Laman

Jumat, 07 September 2012

KUE MANGKOK TAPE NASI

Assalamualaykum




Ahamdulillah kondisi badan sudah lebih baik setelah terkena batuk dan pilek selama 10 hari. Korban pertama setelah sembuh adalah kue mangkok. Jangan bosan ya kalo saya bikin macam macam kue mangkok
hehehe...Kali ini cetakan yang saya pake adalah cetakan kue mangkok mini. Dengan cetakan mini bisa menghasilkan 15 biji kue mangkok, meski hanya membuat 1/2 resep saja. Resep ini
modifikasi dari Kue Mangkok Ubi yang pernah saya posting sebelumnya.

Bahan tape nasi :
150 gr nasi dingin
1 sdt gula pasir
1 sdt ragi tape halus
Cara membuat : campur semua bahan sampai rata. Masukkan dalam toples, simpan ditempat hangat selama 3 hari. Tape nasi siap digunakan.

KUE MANGKOK TAPE NASI

Bahan biang :
50 gr tepung terigu
1 sdt gula pasir
1 sdt ragi instan
75 ml air hangat

Bahan utama :
50 gr tepung terigu
50 gr tepung beras
1 sdt baking powder
1 resep tape nasi (+- 150 gr)
100 gr gula pasir
125 ml air dingin suhu ruang

Cara membuat :
1. Biang : campur semua bahan, aduk rata, tutup dan letakkan di tempat yang hangat sampai mengembang +- 25 menit.
2. Panaskan kukusan dengan api besar sampai mendidih dan beruap banyak. Siapkan cetakan kue mangkok/cucing plastik volume 25-30 ml, biarkan kering tanpa dioles apapun.
3. Blender tape nasi ddan gula sampai larut, sisihkan.
4. Dalam baskom, campur jadi satu tepung terigu, tepung beras dan baking powder, aduk rata.
5. Masukkan tape halus, uleni dan temas remas sampai rata. Menyusul biang, uleni samai rata. Masukkan air, uleni sampai rata. Bagi 2 adonannya, yang satu bagian beri pasta orange dan sisanya warna putih.
6. Tuangkan ke dalam cetakan sampai penuh, beri jarak diantaranya, kukus selama 15 menit sampai matang.

Hasil 15 buah

4 komentar:

  1. Sis,Ƙℓo bahan tape nasinya .nasi dingin dicampur ragi instan bisa gak?Ƙℓo bisa takaran raginya brp?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak bisa. Ragi tape itu khusus untuk tape. Warnanya putih bulat. Beli di pasar tradisional banyak ya atau di toko bahan kue. Sedang ragi instant khusus untuk membuat roti atau makanan yang perlu fermentasi seperti apem atau kue mangkok ini.

      Hapus
  2. Assalamualaikum mbak rina, mau tanya, kalau resep kue mangkok tape ubinya mbak rina sy ganti dgn tape nasi bisa nggak mbak ?, trimakasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Resep kue mangkok tape singkong, tapenya diganti tape nasi ? Begitu maksudnya ? Pernah saya coba dan mingkem hasilnya heheheh 😁😁😁
      Jadi kue mangkok tape itu cuma bisa pake tape singkong. Beberapa kali saya ganti tape nasi teteeeeppp mingkem. Saya pikir tadinya bahan pengembang yang bermasalah. Eh gak taunya emang gak bisa. Mingkem terus 😁😁

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.