Sambel Tumpang Kikil Tahu


Assalamu'alaykum


Tanpa disangka ketika buka kulkas saya menemukan 1 lonjor tempe. Setelah dicek alamaaakkk udah kecoklatan alias semangit. Jadi teringat jika seminggu yang lalu saya beli tempe dan langsung masuk kulkas. Akhirnya terlupa. Langsung kepikir bikin sambel tumpang kalo begini. Sambel tumpang yang saya buat biasanya untuk teman nasi, tanpa sayur mayur seperti pecel. Saya menyukai sambel tumpang yang langsung diguyur ke atas nasi. Warna sambel tumpang pun merah karena pakai cabai. Tidak putih pucat seperti umumnya sambel tumpang. Saya tidak berselera jika melihat sambal tumpang putih. Lebih menarik yang merah. Jadi mirip seperti sambel goreng. Untuk isinya pakai tahu, kikil sapi dan kacang tholo. Ciri khas tumpang adalah menggunakan tempe semangit. Untuk menghilangkan aroma tempe semangit, maka semua bumbu direbus dulu jadi satu sebelum dihaluskan. Selain itu pakai daun jeruk agak banyakan. Sedang untuk memperkaya rasa dipakein ebi biar sedep. Sayangnya ebi saya habis. Di kulkas kebetulan masih ada rebon sisa bikin pempek rebon tempo hari. Pakai rebon aja deh sebagai penyedapnya. Enak juga kok gak kalah sama ebi. Sambel tumpang paling yahud jika sudah menginap semalam. Yuk intip resepnya....

Mau lihat resep sambel tumpang yang lain ? Klik di SINI dan SINI ya.

Bahan :
10 bh tahu goreng segitiga, potong sesuai selera
300 gr kikil sapi rebus, potong dadu
75 gr kacang tholo, rebus sampai empuk
50 gr rebon, cuci bersih, seduh air panas, tiriskan
10 lbr daun jeruk purut
2 lbr daun salam
3 cm lengkuas, memarkan
10 bh cabe rawit merah utuh
1 sdt garam
2-3 sdt gula merah
600 ml santan dari 1/2 butir kelapa tua 

Bahan rebus :
600 ml air
225 gr tempe semangit, dipotong-potong
200 gr tempe segar, potong-potong
3 bh cabe merah besar
10 bh cabe merah keriting
10 butir bawang merah
5 siung bawang putih
2 cm kencur
4 cm kunyit

Cara membuat :
1. Dalam sebuah panci tuangkan air dan masukkan semua bahan rebus. Semua bahan harus terendam air. Jika kurang, tambahkan airnya. Rebus semua bahan sampai matang dan air agak menyusut +- 15 menit.

2. Angkat dan tiriskan semua bahan rebus kemudian dihaluskan/diuleg bersama rebon. Air sisa rebusan jangan dibuang ya.

3. Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu halus kemudian masukkan daun salam, daun jeruk dan lengkuas.  Tuangkan bahan tumisan ke dalam air sisa rebusan bumbu. Masukkan tahu, kikil dan kacang tholo beserta cabe rawit utuh.

4. Beri garam, gula dan santan. Rebus sampai mendidih dan koreksi rasanya. Jika suka boleh pake kaldu bubuk atau penyedap rasa. Masak sampai matang. Angkat dan sajikan bersama nasi hangat.



Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

4 komentar

Yang berbahan kikil ini paling saya suka, hehe
Pasti enak ya mba

Mungkin kalau dikampung saya namanya botok tempe, dari bahan tempe yang sudah gimana gitu.

Ayuk mas, kumendan dirayu supaya bikin hihihi...

Kikil sapi ini gantinya krecek sebenarnya. Lha ndak nemu krecek di tukang sayur, pakai kikil aja toh sama sama terbuat dari kulit sapi

Bothok tempe bahan utamanya dari kelapa ya. Dikasih tempe semangit juga. Pernah kok saya makan bothok tempe pakai tempe semangit sebagai bumbunya. Enak. Endess bener.

Kalo sambel tumpang ni biasanya diguyur di atas sayur rebus seperti pecel gitu cuma bumbu kacangnya diganti sambal tumpang ini. Tapi saya gak doyan pecel tumpang. Pilih pecel bumbu kacang seperti biasa aja.

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon