Roti Bohong

Assalamu'alaykum


Baru sekali ini saya tau ada makanan bernama roti bohong. Roti ini sangat beken di Medan, sebagai teman ngopi. Jika ditelusuri resepnya, mirip dengan olieballen. Itu lho donat Belanda. Jika olieballen biasanya diberi campuran buah kering, roti bohong gak pakai isian. Disebut roti bohong karena tanpa isian sama sekali. Taburan gula halus pun juga tidak. Tekstur roti bohong ini bolong gede-gede. Ini yang membuatnya jadi empuk. Selain itu sedikit liat karena tanpa telur. Jika pernah makan roti bantal, nah mirip tuh. Cara membuatnya gampang kok. Semua bahan dicampur pakai sendok kayu atau tangan aja. Setelah difermentasi kemudian digoreng. Ukuran roti bohong agak gede ya, seperti roti bantal.


Bahan-bahan :
250 gram tepung terigu
6 gr yeast/ragi instant
½ sdt garam
1/2 sdt vanili
250 ml santan sedang, hangat
3 sdm gula pasir

Cara membuat :
1. Campurkan semua bahan kering aduk sampai rata.

2. Kemudian tuangkan santan hangatnya lalu aduk menggunakan sendok kayu sampai adonan mengental. Tutup dan diamkan selama 40 menit di tempat hangat sampai naik.

3. Panaskan minyak goreng cukup banyak di atas wajan. Ambil sendok sayur, basahi minyak goreng. Ambil setengah sendok sayur, goreng dengan api cenderung kecil sampai kuning kecoklatan.

Note :
* Jangan memasukkan adonan terlalu banyak karena akan mengembang.

Hasil : 14 buah


Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

This Is The Newest Post

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon