Gemblong Nasi

Assalamu'alaykum


Apa kabar ? Masih puasa kan ya, hehehe....Setiap bulan puasa tidak jarang ada sisa nasi di meja makan. Kadang bingung ya mau dibuat apaan. Saya pun juga sama. Sudah beberapa hari terakhir ada sisa nasi. Karena khawatir basi dan terbuang, saya mikir dibuat cemilan apa gitu. Sudah lama sih pingin bikin gemblong nasi. Memanfaatkan sisa nasi yang ada. Bahan dan caranya gampil banget. Oh ya gemblong nih ada yang menyebut getas juga. Lumayan deh buat cemilan buka puasa.

Bahan :
250 gr nasi putih
100 gr kelapa parut
60 gr tapioka/aci/kanji
½ sdt garam
50 ml santan sedang

Pelapis :
100 gr gula pasir
50 ml air

Cara membuat :
1. Campur nasi, kelapa, tapioka dan garam. Aduk rata. Tuangi santan, aduk sampai rata kembali.

2. Panaskan minyak goreng agak banyak. Bentuk adonan nasi bulat pipih atau oval. Segera masukkan ke dalam minyak panas. Goreng sampai kecoklatan. Balik sekali dan goreng sampai matang. Angkat, tiriskan. Lakukan hal yang sama sampai adonan habis.

3. Pelapis : campur gula dan air di atas wok (wajan cekung). Panaskan menggunakan api sedang sampai berbuih dan mengental.

4. Kecilkan api. Segera masukkan semua gemblong kemudian aduk cepat, sampai gemblong tersalut gula. Angkat gemblong dari api. Dinginkan.


Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

10 komentar

Jadi bisa memanfaatkan nasi sisa hehe

mmm.. lumayan untuk camilan berbuka puasa..

Apa kabar mas ramadani ?
Iya lumayan, biar nasi gak kebuang.
Makasih tuk kunjungannya mas, hehe...

Yes...cemilan lumayan buat buka puasa. Salam kenal ya mas Indra

Kalau mamak saya yang buat pakai nasi ketan. kalau ini nasi biasa, apakah rasanya menggigit gitu?

mbak, gemblong ini kalo dijawa kayak getas yang dari ketan itu bukan?

Bisa juga yaa ternyata memanfaatkan nasi sisa , haha

Kalau dari nasi rasanya lembut gak selegit pakai ketan sih. Tetep lebih enak pakai ketan, buat saya.

Iya mb Nita, ada yang nyebut getas ketan. Enak ya karena pakai kelapa parut.

Biasalah mas emak emak ngirit. Jadinya kreatif hihihihi....

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon