Sup Tahu Tauco


Assalamu'alaykum


Setelah kemarin bikin Ikan Nila Masak Tauco, di kulkas masih ada sisa tauco. Kali ini dimasak sup aja yang gampil. Cuaca yang panas hujan di Ciledug membuat saya ngiler karena membayangkan buka puasa menyeruput sup hangat-hangat. Weleeeehhh..... Selama ini jika masak sup, tidak pernah pakai tauco. Bumbunya standar aja, garam gula merica dan pala. Tapi lama lama kok bosen gitu. Baiklah, sekarang waktunya emak bereksperimen pakai bumbu tauco. Setelah matang maa syaa allah enak lho. Ada sensasi klethis klethis ketika ketemu biji kedelenya. Enak, manis gurih tauconya. Duh kalo begini emak bisa ketagihan dong masak sup tauco. Kapan-kapan bikin lagi ah sup kayak gini. Capcus resepnya yuk...

E iya pic di belakang yang wadah mangkuk itu Sambal Tahu Bawang Bombay. Tadi lupa gak difoto. Jika longgar, in syaa allah saya tulis resepnya ya.

Bahan :
1/2 ekor ayam, potong 12
1.000 (1 liter) air
1 sdm margarin
½ butir bawang bombay, potong dadu kecil
3 siung bawang putih, cincang
3 sdm tauco
1 sdt garam
1 sdt gula pasir
½ sdt merica bubuk
⅛ sdt pala bubuk
2 batang wortel, potong bulat
1 butirbkentang, potong dadu
15 batang buncis, potong 3 cm
300 gr tahu kuning, cuci air panas, potong dadu
100 gr kol/kubis
1 butir tomat merah, potong kasar
1 batang daun bawang, potong 2 cm
Bawang goreng untuk taburan

Cara membuat :
1. Lumuri ayam dengan air jeruk nipis, biarkan 10 menit, bilas bersih. Rebus ayam dan air sampai mendidih. Begitu mendidih buang semua kotoran dan lemak yang mengapung di atasnya supaya bersih dan tidak bau. Lanjutkan merebus sampai ayam empuk.

2. Sementara itu panaskan margarin sampai meleleh, tumis bawang bombay dan bawang putih sampai layu. Menyusul tauco, aduk-aduk sampai harum. Masukkan tumisan ke dalam rebusan ayam tadi.

3. Bumbui dengan garam, gula, merica dan pala. Jika sudah pas masukkan wortel, kentang, buncis dan tahu. Masak sampai matang.

4. Setelah sayur matang, terakhir masukkan kol, daun bawang dan tomat. Setelah kol layu matikan api. Sajikan bersama taburan bawang goreng.


Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

8 komentar

Enak banget nih kayaknya hehe

Ya mas. Enak dan seger pastinya

Jadi ini kolaborasi sop dengan taucho ya? Wah kebayang rasanya jadi ingin mencoba resepnya
bisa jadi hidangan istimewa di buka puasa cocok ya

Betul. Biar sup nya bervariasi gak itu-itu aja. Biar gak bosen lah

jiahhhh idenya mba Rina... hmmm enak kayaknya ini...

salah kamar kayaknya saya.. di siang bolong, masuk ruangan penuh makanan.. :))

saya sampai sekarang masih bertanya2 seperti apa kegunaan tauco..
but, saya paling hobi memasak varian tahu..

Yoi. Asli seger buat buka puasa ini sup 😁😁

Salam kenal mas Affan
Hahaha.....emang, di sini isi blognya makanan semua hahaha....


Tauco itu hasil fermentasi kedelai mas. Coba ke Supermarket yang rada gede. Biasanya ada kok. Tapi kemasan botol ya. Kalo di Ciledug, beli di tukang sayur pun sudah tersedia. Met hunting tauco ya 😄😄

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon