Laman

Sabtu, 13 Oktober 2012

MI KANGKUNG

Assalamualaykum




Gimana liat foto di atas ? Pasti membayangkan mi yang panas kepul-kepul dan pedes, hmmm...slruuuph...hehe...
Sudah beberapa hari ini saya kok pingin bikin mi kangkung. Biasanya kalo bikin mi saya selalu pake sawi hijau. Tapi kok bosen pake sawi melulu. Kali ini sawinya saya ganti kangkung aja. Kalo ingat mi kangkung, jadi ingat waktu kondangan di rumah saudara, di gubug makanan yang berderet, salah satunya menyediakan mi kangkung. Pertama kali itulah saya makan mi pake kangkung, biasanya sawi terus. Dan rasanya enak banget. Baru selang beberapa tahun, makan mi kangkung lagi, hehe...

Untuk mi kangkung ini saya menggunakan ikan tuna, bukan daging ayam. Tapi kalo nggak ada tuna bisa diganti dengan daging ayam atau sapi. Bikinnya juga simpel dan nggak ribet kok. Dinikmati selagi hangat, hhmmm....Alhamdulillah nikmaattt....




Bahan :
200 gr mi kering
250 gr ikan tuna, potong dadu
2 sdt kecap ikan
700 ml air kaldu
100 gr daun kangkung
Garam, gula dan merica
15 butir telur puyuh
Bawang goreng secukupnya

Bumbu Halus :
7 bh bawang merah
4 siung bawang putih

Cara membuat :
1. Rebus mi sampai matang,  tiriskan. Siram dengan air dingin supaya mi tidak lengket. Sisihkan.
2. Tumis bumbu halus sampai wangi, masukkan kecap ikan dan ikan tuna. Beri garam, gula dan merica. Tuangi air kaldu, biarkan mendidih. Cek rasanya. Bila sudah pas matikan api.
3. Penyajian : dalam sebuah mangkok tata mi, kangkung dan telur puyuh. Guyur dengan kuah ikan  panas-panas beserta daging tuna Taburi bawang goreng. Sajikan dengan saus tomat, saus sambal dan kecap.



4 komentar:

  1. gampang bikinnya ya...fotonya okeee...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya memang gampang kok...

      foto oke ? awwww....maluuuuu....

      Hapus
  2. kangkung bikin dirikuh ngangtuk jenk....xixiixxi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya tuh katanya kangkung bisa bikin ngantuk...

      makan mi kangkungnya malam hari aja biar pulas tidurnya, zzz...zzz...hihi...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.