Laman

Selasa, 04 September 2012

KUE MANGKOK TAPE

Assalamualaykum



Alhamdulillah masih bisa bikin kue lagi. Tempo hari bikin chiffon tape, sekarang kue mangkok tape. Kue mangkok ini resepnya berasal dari Bu Sisca Suwitomo di acara AROMA yang dulu disiarkan Indosiar. Cocok banget
pake resep ini karena berulangkali dicoba, nggak pernah gagal. Alhamdulillah....

Sebelum ketemu resep ini, sudah berulangkali saya gagal membuatnya. Rata rata pada ming
kem, nggak mau mekar. Belagu banget nih kue mangkok, hihihi...Tapi setelah dapat resep yang pas, mekar melulu. Dan nggak pake repot, asli. Adonan cuma diuleni pake tangan, cetakan nggak perlu dipanaskan dan adonannya bisa antri ! Jadi yang hanya punya dandang ukuran kecil seperti saya bisa mencoba. Cara mengukusnya sama seperti bolu kukus, gunakan api besar dan tutup dandang dialas serbet.

Bahan :
250 ml air
125 gr gula pasir
125 gr tepung beras
25 gr tepung terigu
100 gr tape singkong yang matang dan empuk, buang seratnya, haluskan
1 sdt ragi instant
1 sdt baking powder

Cara membuat :
1. Rebus air dan gula sampai gula larut, tidak perlu mendidih. Angkat, biarkan hangat/suam suam kuku.
2. Campur tepung beras, terigu dan tape singkong. Tuangi air gula hangat sambil diuleni sampai rata. Adonan akan menjadi encer.
3. Masukkan ragi instant. Uleni rata. Diamkan adonan selama 30 menit di tempat hangat dan ditutup.
4. Panaskan dandang sampai airnya mendidih dan beruap banyak. Pastikan airnya sudah bergolak. Siapkan cucing plastik diameter 5 cm -volume 50-60 ml- tanpa dioles apapun, biarkan kering.
5. Aduk adonan sampai buihnya hilang. Masukkan baking powder, aduk rata.
6. Tuang adonan ke dalam cucing sampai penuh. Kukus dengan api besar selama 10 menit. Angkat dari kukusan, biarkan hangat baru dilepas dari cetakan.

Hasil 12 buah

Note :
~ cetakan tidak perlu dipanaskan
~ aduk aduk adonan sebelum dituang ke dalam cetakan sampai buihnya hilang
~ tuang adonan ke dalam cetakan sesaat sebelum dikukus. Jangan membiarkan adonan ngantri di dalam cetakan terlalu lama, karena adonan akan berbuih dan mengakibatkan tidak bisa mekar dengan cantik.

* ups, maaf lupa saya tambahkan. Resep asli menggunakan gula merah dengan berat yang sama. Gula pasir ini saya pake karena ingin warna kue yang putih.

Makasih buat resepnya ya Bu Sisca....