Halaman

Kamis, 22 Agustus 2013

Sambel Terong Dan Teri Medan

Assalamualaykum


Sudah lama rasanya saya nggak masak sambel terong. Selama puasa saya menghindari makan pedas karena takut lambung bermasalah.
Setelah puasa usai tidak sabar rasanya ingin segera bikin. Tapi karena tukang sayur waktu itu belum balik dari kampung halaman, cuma bisa ngiler doang ngebayangin makan sambel terong. Resep ini sama dengan Balado Ikan Cuwe yang pernah saya posting. Hanya ikannya diganti dengan terong ungu kemudian saya bakar diatas wajan teflon dengan sedikit minyak. Tidak digoreng supaya tidak terlalu banyak menyerap minyak. Setelah matang taburi dengan teri medan goreng, dan dimakan bersama nasi panas, masya Allah enaknya...

Bahan :
100 gr teri medan, digoreng matang
3 bh terong ungu ukuran sedang
15 bh cabe merah besar
5 bh cabe merah keriting
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 bh tomat merah, potong tipis-tipis
1 sdt terasi bakar
3 lbr daun jeruk
1 batang serai
2 lbr daun salam
garam dan gula merah secukupnya

Cara membuat :
1. Cuci terong kemudian potong menjadi 2 bagian. Belah melintang masing masing bagian menjadi 2 bagian lagi. Rendam dalam air garam selama 5 menit, tiriskan. Panaskan wajan teflon, beri sedikit minyak goreng, bakar terong sampai agak kecoklatan.
2. Rebus semua cabe, bawang merah dan bawang putih dalam air mendidih selama 15 menit. Angkat, tiriskan. Uleg/blender bersama terasi sampai halus.
3. Panaskan sedikit minyak di wajan, tumis tomat, daun jeruk, serai dan daun salam sampai tomat agak berkurang airnya. Masukkan cabe halus, dan terasi aduk-aduk sampai rata. Masak sampai agak kering. Bumbui garam dan gula merah. Cek rasanya.
4. Masukkan terong, aduk rata. Taburi teri goreng aduk rata. Angkat dan sajikan.

4 komentar:

  1. Wah...good idea Mba..terongnya di panggang..jadi nggak berminyak ya..bisa jadi menu dietku ini...sehat tapi tetep lezattt..*alah.kapan dietnya ya mba..makanmulu aku ini*..hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak diah, terongnya dibakar. Kalo digoreng ngemut minyaknya banyak banget, hihi...trus bahan sambelnya direbus aja, Insya Allah lebih sehat. Ayo mbak dieksekusi...

      Hapus
  2. ini kalau di tambah pete, makan nasi pasti nggak ingat dunia mb..... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi....lha itu buat pete lover cucok banget sampe nggak inget dunia gitu...^_^

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.