Laman

Kamis, 06 September 2012

KUE LAPIS BERAS

Assalamualaykum




Alhamdulillah akhirnya bikin juga kue lapis beras ini. Lapis ini pewarna birunya memakai kembang Teleng. Seperti biasa warnanya selalu jadi pucat bila memakai pewarna alami. Supaya tidak terlalu pucat lapisan paling atas saya beri pewarna pink supaya keliatan manis gitu, hehehe....


Bahan :
1 liter santan dari 1 butir kelapa
5 lbr daun jeruk, robek-robek
150 gr tepung beras
50 gr tepung tapioka/kanji/aci
175 gr gula pasir
1/2 sdt garam
2 sdm air kembang teleng ( 8 bh kembang teleng+2 sdm air, diremas-remas, saring )
1-2 tetes pewarna pink

Cara membuat :
1. Rebus santan dan daun jeruk sampai mendidih sambil diaduk-aduk supaya tidak pecah. Angkat. dinginkan.
2. Siapakan cetakan ukuran 18x18x7 cm, lapisi plastik tahan panas, olesi minyak. Panaskan dandang sampai airnya mendidih.
3. Dalam wadah, campur tepung beras, tapioka, gula dan garam aduk rata. Tuangi santan sambil diaduk sampai rata dan licin.
4. Bagi menjadi 2 bagian. Satu bagian beri air kembang teleng, satu bagian biarkan berwarna putih.
5. Tuang 125 ml adonan putih ke dalam loyang, kukus selama 5 menit. Tuangkan 125 ml warna biru, kukus 5 menit. Lakukan terus secara bergantian sampai adonan habis. Untuk lapisan paling atas, beri warna pink. setelah lapisan terakhir dituang, kukus selama 15 menit.
6. Setelah matang dinginkan kue. keluarkan dari loyang, potong potong.

7 komentar:

  1. Kami menyediakan berbagai macam kebutuhan anda mengenai kembang Teleng /Bunga Teleng
    1. Bibit benih (Biji) yang dikemas dan berisi : 100 biji, 200 biji dan 500 biji atau lebih banyak lagi sesuai dengan permintaan/kebutuhan anda.
    2. Bunga Teleng kondisi segar (baru dipetik dari pohon) dalam kemasan berisi 75 bunga, 100 bunga, dan 200 bunga, atau lebih banyak lagi sesuai dengan permintaan/kebutuhan anda.
    3. Bunga Teleng yang sudah dikeringkan dalam kemasan, berisi 200 bunga kering, 400 bunga kering, dan 500 bunga kering, atau lebih banyak lagi sesuai permintaan/kebutuhan anda.
    4. Bibit pohon kembang teleng yang belum berbunga, usia pohon antara 2 - 3 bulan dengan ketinggian 15 cm- 30 cm
    5. Pohon Kembang Teleng yang sudah berbunga dan bunga bisa langsung anda petik sendiri.
    Silahkan bagi yang berminat dan ingin segera memiliki, hubungi kami melalui telepon/SMS ke nomor :
    081384824904
    BB :
    KC Nursery
    Christo

    DAPATKAN BERBAGAI MACAM KHASIAT DAN KEGUNAAN KEMBANG TELENG DALAM KEHIDUPAN SEHARI HARI ANDA....

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum mba,sy sdh cb kue ini,Alhamdulillah suami doyan, mksh ya.from ninuk,dubai

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaykumsalam mb ninuk, syukur kalo disukai suami ya. Ikut seneng bacanya nih...

      Hapus
  3. bun... bagaimana agar lapis lebih tahan lama

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum tau deh gimana caranya biar lapis ginian lebih tahan lama. Ini disebabkan penggunaaan santan, sementara santan mengandung banyak minyak kemudian proses pembuatannya dikukus sehingga jadi lembab yang mengakibatkan mudah jamuran. Kalo pake pengawet, maaf saya tidak tau karena tidak pernah menggunakannya.

      Hapus
  4. Assalamualaikum.. Mba..mantep bgt nih klo liat gambar.. Lom nyobain dh bikin ngiler hehehe.. Mw tny nih mba..klo 2 sdm air kembang teleng sy ganti pake coklat bubuk gmn takarannya ya mba..mksh byk mba say ^_^

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum.. Mba..mantep bgt nih klo liat gambar.. Lom nyobain dh bikin ngiler hehehe.. Mw tny nih mba..klo 2 sdm air kembang teleng sy ganti pake coklat bubuk gmn takarannya ya mba..mksh byk mba say ^_^

    BalasHapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.