Halaman

Kamis, 26 Maret 2015

Tahu Isi Pedas

Assalamualaykum


Orak-arik pedas yang kemarin saya buat sebagian dipake untuk tahu isi. Biasanya saya beli saja karena males bikin hehe...
Tahu isi gini ada juga yang nyebut tahu susur. Kenapa tahu susur ? Karena isinya mirip dengan tembakau yang dipake nenek-nenek untuk nyirih. Di daerah lain ada yang nyebut tahu brontak. Gorengan macam ini paling enak dinikmati ketika masih hangat. Apalagi kemarin hujan, pas deh makan gorengan anget-anget.

Bahan orak-arik :
1 sdt kecap ikan/asin
2 bh wortel, potong/serut bentuk korek api
1 tongkol jagung manis, sisir/pipil bijinya
50 ml air
8 lbr kol/kubis, iris tipis
1 batang daun bawang, iris tipis
1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/4 sdt merica bubuk
1 sdt saus tiram

Bumbu iris untuk orak-arik :
5 butir bawang merah
2 siung bawang putih
8 bh cabe merah keriting
3 bh cabe rawit merah

Bahan tahu :
10 bh tahu sumedang/tahu pong
1 siung bw putih
1 cm kunyit
2 butir kemiri
1/2 sdt garam

Bahan celupan untuk tahu :
4 sdm munjung terigu
1 sdm munjung tapioka/kanji
200-300 ml air

Cara membuat :
  1. Tumis bumbu iris sampai harum, beri kecap ikan.
  2. Masukkan wortel dan jagung manis. Tuangi air dan masak sampai matang. 
  3. Menyusul kol dan daun bawang, beri garam, gula, merica, dan saus tiram aduk sampai rata.  Cek rasanya.
  4. Aduk-aduk dan masak sampai sayurnya layu. Angkat, dinginkan.
  5. Belah tahu tidak putus, beri isi sampai penuh. Sisihkan.
  6. Haluskan bawang putih, kunyit, kemiri dan garam. Campur terigu, tapioka dan bumbu halus, beri air sampai adonan rata dan cenderung agak encer. Tapi jangan keenceran, nanti tahunya tidak bisa terselimuti adonan tepung.
  7. Masukkan tahu isi ke dalam celupan. Goreng sampai matang dan kering. Angkat dan tiriskan. Sajikan hangat.

7 komentar:

  1. Di jombang bilqngnya tahu isi..kadang nyebut tahu brontak.dicocol pake petis pedes huenak

    BalasHapus
  2. Di jombang bilqngnya tahu isi..kadang nyebut tahu brontak.dicocol pake petis pedes huenak

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake petis ya ? Di ciledug susah cari petis nih huhu...

      Hapus
  3. kalo ga pake kecap asin bisa di ganti apa gitu mba???

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak usah dipake nggak papa kok. Hilangkan saja dari resep. Met bikin yah

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.