Banana Pie (Pai Pisang)

Assalamu'alaykum


Memberdayakan pisang uli yang sudah menghitam kulitnya nih. Beberapa waktu lalu bikin pai nanas yang disukai, kali ini bikin pai lagi dengan isian pisang. Gampil yah cara bikinnya. Tetep nyontek resep sebelumnya untuk menghasilkan kulit pai yang renyah. Pai tanpa telur. Bisa dibayangin kan pai dengan isian pisang yang manis dan legit. Bakalan bikin nagih hihihi...

Bahan Kulit :
200 gr terigu serbaguna
¼ sdt garam
100 gr mentega tawar dingin dari kulkas
40 gr gula pasir
5 sdm air es
Telur kocok untuk olesan

Bahan isi :
1 sdm mentega
500 gr pisang uli, potong bulat
75 gr gula pasir
¼ sdt garam
3 cm kulit kayu manis
3 kuntum cengkih
100 ml air
2 sdm pati jagung, larutkan dalam 50 ml air dingin

Note :
* Penggunaan gula pasir menyesuaikan tingkat kemanisan pisang ya. Jika pisang agak tawar, gula pasir bisa ditambahkan ketika dimasak.

Toping : keju cheddar dan coklat meises

Cara membuat :
1. Siapkan loyang pie bongkar pasang diameter 20cm. Oles mentega/margarin di semua bagiannya.

2. Dalam wadah besar campur terigu, gula pasir dan garam. Aduk rata.

3. Masukkan mentega dingin. Dengan menggunakan ujung jari, aduk aduk (rub) adonan hingga berbutir-butir sebesar kerikil. Jika tahap itu sudah tercapai, sedikit demi sedikit masukkan air es, aduk-aduk lagi asal rata. Adonan tetap berbutir-butir tapi berasa lebih lembab (seperti streusel gitu lho).

4. Ambil adonan, ratakan di atas loyang. Tekan-tekan menggunakan jari sehingga adonan bisa menutupi bagian dasar dan dinding loyang. Tusuk-tusuk dasar loyang menggunakan garpu. Masukkan dalam lemari es 20 menit. Sementara itu panaskan oven bersuhu 180'C.

5. Isi : campur mentega, pisang, gula, garam, kayu manis dan cengkih. Masak sampai berkaramel. Tuangi air, masak sampai pisang lunak. Koreksi rasanya. Jika kurang manis, tambahkan gula.
Terakhir masukkan larutan pati jagung, aduk sampai adonan jadi lengket dan kental.

6. Keluarkan adonan pie dari lemari es. Tuang filling pisang di atasnya, ratakan. Parutkan keju di atasnya dan taburi coklat meises.

7. Panggang selama 20 menit, olesi telur kocok. Panggang lagi sampai matang dan berwarna kuning kecoklatan, selama +- 20 menit.

Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

3 komentar

mba Rina... mau... enak banget kayaknya pai nya

Wah rada telat balasnya nih. Diriku beberapa hari jarang di rumah. Selain kondangan, diajak halan halan sama teman nih hihihi....

Banana pie tuh enak lho. Buat variasi biar gak isi vla mulu hihihi...

hmmm kayaknya enak banget ini. cobain ahhh. THanks ya

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon