Roti Goreng Kepang Isi Pisang, Hanya Sekali Proofing, Tanpa Telur !!


Assalamu'alaykum


Meski cuaca cukup cetar membahana di Ciledug alias puanassss bingit, tapi tidak menyurutkan niat saya membuat cemilan untuk orang di rumah. Saya lagi kepingin roti goreng. Selama ini lebih sering bikin roti oven. Kangen gitu sama roti goreng. Mumpung di beliin pisang uli, saya buat aja roti pisang. Biar rada cantik (halah) saya sengaja mengepang rotinya. Emang kurang kerjaan kali ya. Tapi memang saya lagi ganjen nih, bikin roti yang tidak sekedar bulat-bulat dan dibuat roti sobek. Resepnya gampil kok sama seperti aneka resep roti di DapurManis. Yang pasti, pakai sekali proofing doang biar gak kelamaan proses bikinnya. Penggunaan ragi harus diperhatikan, karena cuaca yang puanaaass banget. Takut over proofing. Sedikit tips ya. Biar bentuk rotinya tidak berubah ketika diproofing, fermentasikan saja sebesar 50% dari besar semula. Jika lebih, khawatir bentuknya berubah atau kepangnya lepas dan akibatnya tidak cantik lagi. Apalagi ketika digoreng, roti akan mengembang lagi. Nah itu saja tipsnya. Untuk hal lain, saya yakin pasti sudah pada pinter dong ya urusan bikin roti goreng. Hasilnya, enak. Pori-porinya rapat dan halus. Rotinya ringan, tidak eneg tapi teteeeuuuppp lembut meski tanpa telur. Jadi pisangnya masih berasa gitu. Apalagi kalo masih anget, jossss tenan...... Sekarang, lihat resepnya yuk.



Sengaja ada yang tidak diberi isi biar kalo disobek kelihatan
tekstur dalamnya

Bahan :
325 gr terigu serbaguna
20 gr susu bubuk
30 gr gula pasir
4 gr garam
5 gr ragi/yeast instant
175 ml air
1½ sdm mentega (boleh pakai margarin)

Isi :
18 buah pisang uli/kepok 

* Pilih pisang yang benar-benar matang. Kulitnya berbintik-bintik hitam. Jadi tidak perlu disaute (ditumis) karena ketika digoreng nanti akan matang dengan sendirinya.

Cara buat :
1. Dalam wadah besar campur terigu, susu bubuk, gula pasir dan garam. Aduk rata. Taburkan ragi instant, aduk rata lagi.

2. Tuangi air sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai menggumpal dan lengket. Beri mentega, uleni lagi sampai kalis (tidak lengket).

3. Timbang adonan @35 gr (18 bagian), bulatkan. Ambil adonan, gilas bentuk oval. Kerat kedua sisinya kemudian letakkan pisang di tengah.

4. Silangkan kedua sisi yang dikerat tadi ke atas pisang, dan membuat pisang tertutup. Sambil sedikit ditarik supaya rapat dan tidak terbuka ketika difermentasi dan digoreng. Letakkan di atas loyang bertabur terigu. Lakukan adonan sampai habis. Tutup dan fermentasikan sampai naik 50% dari besar semula.

5. Panaskan minyak goreng cukup banyak menggunakan api cenderung kecil. Goreng roti pisang sampai bawahnya kecoklatan. Balik sekali dan goreng sampai kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan.



Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

4 komentar

Cakeeepp.... Empuk bgt keliatannya mbak.


@ anonim
Namanya siapa ya hehehe....
Iya emang seratnya kelihatan rapat dan halus. Dan empuk ini hasilnya.
Makasih ya udah berkunjung ke DapurManis. Ditunggu kunjungannya berikutnya

mba... itu lembut banget deh kelihatannya...

@mb Monica
Iya, asli lembuuttt meski digoreng. Ih jadi kangen bikin roti goreng lagi diriku

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon