Martabak Telur Mini

Assalamualaykum


Membuat martabak gini sering saya lakukan buat cemilan di rumah tapi nggak pernah didokumentasikan karena keburu habis duluan. Mumpung tadi bikin lagi ya disempetin motret.
Apalagi semalam di komplek ada pasar malam dan ada yang jual sayur mayur, langsung beli daun bawang. Setelah ditimbang cuma ada 2 ons. Lumayan deh. Resepnya pake kulit lumpia siap pakai. Dagingnya pake daging ayam giling, terus telurnya pake telur ayam aja, bukan telur bebek. Kalo pake telur bebek pasti lebih enak. Padahal tadi pagi kepasar lho tapi kok ya lupa nggak beli telur bebek. Ya udah deh pake telur yang ada di kulkas aja. Gunakan bumbu kari supaya bisa mendapatkan aroma khas martabak seperti yang dijual itu ya.

Sebenarnya pingin bikin martabak yang bentuknya gendut-gendut seperti yang dijual. Tapi karena kulit lumpianya mudah robek terpaksa bikinnya agak tipis supaya lipatannya bisa agak tebal. Mungkin harus bikin kulit sendiri supaya kokoh dan lentur jika dilipat-lipat. Tapi karena pemalasan ya cari praktisnya aja. Jangan ditiru ya, hehehe...

Bahan :
20 lbr kulit lumpia siap pakai
1 sdm margarin
1 bh bawang bombay, cincang kasar
3 siung bawang putih, cincang halus
250 gr daging ayam giling
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
1/2 sdt gula pasir
1 sdt bumbu kari bubuk siap pakai
200 gr daun bawang (+/-15 batang ukuran agak besar), potong tipis-tipis
3 butir telur ayam

Cara membuat :
1. Panaskan margarin sampai mencair, tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum. Masukkan daging ayam,garam, gula, merica dan bubuk kari. Aduk sampai rata dan daging ayam menjadi matang dan mengering. Cek rasanya. Jika suka silakan diberi kaldu bubuk atau penyedap rasa. Angkat dari wajan dan dinginkan.
2. Dalam sebuah wadah besar campur daun bawang iris, telur dan tumisan ayam, aduk rata.
3. Ambil selembar kulit lumpia, beri isian daun bawang sebanyak 1 sdm, lipat bentuk amplop. Goreng dalam minyak yang banyak sampai coklat keemasan. Lakukan sampai adonan habis.


Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

6 komentar

glegggg..... jadi laperrrrrrrr....
biasanya bikin martabak mesir kalau musim lebaran haji aja... daging banyak...xixixii

kalo martabak yang seperti dijual itu aku belum bisa bikin kulitnya mb mimie. Pasti sobek kalo dibentang dan ditipiskan gitu. Ajari doooong...

pas di sby sering mbikin Mbak....klo disini jarang nemu kulit lumpia siap pakai yg halal :(

Wah...jadi lapar...enak ni buat minum2..

duh repot ya kalo hidup di negeri yang mayoritas non muslim. Tidak semua bahan makanan halal ya um...

betul kak. Ayo dibuat kak...

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon