Laman

Kamis, 06 September 2012

TEMPE MENDOAN

Assalamualaykum



Setelah mudik lebaran, baru kali ini deh update resep lagi. Mudik tu sebenarnya menyenangkan. Bisa ketemu sodara dan teman-teman lama. Rame dan sangat heboh, diajak bukber dan maksi sana-sini. Begitu udah balik, alamaaaaakkk....
baru terasa capeknya. Kalo udah capek jadi malas deh mau ngapa-ngapain. Tapi bagaimanapun juga saya tetep kangen utak-atik di dapur.

Kali ini bikin tempe mendoan dulu ah sebagai ajang pemanasan di dapur. Resep super duper gampang, bahannya juga mudah. Daripada beli mending bikin sendiri. Saya kalo beli gorengan di pinggir jalan, nggak jarang jadi batuk. Mungkin karena penggunaan minyak gorengnya yang berulangkali dipakai dan berubah warna jadi hitam itu ya.

Bahan :
1 papan ( 300gr) tempe, iris tipis
100 ml air untuk rendaman
300 gr terigu
350-400 ml air
2 batang daun bawang, iris halus
minyak gorang yang cukup banyak

Bumbu halus :
4 siung bawang putih
1 sdt ketumbar
1/4 sdt merica
4 butir kemiri
2 cm kunyit
garam secukupnya

Cara membuat :
1. Setelah bumbu dihaluskan ambil +- 1 sdt dan campur dengan 100 ml air. Masukkan tempe yang telah diiris tipis, rendam selama minimal 15 menit.
2. Dalam sebuah mangkok yang agak besar, campur sisa bumbu halus dan terigu, tuangi air sedikit demi sedikit sambil diaduk rata, sampai kekentalan yang diinginkan. Masukkan daun bawang.
3. Panaskan minyak yang cukup banyak. Celupkan tempe ke dalam adonan terigu, goreng dalam minyak panas dengan api sedang sampai matang. Sajikan hangat bersama cabe rawit.