Cakwe


Assalamu'alaykum


Mendadak semalam saya membayangkan makan cakwe sambil nonton tivi. Gegara itulah saya ngoprek stok terigu dan yeast instant. Lha kok habis. Ketika saya bilang pada bapaknya anak-anak bahwa saya kehabisan terigu dan yeast, tanpa sepengetahuan saya, beliau beli terigu sehabis makan malam. Ketika saya sedang asik melanjutkan nonton tivi dan pingin minum, saya pergi ke ruang makan untuk ambil air putih. Eh, kok ada kantung hitam ya. Segera saya cek. Ternyata isinya 1 kg terigu dan yeast instant di atas meja makan. Yeay, seneng deh dibelikan apa yang saya minta. Sip dah. Emak segera bikin adonan cakwe pakai BreadMaster kesayangan. Resepnya pakai yeast dan baking powder serta adonan difermentasi semalam. Saya merasa cocok dengan resep ini deh. Masih ciamik bagi saya. Rasa cakwe yang menggunakan air ini, terasa light ya. Ringan gitu rasanya. Mirip seperti yang saya beli di kaki lima. Tapi yang ini lebih berbumbu karena pakai bawang putih, garam, lada, sedikit gula dan kaldu atau vetsin jika suka. Jadi lebih mantep di lidah. Pernah sih, baca resep cakwe pakai telur dan susu. Saya malah mikir apa gak seperti roti ya rasanya hihihi..... Terus terang saya belum berani bikin cakwe pakai susu dan telur. Takut gak dimakan oleh orang rumah karena rasa yang pasti berbeda dari biasanya. Ada yang pernah bikin cakwe pakai susu dan telur gak ? Gimana reviewnya ? Boleh ninggal komen di bawah ya. Cakwe yang pakai telur dan susu mungkin lebih lembut kali ya. Sedangkan ciri khas cakwe itu pada sensasi alotnya (liat) ketika dikunyah. Nah, buat saya rasa alot tuh sudah saya temukan di resep ini. Jadi sudah merasa pas gitu. Untuk mengatasi rasa alot, cakwe memang cocok dimakan bersama saus asam pedas yang encer. Kuahnya bisa sedikit melunakkan rasa liatnya. Untuk satu resep ini jadinya lumayan banyak (lebih dari 20an kali. Gak ngitung jumlah persisnya), tergantung ukuran yang diinginkan ya. Mau dibuat mini atau ukuran standar seperti cakwe yang dijual, terserah. Yang penting rasanya enaaakkk.... Yuk kita bikin cakwe yuk....

Bahan :
500 gr terigu serbaguna
5 gr baking powder
3 gr yeast/ragi instant
300-340 ml air hangat
1 sdt gula
1 sdt garam
4 siung bawang putih, cincang halus/parut
vetsin/penyedap rasa jika suka
merica sedikit.

Kuah cakwe :
1 siung bawang putih
2 bh cabe merah besar
5 bh cabe merah keriting
½ sdt garam
2 sdt gula pasir
500 ml air
1-2 sdt cuka (air jeruk lemon/nipis)

* Haluskan semua bahan kecuali cuka menggunakan blender. Tuang ke dalam panci dan rebus sampai mendidih. Koreksi rasanya. Saring, masukkan cuka aduk rata. Siap digunakan.

Cara membuat :
1. Campur terigu dengan baking powder. Masukkan dalam mixer besar dengan hook pengadon roti (kalau gak ada masukkan ke dalam baskom dan diuleni tangan).

2. Masukkan gula dan yeast campur rata, masukkan air hangat dan biarkan tercampur agak rata, baru masukkan garam, merica, bawang putih dan vetsin jika suka.

3. Uleni hingga kalis, diamkan 30 menit (tutup serbet/plastik cling wrap), uleni kembali 5 menit (jika pakai tangan, olesi pakai minyak sayur supaya nggak lengket). Bulatkan, tutup lagi lalu biarkan hingga mengembang hampir 2 kalinya selama minimal 6 jam (saya mulai jam 21.00 - 07.00 keesokan hari). Tanda sudah cukup mengembang dari adonan elastis mudah ditarik. Adonan akhir agak lengket di tangan ya.

4. Siapkan meja kerja, taburi terigu. Bagi jadi 4 adonan, gilas agak tipis (0,5 cm) sambil ditaburi terigu, potong persegi 4 seperti pita besarnya/panjangnya sesuai selera. Ambil dua potong adonan lalu tempelkan dan tekan dengan sumpit agar menempel satu sama lain.

5. Panaskan minyak cukup banyak menggunakan api sedang. Sesaat sebelum digoreng, tarik sedikit kedua ujungnya sampai terasa lentur (jangan sampai putus ya). Goreng dalam minyak banyak dan panas. Angkat dan sajikan bersama kuahnya.



Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

2 komentar

mba aku sampai hari ini belum ada kepikiran mau buat cakwe sendiri..
suami mba Rina so sweet deh...

he eh mba setuju cakwe itu kan enaknya alot ya... pernah tuh mba beli cakwe yang lembut, lah kok kayak makan roti, hmmm mungkin yang ini pakai telur dan susu kali ya... tapi ga asyik mba... ga alot ha ha ha

@mba Monica
Itu pas dia ada maunya mb monic. Kalo ga mau ya dicuekin heheheh
Lha emg cirinya cakwe itu alot. Ngunyah cakwe alot tuh ngangeni. Aku kalo males pilih beli aja kok. Di sini ada yg jual pagi hari di sekolah-sekolah. Tapi cakwenya kecil-kecil gitu. Menyesuaikan kantong anak sekolah. Kalo malam, lha baru deh ketemu cakwe ukuran orisinilnya

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon