Gelek Pandan (Onde-Onde Ketawa Pakai Yeast)

Assalamu'alaykum


Setelah tau rasanya gelek yang pernah dibuat dan hasilnya cepet ludes, saya kepingin bikin lagi. Kali ini bikin pakai daun pandan biar wangi hasilnya. Saya memotong daun pandan di teras karena daunnya sudah cukup lebat. Daripada kering, mending langsung diberdayakan saja jadi gelek.

Resep gelek yang dulu, dimodifikasi sedikit dengan mengurangi terigu, dan menambahkan air supaya sedikit lemas adonannya sehingga mudah dibentuk. Saya juga mencelupkan adonan ke dalam air sebelum digulingkan ke atas wijen agar tidak rontok ketika digoreng. Selain itu saya juga membuat keratan menggunakan gunting di atas adonan, sesaat sebelum digoreng. Hasilnya bisa merekah lebih lebar. Kelihatan kayak bunga malahan, hihihi.... Kelebihan adonan yang dikerat adalah adonan lebih mudah matang sampai ke dalam. Tanpa banyak prolog yang bertele-tele, berikut resepnya yah. Yuk capcus.....

Bahan :
1 butir telur
100 gr gula pasir
⅛ sdt garam halus
40 gr margarin suhu ruang, tidak perlu dicairkan
450 gr terigu serbaguna
6 gr yeast/ragi instant
5 gr baking powder
4 gr soda kue
½ sdt vanili bubuk
180 ml air pandan (10 lbr daun pandan+air diblend saring. Beri 2-3 tetes pewarna hijau tua)
Air secukupnya untuk celupan
100 gr wijen putih
Minyak goreng cukup banyak

Cara membuat :
1. Dalam baskom besar kocok telur, gula dan garam sampai kental dan gula larut. Masukkan margarin, kocok asal rata. Gunakan whisker atau garpu saja untuk mengocok.

2. Masukkan semua bahan kering seperti terigu, yeast instant, baking powder, soda kue dan vanili bubuk. Aduk menggunakan tangan (diuleni) sambil dituangi air pandan sedikit demi sedikit, sampai rata dan kalis (tidak lengket di mangkuk).

3. Ambil adonan sebesar bola bekel, bulatkan, celupkan sebentar dalam air, kemudian gulingkan ke atas wijen. Tata di atas loyang. Lakukan sampai adonan habis.

4. Panaskan minyak goreng cukup banyak. Gunting adonan berbentuk silang di permukaannya. Goreng gelek sampai warnanya kuning kecoklatan (deep fry). Gunakan api kecil supaya matang sampai ke dalam. Angkat, tiriskan dan dinginkan.

Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

2 komentar

wah... mau.. ketok'e lezaattt... pandannya berasa banget ya mba?

@mb Monica
So pasti mb Monic. Yang demen tuh bapaknya anak-anak. Doyan banget dia heheheh

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon