Laman

Jumat, 12 Oktober 2012

PUDING ROTI, TAPE DAN PISANG

Assalamualaykum





Sudah beberapa hari ini di rumah ngendon roti Bun. Roti bulat-bulat yang dipakai untuk burger itu. Bosen deh kalo bikin burger aja. Pingin dibuat olahan yang lain supaya cepat habis.
Pingin sih bikin puding roti dengan kelapa muda. Ketika suami di kantor, sempat minta titip dibelikan kelapa muda. Tapi malah lupa nggak beli. Ketika belanja keesokan harinya ternyata tukang sayur membawa pisang uli. Asiiikk beli deh. Kemudian sore harinya tukang tape lewat depan rumah. Beli tape juga buat melengkapi pudingnya. Pingin juga dikasih kismis, ternyata stoknya habis. Taburi aja pake coklat meises. Kebetulan juga masih ada santan kelapa sedikit. Saya tambahi pake susu cair aja biar agak banyak jumlah cairannya.  Alhamdulillah hasilnya enak. Yang bikin enak menurut saya adalah tapenya yang manis, memberi tendangan rasa yang berbeda. Membuat pudingnya nggak terlalu eneg gitu. Gimana sih rasanya ? Yuk bikin yuk....

Bahan :
175 gr roti bun/roti tawar
250 gr tape singkong yang matang dan manis, buang seratnya, potong dadu
4 bh pisang uli, potong bulat
250 ml santan sedang
250 ml susu cair
1/4 sdt garam
125 gr gula pasir
2 butir telur
1/2 sdt vanili bubuk
coklat meises secukupnya

cara membuat :
1. Siapkan pinggan tahan panas volume 1 liter, olesi margarin, sisihkan.
2. Sobek-sobek roti tawar, sisihkan.
3. Dalam sebuah mangkuk, campur jadi satu santan, susu, garam dan gula, aduk sampai gula larut. Maukkan telur dan vanili aduk rata..
3. Tata dalam pinggan, roti, pisang dan tape secara berselang seling/acak. Dengan menggunakan sendok sayur, tuangi dengan adonan santan+susu sampai rata. Biarkan selama 15 menit supaya roti menyerap cairan. Setelah menyerap, taburi coklat meises.
4. Sementara itu panaskan oven dengan suhu 180 derajat C. Panggang dalam oven selama 35-40 menit atau sampai permukaan puding jadi agak kering ya.







2 komentar:

  1. tapenya pasti bikin beda...lebih wangi n mak nyuuuuss, btw kalau foto yang dibawah lebih di zoom, lebih ences lagi deh lihatnya :)

    BalasHapus
  2. memang iya jadi beda karena pake tape. Nggak terlalu eneg gitu.

    kalo dizoom nggak berani, takut gambarnya pecah, kan cuma pake kamera saku aja....:D

    BalasHapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.