Laman

Selasa, 04 September 2012

KUE MANGKOK UBI

Assalamualaykum




Ada ubi ungu di tukang sayur. Ketika dikukus kok kurang manis rasanya. Langsung kepikir pingin bikin kue mangkok lagi. Resepnya saya ambil dari tabloid KOKI. Tapi resep ini sudah saya modif, baik bahan maupun komposisinya. Resep asli nggak pake santan,
tapi di resep ini airnya saya ganti santan. Alhamdulillah, sejak pertama kali buat selalu mekrok. Setelah dimodif hasilnya lebih lembut, tidak terlalu padat seperti resep aslinya dan lebih enak.

Sengaja kue mangkok ini saya cetak menggunakan 3 cetakan sekaligus. Pake cucing plastik, cetakan muffin yang dialas paper cup dan cetakan bolkus yang bolong bolong. Dengan demikian, seandainya hanya mempunyai salah satu cetakan yang saya sebut tadi, jangan ragu membuatnya !!

Adonannya juga gampang, tinggal diuleni pake tangan, cetakan nggak usah dipanasi dan bisa antri. Saya tadi bolak balik ngukus sampai 4 kali.

Bahan biang :
100 gr terigu serbaguna
1 sdm ragi instant
150 ml air hangat

Bahan utama :
100 gr tepung beras
100 gr tepung terigu serbaguna
1 sdm baking powder
100 gr ubi ungu kukus, haluskan
250 ml santan sedang (saya pake kara ukuran 65 ml ditambah air)
300 gr gula pasir

Cara membuat :
1. Biang : campur semua bahan aduk rata. Diamkan ditempat hangat selama 20 menit sampai mengembang.
2. Dalam baskom campur tepung beras, terigu dan bak powder, aduk rata.
3. Masukkan ubi halus, remas remas sampai rata. Tuangi santan dan uleni menggunakan tangan sampai rata.
4. Masukkan biang, uleni rata. Adonan akan menjadi kental tapi mudah dituang bila disendoki.
5. Masukkan gula pasir dalam 3 tahap, uleni rata.
6. Panaskan kukusan sampai beruap banyak dengan api besar. Tuang adonan ke dalam cetakan sampai penuh. Masukkan ke dalam kukusan, beri jarak diantaranya, dan kukus selama 15 menit. Angkat dari kukusan.

Hasil jadi 21 buah

Note :
~ cetakan bisa menggunakan cucing plastik tanpa dioles, biarkan kering. Atau cetakan mufin, atau cetakan bolu kukus. Dan tidak perlu dipanasi lebih dahulu.

8 komentar:

  1. sangat membantu,,, :D
    MAKASIH say ^___^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah bila postingan di atas dirasa membantu mb Ikhe...

      Makasih juga ya tuk kunjungannya....

      Hapus
  2. Terimakasih, akan di coba. Soalnya udah bnyk resep dicoba gak berhasil mekar. Mau tanya apakah gulanya hrs ditunggu larut dulu baru selesai menguleni. Thx.

    BalasHapus
    Balasan
    1. asal rata saja ya nggak perlu larut, khawatir over mix dan keburu mengembang karena tangan kita kan hangat. O ya pemakaian gula agak dikurangi karena 300 gr terlalu manis. Pake 200 gr saja Insya Allah pas rasanya.

      Hapus
  3. Asslmkm. Mbak rina salam kenal. Resepnya mantap. Saya sudah coba buat kue mangkok yang pertama alhamdulillah berhasil. Dan kue mangkok merupakan kesukaan nenek, jadi beliau senang waktu dibuatin kue mangkok ini. Terima kasih ya Mbak. Mampir atuh ke blog saya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaykumsalam
      seneng deh dengarnya kalo sukses gini apalagi bisa bikin nenek senang. Congrats buat mb Risma....

      Hapus
  4. baru skli nyoba..alhmdllh brhasil..tpi kok ngembang nya gak kyak segitiga merekah kyak yg d fto ya mbak..apa sya ngisi nya trllu pnuh ngmbang nya jdi kyak mulut boneka yg lgi ketawa..hihiiiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo masalah merekah, saya angkat tangan deh mb hehe...kalo ngisinya penuh udah bener sih. Cuma yaaaa...kalo udah masuk kukusan, nggak bisa diprediksi hasilnya

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.