sus jadi pingin nyomot aja, hihi...

      Hapus
  3. waaaauuuuu....... menggoda banget penampakannya mbak... :)

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum mba Rina... Sangat menggoda gambar kue sus nya... Saya penggemar kue sus... Tapi ßĿ‎​öº♏ pernah sama sekali buat, krn kalo baca resepnya agak2 ribet...lebih seneng buat cake hehehe...smoga resep mba rina membuat saya tergerak utk membuatnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaykumsalam...
      ayo mbak dibuat kue susnya. Emang sedikit ribet harus bikin kulitnya dulu, bikin vla kemudian diisi satu persatu. Tapi kalo bisa bikin sendiri puas banget lho rasanya, hehe...

      Hapus
  5. Wahh.... Kue sus πγ̲̣̣̥a̶̲̥̅̊ enak banged tuhhh... Mao donk mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuiiii...ada mega disini.
      Halah bakul kue kok minta sih. Jangan bikin aku minder ah, hihi....

      Hapus
  6. Mbak... ax kepengen banget bisa bikin kue soes.....

    BalasHapus
  7. Mba... Pake otang bisa ga si...?? #penasaran
    -ade-

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa banget. Pertama kali gunakan rak bawah supaya kue cepat mekar/mengembang, setelah busanya habis/tinggal sedikit pindahkan ke rak atas supaya permukaannya kering.

      Hapus
  8. Lapor !! Kue sus nya berhasil, mba.. Kpn2 bikin lagi pake resep ini juga, ah... -ade-

    BalasHapus
    Balasan
    1. laporan diterima !! hahahaaaa....jempol deh udah bisa menaklukkan sus. Bikin yang banyak yaaaa trus dikirim ke rumahku hihi....

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.