Laman

Selasa, 18 Desember 2012

CAKE KUKUS KETAN PISANG

Assalamualaykum



Cake ini adalah salah satu cemilan yang saya buat ketika netbook sakit. Idenya saya ambil dari tabloid Saji dengan judul sama.
Niat hati ingin memberdayakan tepung ketan hitam yang masih utuh tersegel, padahal sudah dibeli 3 bulan yang lalu ( ckckck....). Selama netbook sakit, kalo bikin cemilan kok pinginnya dikukus. Sebenarnya tepung ketan hitam ini bukan bahan makanan favorit di rumah. Kalo dibikin kue sering terasa berpasir itulah yang menyebabkan kurang disukai di rumah. Tapi tetep aja saya merasa tertantang untuk membuat cemilan dengan bahan ini, tapi bisa ludes dalam sekejap oleh orang rumah. Dan ketika tabloid Saji menampilkan resep ini, langsung saja saya eksekusi. Tapi yaaa seperti biasa, gatel modifikasi.

Untuk resep ini, saya tidak melulu memakai tepung ketan hitam saja, tapi coba-coba memakai tepung ketan putih juga, dengan tujuan supaya kue terasa lembut ketika dikunyah. Dan percobaan ini berhasil. Kue ini tidak berpasir. Terasa lembut dan sedikit legit. Nyaamm....hasilnya, orang di rumah pada suka ! Alhamdulillah....seneng rasanya.

Proses pembuatannya sama dengan cake lain pada umumnya, menggunakan metode sponge cake. Emulsifier dan bahan pengembang yang lain tidak saya pakai. Selain itu kue ini juga menggunakan model upside down cake. Sebelum adonan cake dituang ke loyang, bagian dasar loyang ditata potongan pisang. Setelah matang dan dibalik, posisi pisang berada di atas.
Buat Mbak Erikasari, ini lho kue yang aku maksud tempo hari *sambil kedip-kedip*.




Bahan :
8 bh pisang uli kukus, potong bulat-bulat (bisa menggunakan pisang kepok atau raja yang dikukus dulu)
3 butir telur ayam
100 gr gula pasir
1/4 sdt garam
50 gr tepung ketan hitam
50 gr tepung ketan putih
1 sdm coklat bubuk
100 ml minyak goreng
1 sdt pasta coklat

Cara membuat :
1. Siapkan loyang bulat ukuran 18 cm alasi kertas roti dan olesi minyak goreng. Tata potongan pisang memenuhi dasar loyang, sisihkan. Panaskan kukusan.
2. Kocok telur, gula dan garam sampai mengembang dan berjejak selama 15 menit. Gunakan mixer speed tinggi ya.
3. Masukkan campuran tepung ketan hitam dan putih beserta coklat bubuk sambil diayak dalam 2 tahap, aduk balik sampai rata.
4. Masukkan minyak goreng, aduk balik sampai rata. Terakhir masukkan pasta coklat.
5. Tuangkan ke dalam loyang. Kukus selam 30 menit sampai matang. Lakukan tes tusuk.
6. Keluarkan kue dari loyang selagi panas dengan cara dibalik. Dinginkan kue, dan potong-potong. Sajikan.











10 komentar:

  1. waah...cakeep Mbak, cakenya bener2 menggodaaa...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi...makasih um...
      dah lama banget saya nggak bikin cake ketan. Sekali bikin rasanya uenak banget, hahaha....

      Hapus
  2. sama mbak ...
    aku beli satu bungkus tepung ketan hitam...dr jaman belanda ..blm di olah...
    cake yg mb buat menggoda iman....
    nice pic too....love it...#sok londo

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha...kalimat "sok londo" bikin ngikik...
      hayuk dibuat atuh itu tepungnya biar nggak jamuran mb mimie...

      Hapus
  3. ideanya menarik! tanpa cream topping mesti enak juga ya.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. @ Lesung Batu...(nama anda Ieyda-kah?)

      Alhamdulillah enak ni kuenya meskipun tanpa cream topping
      Silakan dicoba ya...

      Hapus
  4. waahh..mak nyuuss ....boleh dicoba nih, internet lagi lelet, nggak bisa buka fb, anehnya blogspot bisa..lumayanlah tetep bisa jalan-jalan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk dicoba mb Erika.
      Orang di rumahku pada doyan banget karena nggak berpasir. Tapi sedikit legit khas tepung ketan.

      Aku kira yang internetnya lelet cuma di indo aja. Apalagi kalo liburan gini, internet bener2 makan ati...

      Hapus
  5. bisa nggak tepung ketan hitamnya diganti tepung ketan putih saja. soale di rumah punyak stok tep ketan putih saja hehehe.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh banget dong. Silakan aja diganti pake tepung ketan putih semua. Met nyoba ya...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.