Pizza Sarden (Tanpa Ulen)

Tags

Assalamu'alaykum


Setelah bikin pizza yang terakhir kali, orang rumah minta dibuatkan pizza kembali. Lha kok kayaknya ketagihan gitu ya hihihi..... Asik deh kalo kayak gini. Mungkin juga udah bosen dengan roti manis. Atau berubah seleranya terhadap rerotian ? Saya belum tau. Tapi bagaimanapun emak tetep seneng karena bisa jadi alasan untuk selalu uprek-uprek di dapur dan bermain-main dengan tepung. Untuk pizza kali ini saya pakai topping sarden kalengan. Sarden kaleng ini saya beli di warung dekat rumah. Jika gak ada sarden, ganti aja pakai tuna. Atau tongkol ? Enak kali ya pakai ikan tongkol untuk topping pizza ? Ih jadi pingin eksekusi tongkol untuk pizza deh. Kapan-kapan ah bikin pizza tongkol. Selain itu saya pakai saus putih untuk toppingnya. Biar ada variasi, gak pakai mozza atau cheddar. Penasaran gitu. Saya selalu membayangkan jika diberi saus putih berkeju rasanya pasti lembut. Eh bener deh. Lumayan juga tuh dikasih saus putih. Tapi jadi gak ada sensasi molor ala mozzarella ya. Atau kriuk kriuk ala cheddar. Meski begitu tetep enak. Sebelum kepanjangan, yuk cekidot resepnya.

Bahan :
400 gr terigu serbaguna
1 sdm susu bubuk
2 sdm margarine
4 gr garam halus
2 sdm gula pasir
5 gr ragi instant
275 ml air hangat

Topping :
8 sdm saus tomat, siap pakai atau homemade
2 kaleng sarden rasa tomat (@175 gr)
150 gr campuran buncis dan wortel, potong dadu, rebus matang (bisa diganti mix vegetable siap pakai)

Saus putih :
75 gr keju cheddar, parut halus
½ sdm terigu
Sejumput garam halus
300 ml susu cair
1 sdm margarine

* Saus Putih : campur semua bahan kecuali margarine di atas pan datar anti lengket. Aduk sampai rata dan licin. Nyalakan api, aduk-aduk terus sampai agak kental. Masukkan margarine, biarkan meleleh, aduk rata. Matikan api. Siap digunakan.

Loyang :
- 1 bh loyang pizza diameter 22cm
- 1 bh loyang persegi 22x26cm
Olesi semua loyang dengan minyak/mentega/margarin

Cara membuat :
1. Dalam wadah besar campur terigu, susu bubuk, margarine, gula pasir dan garam halus. Aduk aduk menggunakan sendok kayu atau centong nasi sampai adonan berbutir butir.

2. Taburkan ragi instant, tuangi air hangat. Aduk kembali menggunakan sendok sampai rata. Bulatkan. Tutup dan sisihkan sampai mengembang dua kali lipat atau lebih.

3. Ambil daging sarden, haluskan kemudian campurkan kembali dengan kuahnya. Siapkan loyang olesi minyak/mentega.

4. Lumuri tangan dengan minyak. Kempiskan adonan. Ambil 1/3 bagian, ratakan di atas loyang bulat 22cm. Tusuk-tusuk dasarnya dengan garpu. Kemudian olesi saus tomat. Beri sarden beserta kuahnya. Taburkan campuran wortel buncis rebus. Sisihkan. Lakukan hal yang sama dengan sisa adonan (2/3) untuk loyang persegi.

5. Panaskan oven suhu 190°C. Beri saus putih di atas adonan. Panggang selama 20 menit.


Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

2 komentar

ahai buat pizza lagi... yeayyyy..ini pasti enak deh.. mau juga..

Hahahah....bikin nagih pizzanya. Nih, diriku udah nyimpan beberapa resep pizza buat praktek kapan kapan.

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon