Laman

Selasa, 04 September 2012

BROWNIES KUKUS SEHAT


Assalamualaykum


Biarpun lagi puasa tetep aja kangen bikin kue. Kali ini korbannya si brownies. Brownies ini saya dapat di grup Kuliner Enak-Sehat-Alami yang dipawangi Pak Wied Harry (http://www.facebook.com/groups/172601936151172/permalink/330466177031413/ ).
Brownies yang diklaim sehat karena tidak menggunakan terigu (non gluten), dan lemaknya hanya menggunakan minyak goreng. Tepung yang digunakan adalah tepung beras campur dan tidak menggunakan bahan pengembang sintetis seperti soda kue, baking powder atau emulsifier.

Kunci supaya kue bisa mengembang dan tidak bantat adalah pada saat mengocok telur dan gula sampai kental dan kaku. Bila mixer diangkat adonan akan sulit jatuh. Setelah terigu masuk, adonan diaduk dengan teknik aduk balik supaya udara yang terperangkap tidak keluar lagi. Ini resepnya...

Bahan :
3 butir telur
100 gr gula pasir
1/2 sdt garam halus
60 gr tepung beras campur*
40 gr coklat bubuk
50 ml minyak goreng

Cara membuat :
1. Siapkan loyang ukuran 18x18cm. Alasi dasarnya dengan kertas roti dan olesi minyak goreng di semua bagian. Panaskan kukusan dengan api kecil.
2. Kocok telur, gula dan garam sampai putih, mengembang, kental dan kaku selama 15 menit. Bila baling baling mixer diangkat adonan akan sulit jatuh.
3. Masukkan tepung beras campur dan coklat bubuk dengan cara diayak, dalam 3 tahap. Setelah tepung masuk aduk balik dengan spatulla sampai rata.
4. Masukkan minyak goreng, aduk balik lagi sampai rata.
5. Tuangkan ke dalam loyang. Kukus dengan api sedang selama 30 menit. Jangan lupa alasi tutupnya dengan serbet supaya air tidak menetes ke bawah (saya tadi lupa nggak dialasi serbet, permukaan kue jadi bolong-bolong karena ketetesan air).
6. Setelah matang angkat kue, biarkan hangat. Balik kue, kelupas kertas rotinya, balik lagi dan potong-potong. Sajikan.

Note :
* Tepung beras campur dibuat dari 7 bagian tepung beras, 2 bagian tepung kanji/tapioka, 1 bagian tepung maizena. Misalnya akan membuat stok tepung sebanyak 1 kg, membutuhkan 700 gr tepung beras, 200 gr tepung kanji dan 100 gr tepung maizena. Campur sampai rata dan simpan dalam toples rapat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.