Puding Coklat Kopi Biskuit

Tags


Assalamu'alaykum


Bikin puding biar ada cemilan di rumah. Sambil memberdayakan kopi hitam yang sudah nganggur lama. Resepnya gampil kok. Adaptasi dari Puding Oreo Milo. Tau kan ? Kalau gak tau googling yah. Karena gak ada stock Milo, pakai coklat batang dan kopi aja. Saya pakai kopi 1/2 sdt, biar ada rasa sedikit pait dan bisa tidur hihi....saya bukan peminum kopi hitam. Pernah sih dulu waktu masih kuliah, iseng nyeruput kopinya bapak. Padahal kopinya adalah kopi hitam yang baru saja digiling. Jadi rasa kafeinnya kuat sekali. Alhasil saya melek semalaman hihihi....Pernah juga sewaktu mudik ke Solo, diajak nongkrong di kedai kopi oleh adik saya. Kedai kopi terkenal itu loh yang franchise dari luar. Sudah pesan yang kandungan kafeinnya paling rendah, teteuuuppp malamnya saya gak bisa tidur. Meleeeeekkk aja. Mana sendirian lagi. Cuma penthola-pentholo gak tau mesti ngapain. Menjelang subuh baru mata terasa berat. Saya gak biasa begadang. Memang dari kecil dilarang begadang dan saya patuh (idddiihhh anak baek ya hihihi). Dan sampai sekarang saya gak bisa yang namanya begadang. Jam 21.00 tepat harus sudah tidur. Kadang sebelum jam itu saya sudah merem. Apalagi kalo siang sudah sibuk, tanpa bokci alias bobok ciang, habis Isya' dipastikan sudah 'ilang' saya. Kayak bayi ya hihihi.....Jika kepaksa begadang, efeknya luar biasa. Kepala sangat pusing, badan lelah dan mudah emosi. Duh kapok dah. Karena itulah saya berusaha tidur malam tepat waktu. Dan, tidak ngopi supaya mudah tidur. Lah ini kok malah ngelantur ya. Mesti gegara kopi hitam nih ngomongnya ke mana mana hihihi 😁😁😁 Kalo gak distop pasti jadi gak karuan ngocehnya. Hayuk ah cekidot resepnya.

Bahan :
1.300 ml susu cair
100 gr coklat batang putih, cincang kasar
1 pack (7 gr) agar agar bubuk plain
1 pack (4 gr) jelly bubuk (misal nutrijel)
100 gr gula pasir
⅛ sdt garam halus
100 gr coklat batang susu/dark, cincang kasar
½ sdt kopi instant, misal Nescafe Classic
12 tangkup biskuit coklat beserta krim, patahkan, misal Oreo, Goriorio, Togo dll

Cara membuat :
1. Siapkan loyang puding volume 1600 ml. Basahi air, sisihkan.
2. Rebus jadi satu sampai mendidih susu, coklat putih, agar-agar, jelly bubuk, gula pasir dan garam. Koreksi rasanya. Jika kurang manis tambahkan gula.

Note :
* Jika tidak punya coklat batang putih ganti saja dengan 100 ml susu kental manis putih. Bahan dasar coklat putih adalah susu. Jadi susu kental manis bisa menggantikannya.

3. Bagi jadi 2 bagian. Satu bagian diberi coklat susu/dark dan kopi instant. Sisanya biarkan putih.

4. Rebus agar-agar coklat kopi sampai larut. Tuang ⅔ bagian agar-agar coklat ke dalam cetakan. Biarkan setengah beku.

4. Ambil adonan putih. Jika telanjur beku didihkan kembali. Matikan api.  Tuang semua adonan putih ke dalam cetakan. Pelan-pelan gunakan sendok sayur. Dimulai dari pinggir cetakan. Taburkan patahan biskuit coklat. Biarkan setengah beku.

5. Panaskan sisa puding coklat hingga mendidih kembali. Pelan-pelan, tuang ke atas puding putih. Biarkan beku sepenuhnya.

Nabi صلّى الله عليه وسلّم bersabda:

إنَّ البيت ليُتلى  فيه القرآن؛ فيتراءى لأهلِ السماء كما تتراءى النجومُ لأهل الأرض

*"Sesungguhnya rumah yang dibacakan di dalamnya al-Qur'an, maka rumah tersebut akan terlihat oleh para penduduk langit* sebagaimana terlihatnya bintang-bintang oleh penduduk bumi."
[Hadits dikeluarkan oleh Ahmad, Adz-Dzahabiy, Lihat kitab ash-Shahihah no. 3112].


Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon