Laman

Sabtu, 24 Agustus 2013

Martabak Telur Mini

Assalamualaykum


Membuat martabak gini sering saya lakukan buat cemilan di rumah tapi nggak pernah didokumentasikan karena keburu habis duluan. Mumpung tadi bikin lagi ya disempetin motret.
Apalagi semalam di komplek ada pasar malam dan ada yang jual sayur mayur, langsung beli daun bawang. Setelah ditimbang cuma ada 2 ons. Lumayan deh. Resepnya pake kulit lumpia siap pakai. Dagingnya pake daging ayam giling, terus telurnya pake telur ayam aja, bukan telur bebek. Kalo pake telur bebek pasti lebih enak. Padahal tadi pagi kepasar lho tapi kok ya lupa nggak beli telur bebek. Ya udah deh pake telur yang ada di kulkas aja. Gunakan bumbu kari supaya bisa mendapatkan aroma khas martabak seperti yang dijual itu ya.

Sebenarnya pingin bikin martabak yang bentuknya gendut-gendut seperti yang dijual. Tapi karena kulit lumpianya mudah robek terpaksa bikinnya agak tipis supaya lipatannya bisa agak tebal. Mungkin harus bikin kulit sendiri supaya kokoh dan lentur jika dilipat-lipat. Tapi karena pemalasan ya cari praktisnya aja. Jangan ditiru ya, hehehe...

Bahan :
20 lbr kulit lumpia siap pakai
1 sdm margarin
1 bh bawang bombay, cincang kasar
3 siung bawang putih, cincang halus
250 gr daging ayam giling
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
1/2 sdt gula pasir
1 sdt bumbu kari bubuk siap pakai
200 gr daun bawang (+/-15 batang ukuran agak besar), potong tipis-tipis
3 butir telur ayam

Cara membuat :
1. Panaskan margarin sampai mencair, tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum. Masukkan daging ayam,garam, gula, merica dan bubuk kari. Aduk sampai rata dan daging ayam menjadi matang dan mengering. Cek rasanya. Jika suka silakan diberi kaldu bubuk atau penyedap rasa. Angkat dari wajan dan dinginkan.
2. Dalam sebuah wadah besar campur daun bawang iris, telur dan tumisan ayam, aduk rata.
3. Ambil selembar kulit lumpia, beri isian daun bawang sebanyak 1 sdm, lipat bentuk amplop. Goreng dalam minyak yang banyak sampai coklat keemasan. Lakukan sampai adonan habis.


6 komentar:

  1. glegggg..... jadi laperrrrrrrr....
    biasanya bikin martabak mesir kalau musim lebaran haji aja... daging banyak...xixixii

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo martabak yang seperti dijual itu aku belum bisa bikin kulitnya mb mimie. Pasti sobek kalo dibentang dan ditipiskan gitu. Ajari doooong...

      Hapus
  2. pas di sby sering mbikin Mbak....klo disini jarang nemu kulit lumpia siap pakai yg halal :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. duh repot ya kalo hidup di negeri yang mayoritas non muslim. Tidak semua bahan makanan halal ya um...

      Hapus
  3. Wah...jadi lapar...enak ni buat minum2..

    BalasHapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.