Schotel Tape Singkong


Assalamu'alaykum


Idul Fitri hampir sebulan berlalu dan alhamdulillah abang penjual tape sudah wira wiri di depan rumah. Langsung kepikir pingin bikin cemilan berbahan dasar tape singkong. Jika dibikin prol tape, udah biasa. Cake tape sudah sering. Langsung buka blog sendiri sambil mikir makanan apa yang belum pernah dibikin. Ketika saya buka Schotel Mie, seketika itu juga muncul ide mau bikin schotel aja dari tape. Sip deh. Resep yang biasanya dari makaroni ini bahan dasarnya bisa dimodif sesuai selera ya. Bisa gurih atau manis. Setelah matang schotel ini mirip prol tape tapi lebih lembut. Bagaimana jika dibuat pakai pisang ? Boleh juga tuh. Terserah sesuai selera saja. Ini resep bisa dibilang anti gagal karena cuma cemplang cemplung kemudian aduk-aduk doang. Nah gampil kan. Silakan ceki-ceki resepnya yesss 👇👇👇

Bahan :
800 gr tape singkong yang manis dan empuk
400 ml susu cair hangat full cream
3 sdm gula pasir
¼ sdt garam halus
2 butir telur utuh

Lapisan atas :
2 sdm margarin
2 sdm terigu
350 ml susu cair

Taburan :
Keju cheddar parut, kismis, chocochips

Cara membuat :
1. Siapkan pinggan olesi minyak/mentega/margarin. Di sini saya pakai 2 bh mangkuk volume 300 ml dan 1 bh pyrex ukuran 17x17x4 cm

2. Bersihkan tape dari seratnya. Potong dadu sesuai selera, kemudian tata di dalam pinggan setinggi 3/4 dari tinggi pinggan. Sisihkan.

3. Dalam wadah besar campur susu hangat, gula dan garam. Aduk sampai gula larut. Menyusul telur, aduk rata. Tuang ke atas tape sampai tape terendam. Jadi tingginya cairan sama dengan tapenya ya. Sisihkan.

4. Panaskan oven suhu 180'C.

5. Lapisan atas : panaskan margarin sampai meleleh. Masukkan terigu, aduk sampai rata. Tuangi susu sedikit demi sedikit, sambil diaduk-aduk sampai adonan licin dan kental. Segera tuang ke atas tape tadi. Taburi keju parut, kismis dan chocochips.

6. Panggang dalam oven selama 30 menit sampai keju berubah warna kuning kecoklatan. Keluarkan dari oven, dinginkan.

Note :
* Di resep ini saya menggunakan 2 cara dalam memanggang. Panggang biasa (tanpa air panas) dan menggunakan air panas atau steam bake. Dengan steam bake bisa menghasilkan tekstur yang lembut, dan moist membelai lidah.



مَا خَلْقُكُمْ وَلَا بَعْثُكُمْ اِلَّا كَنَفْسٍ وَّاحِدَةٍ   ۗ  اِنَّ اللّٰهَ سَمِيْعٌۢ بَصِيْرٌ

"Menciptakan dan membangkitkan kamu (bagi Allah) hanyalah seperti (menciptakan dan membangkitkan) satu jiwa saja (mudah). Sesungguhnya Allah Maha Mendengar, Maha Melihat."

(QS. Luqman: Ayat 28)

* Via Al-Qur'an Muslimah https://goo.gl/hWQsvK

Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

4 komentar

Saya tidak suka tape tapi kok jadi ngiler ya liat foto di atas? Apalagi mbak Rina bilang teksturnya lembut dan moist membelai lidah. Jadi penasaran sama rasanya. Andai rumah mbak Rina dekat, saya bisa ikut icip-icip deh, heheheh.

Hahahah...lebay ya kalimat di atas hihihihi....mau selembut apa sih kalo tape itu ?

Jangan dibandingkan kayak vla lho. Kalo vla emang lembut banget. Lha kalo tape kan terbuat dari singkong yang mengandung karbohidrat tinggi. Jadi, meski lembut tapi tekstur tetep padet ya.

Rasanya pasti asam-asam manis. Enak dilidah.

Ya bener asem asem manis. Cucok jadi pencuci mulut setelah makan berat

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon