Laman

Senin, 02 September 2013

Klappertaart Wilton

Assalamualaykum


Niat hati ingin menghabiskan bahan kue yang ada di lemari. Tapi hari Minggu kemarin kok ya nyeletuk minta kelapa muda kepada hubby.
Ketika bangun tidur di siang hari sudah ada sebungkus besar kelapa muda di meja makan. Wuuuaaa...seneng banget. Ketika mau diminum sempat terlintas ingin bikin klappertaart yang sudah tertunda sekian bulan. Akhirnya buka internet dan kecantol di Cakefever. Langsung siapin bahan dan bikin.

Setelah matang  saya masukin ke dalam kulkas dulu karena belum dipotret. Tadi pagi jam 7.30 jeprat-jepret di lantai atas kemudian diedit. Ketika motret, seperti biasa dong obyeknya dicicip. Masak yang bikin nggak boleh kemecer ? Ada makanan enak gitu lho. Rasanya....masya Allah enak banget ! Rasa susunya terasa deh. Saya tadi "hanya" mencicip sedikit dan selesai motret dilanjut sampai 1/2 porsi saja. Nyicip kok sampai setengah mangkuk gitu ? Itu mah nyicipnya kemaruk,hehe...Resep dibawah ini hanya separuhnya saja. Aslinya memakai susu 1 liter sedang saya hanya 500 ml.


Klappertaart Wilton
Sumber : Almarhumah Mbak Ruri
Rujukan : Cakefever

500 cc susu cair
125 gram gula pasir
25 gram tepung terigu
25 gram tepung custard (saya pake tepung jagung/maizena)
25 gram tepung jagung (maizena)
75 gram mentega atau margarin
3 butir kuning telur
1 buah kelapa muda, kerok isinya saja
50 gram kenari panggang cincang (saya pake almond)
Kayu manis bubuk (saya nggak pake)

Topping :
3 butir putih telur
2 sdm gula pasir
1 sdm tepung terigu
Kismis direndam air hangat, peras
Kayu manis bubuk
Almond slice

Cara membuat :
1. Larutkan tepung terigu, tepung jagung dan custard dalam 100 ml susu cair.
2. Didihkan sisa susu dan gula pasir sampai mendidih. Masukkan larutan tepung tadi dan aduk sampai mengental dan meletup-letup. Matikan api.
3. Masukkan mentega, aduk sampai rata. Menyusul kenari dan kayumanis bubuk.
4. Masukkan telur satu persatu dan aduk rata. Masukkan juga kelapa muda.
5. Tuang ke dalam mangkuk/pinggan tahan panas sampai 3/4 bagian.
6. Panaskan oven dengan suhu 160°C. Siapkan loyang lebar berisi air panas untuk mengetim (steam bake/au bain marie). Panggang adonan selama 15 menit (setengah matang).
7. Sementara itu siapkan toppingnya. Kocok putih telur sampai berbuih, masukkan gula pasir sedikit demi sedikit dan kocok sampai kaku. Masukkan terigu, aduk rata pake spatula (saya dikocok dengan kecepatan rendah)
8. Keluarkan klappertaart dari oven dan semprotkan topping diatasnya. Taburi dengan kayumanis bubuk, kismis dan almond. Panggang kembali sampai topping berwarna kuning kecoklatan (+- 20 menit).


12 komentar:

  1. duuh....mupeng beraat Mbak Rina...cari kelapa muda dimana ya :(
    btw fotonya cakeep ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih um *plenthas-plenthus lagi ni idung*
      iya ya di Jepun susah cari kelapa muda. Kalo kelapa muda kalengan ada nggak sih *malah tanya balik*

      Hapus
    2. ga ada yang kalengan Mbak, kalo santan kalengan ada....klappertart ini dalamnya creamy gitu ya Mbak? saya belum pernah makan ...:)

      Hapus
    3. rasanya kayak vla tapi kental. Rich gitu. Kalo putih telurnya ya kapes-kapes gitu, ringan kayak kapas *pernah ngemut kapas kali ya*

      Hapus
    4. o gitu ya...duuh jadi makin penasaran Mbak...klo mbikin ini tapi ga pake kelapa muda gimana rasanya yaa...

      Hapus
    5. baru bikin sekali ini deh um, jadi agak bingung njawabnya, hehe.... Trus ada almond/kenarinya bikin krenyes-krenyes. Enak pokok'e...

      Hapus
  2. wahhhh....sk sm fotonya...idem sama ummi
    blm pernah nyoba klapertart..kepikiran mau buat utk dagangan..eheheh
    mbak edit utk tulisan judul di foto itu di mana mb ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. asiiikkkk...picku disukai sama master poto, hihi....
      ayo dibuat. Bikin sedikit aja dulu seperti aku. Resep di atas itu jadi 5 mangkuk ( 1 mangkuk 250 ml).
      itu watermark pake picmonkey.com. Aku email ya...

      Hapus
  3. waaaahhh... belum pernah tau rasanya klappertaart.... mauuuuu.... pengennnn....

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga baru kali ini makan klappertaart mb Lina. Hubbyku nggak doyan tuh, hihi....Jadi yang ngabisin aku dan bocil.

      Hapus
  4. Wah saya ikutan ngabsen juga nih, belum pernah nyobain klappertaart. Ntar kalo Mbak Rina buat lagi saya minta dianterin aja deh. Hihi..
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaaaa....ketularan mb mimie nih, hobi mintak, hihi...
      Ini resep gampang dan cepet lho bikinnya. kalo dah tau rasanya bisa ketagihan.....

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.