Roti Sobek Kentang Pandan

Tags


Assalamu'alaykum


Mau mengabarkan berita duka dulu ya. Teman food blogger kita, mb Sitti Taslimah pada hari Sabtu 17 November 2018 telah meninggalkan kita semua 😭😭😭 Mbak Sitti dipanggil Allah ketika subuh tiba. Saya dapat kabar dari mb Monica Rampo. Langsung shock, lemas dan merinding sekujur badan saya mendengar berita tersebut. Langsung speechless dan kepala berasa gak connect dengan apapun saat itu juga. Selang satu jam, barulah saya buka fb yang ditunjukkan mb Monic pakai screenshot sebelumnya. Dan ternyata benar. Ya Allah 😭😭😭 Awal November ini mb Sitti masih sering mondar mandir di beranda fb saya jualan jasa logo. Saya bener bener kaget dibuatnya dengan berita ini. Masih tak percaya rasanya jika mb Sitti telah tiada 😭😭😭 Saya juga masih berasa blank saat ini. Gak tau mau nulis apa. Nulis juga salah salah mulu. Hapus bolak balik. Duh mb Sitti, diriku sangat sedih kehilangan kamu. Kita tidak akan bisa komen lagi di blog masing masing huhuhu...... Sedari kemarin mataku berkaca kaca terus jika ingat dirimu. Nulis ini aja sambil nangis. Semoga engkau ditempatkan di sisi terbaikNya. Semoga engkau husnul khatimah.

أَللّٰهُمَّ اغْفِرلَها وَارْحَمْها وَعَافِها وَاعْفُ عَنْهَا وَاجْعَلِ الْجَنَّةَ مَثْوَاهَا

Allahummagh firlahaa warhamhaa wa’aafihaa wa’fu anhaa waj'alil jannata matswaahaa

Artinya:
"Ya Allah, ampunilah dia, berilah rahmat, sejahtera dan maafkanlah dia dan jadikanlah surga sebagai tempat peristirahatannya."

Aamiin 😭😭😭

Membuat roti ini sebenarnya saya sangat galau, antara mau bikin dan tidak. Masih shock dengan berita di atas. Jika bikin takut salah dan gagal. Tapi jika tidak, saya hanya akan bengong seharian. Bengong itu lebih tidak enak lagi rasanya. Serba salah kan jadinya. Akhirnya saya nekat bikin roti pandan ini. Eh bener deh. Salah nuangin cairan hingga harus menambah tepung lumayan banyak, hampir 100 gram kali. Untung rotinya berhasil mengembang maksimal. Waktu membentuk pun menurut saya, hasilnya lebih jelek daripada biasanya. Ketika memanggang, saya tinggal nonton tv, tapi pikiran ke mana mana. Hampir gosyong itu permukaannya. Buru buru dikeluarkan dari oven. Huuffttt. Meski sedikit gelap tapi hanya satu sisi saja. Bagian lain masih terlihat cantik jika dilihat. Sabtu kemarin benar benar merupakan hari paling sedih buat saya 😭😭😭 Sekarang kita lihat resepnya yuk (masih berasa lemas 😢😢😢).

Bahan roti :
500 gr terigu serbaguna
150 gr kentang rebus halus (dihaluskan baru ditimbang)
50 gr susu bubuk fullcream
100 gr gula pasir
7 gr ragi instant
1 butir telur utuh
120 ml santan pandan dingin (pakai 15 lbr daun pandan yang diblend dengan santan kemudian disaring)
2 sdm mentega tawar
¾ sdt garam halus

Telur kocok untuk olesan sebelum dipanggang
Mentega atau margarin untuk olesan setelah dipanggang

Siapkan loyang berikut ini :
- 2 buah loyang brownies ukuran 20x10x4cm
- loyang lebar untuk roti pisang
Alasi semua loyang dengan kertas roti dan oles dengan mentega/margarine/minyak di semua bagian loyang. Sisihkan.

Cara membuat :
1. Roti : campur jadi satu terigu, susu bubuk, gula pasir dan ragi instant dalam wadah besar, aduk rata. Buat lubang di tengah.

2. Masukkan telur. Menyusul santan pandan sambil diuleni. Tuang santan sedikit demi sedikit. Uleni sampai menggumpal dan sedikit lengket.

3. Masukkan mentega dan garam. Lanjutkan mengulen sampai kalis elastis.

4. Tanpa fermentasi, timbang adonan masing masing seberat 50gr. Bulatkan. Sisihkan 10 menit supaya relax (hasilnya jadi 25 pcs).

5. Loyang brownies : ambil 1 pc adonan. Tipiskan kemudian gulung sambil dipadatkan (tanpa isi alias kosong). Letakkan berjajar di loyang @ 6pcs.

Note:
* Loyang ukuran 20x10x4 cm menggunakan 300 gram adonan.

6. Untuk roti pisang, tipiskan adonan, beri isian pisang. Gulung setengah bagian. Sisanya dikerat kemudian gulung sampai habis. Tata di atas loyang lebar. Fermentasikan semua adonan hingga naik 80-90% dari tinggi loyang untuk roti sobek. Sedang roti pisang cukup 50% dari ukuran semula

7. Panaskan oven suhu 190°C. Olesi permukaan roti dengn telur kocok. Panggang sampai permukan kuning kecoklatan. Keluarkan dari oven. Selagi panas oles mentega.

Hasil : 2 loyang roti sobek dan 8 pcs roti pisang


Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

6 komentar

Iya ya mba masih ga percaya deh mba Ima sudah tiada..blog kita akan sepi mba tanpa mba Ima lagi..dan kita ga bisa lagi baca postingan mba Ima..hiks..
Seharian itu rasanya galau deh mba dengar kabar ini..

Btw..banyak jadinya roti ini ya mba... Hmmm enak nih ngemil roti mendung2 begini hbs hujan

Iya rasanya antara percaya dan tidak. Gak bakalan ada komen mb Sitti lagi di blog kita huhuhu

Lumayan buat cemilan meski bentuknya embuh gak karuan. Lebih jelek daripada biasanya. Yang bikin masih blank kepalanya

Hah? Roti sobek kentang pandan...? Hah? Gimana?? Gimana??
Liat gambarnya kok enak ya mbak :D Rotinya minta dicaplok.

Oh iya, aku turut berduka cita untuk Almh. Sitti Taslimah . Semoga beliau diampuni segala kekhilafannya, diterima amal baiknya dan mendapat tempat terbaik di sisi Allah. Amin ya rabbal alamin.

mba Siti Taslimah sakit mba ? Innalillahi wa innailaihi roji'un... baru baca berita ini...

Belum pernah nyobain roti tersebut ? Saya aja baru sekali ini bikin roti kentang. Kentang tuh membuat tekstur roti jadi lembut. Enak lhoooo (kompor)

Aamiin ya rabbal 'alamiin. Terimakasih untuk doanya 😄

Iya mb Dwee, kena kanker usus. Dan akhirnya, hiks....

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon