Ikan Nila Masak Tauco

Tags

Assalamu'alaykum


Nyaris saja saya lupa mau bikin preambul untuk postingan ini (penting gak sih). Biasa, kalo merasa diburu waktu maunya cepet selesai. Setelah ngetik resep langsung maunya dipublish, padahal preambul belum ditulis. Nah preambulnya begini nih. Seperti boasa jika belanja di tukang sayur sering mendapat sisa-sisa barang dagangan. Iyalah wong tukang sayur datangnya siang. Sebenarnya ada yang datang agak pagian, tapi saya sering mati ide jika pagi hari sudah disamperin mbak sayur. Akhirnya saya beli aja dagangan si mbak seadanya. Si mbak usul untuk masak ikan nila pakai tauco. Berhubung bahannya ada semua, yo wis saya manut dengan advice si mbak (halah pakai advice segala). Seumur-umur baru kali ini saya masak ikan nila pakai tauco. Rasanya gimana ? Embuh, wong ketika ditulis, belum waktunya buka puasa hihi.... Tapi saya yakin jika rasanya pasti endeus. Pingin resepnya ? Yuk capcus....

Bahan :
4 ekor ikan nila, dikerat-kerat
1 buah air jeruk nipis, diambil airnya
1 sendok teh garam
Tepung bumbu serbaguna, secukupnya
Minyak untuk menggoreng

3 sendok makan tauco
1/2 sdt garam
1 sendok teh gula pasir
100 ml air
3 lbr daun jeruk
1 batang daun bawang, diiris miring

Bumbu iris :
1/2 butir bawang bombay
4 butir bawang merah
2 siung bawang putih
10 bh cabe hijau keriting
10 bh cabe merah keriting

Cara membuat :
1. Lumuri ikan bersama air jeruk nipis, dan garam. Diamkan 15 menit. Bilas. Taburi tepung bumbu kemudian goreng di dalam minyak yang sudah dipanaskan sampai matang. Angkat. Tiriskan.

2. Panaskan sedikit minyak. Tumis bumbu iris sampai layu dan harum. Tambahkan taoco. Aduk rata.

3. Tuangkan air, bumbui garam, dan gula. Aduk rata. Masukkan daun jeruk. Masak sampai mendidih. Masukkan ikan. Biarkan sebentar. Angkat. Taburkan daun bawang.


Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

10 komentar

Bayangin ikan nila dimasak tauco ini ... jadi bikin nambah makannya 😁, meski aku lagi ngga makan ikan nila
Hehehe

Ikan nila, mantaplah. cocok buat sahur dan berbuka puasa nih.

Assalamu'alaikum.
Hai, mbak Rina. Duh, baru sempat main ke sini lagi setelah sekian lama.
Saya jadi ketinggalan banyak resep nih di sini.

Menurut saya preambul itu penting, mbak. Entah deh menurut yang lain, hehehe.

Wah kenapa mas gak makan nila ? Pantangan ya ? Padahal enak lho. Dibakar juga sedep tuh ikan nila.

Iya, enak dan pas banget buat sahur atau buka puasa

Wa'alaykumussalam mb Sitti

Yeay akhirnya mba Sitti muncul juga. Kangen deh diriku. Lama gak dengar kabarnya, diriku suka khawatir sama mb Sitti. Kapan hari sempat WA sama mb Monic, kepoin mb Sitti gitu hahahahaha.....duh seneng diriku akhirnya mb Sitti muncul di sini lagi. Peluuuuukkkkk......
Sehat sehat selalu ya mb Sitti....

Aamiin.
Makasih banyak, mba Rina.
WA saya belum aktif lagi, mbak. Habis ganti HP soalnya.

Gpp. Yang penting mb Sitti sehat dan jangan banyak pikiran lagi biar gak kumat ya

Ikan masak tauco jadi ide masak karena langganan sayur datang siang hehe
kadang saya juga suka bingung dengan menu harian
tapi alhamdulillah ada aja ide buat olah/olah kadang di luar dugaan gitu deh

waallaikumsallam

Ayo Um dicobain. Kadang kalo kepepet ya gitu emang. Ide langsung datang begitu saja. Bahan seadanya bisa diolah jadi hidangan yang enak.

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon