Laman

Jumat, 27 Maret 2015

Gadon Tahu Kacang Tholo

Assalamualaykum


Ketika belanja di tukang sayur, seperti biasa deh kalo datang siang mesti udah banyak yang habis. Cuma ada lauk tahu dan daun pisang.
Segera kepikir untuk bikin pepes tahu aja karena udah lama nggak bikin. Setelah selesai belanja langsung buka internet. Banyak sekali variasi pepes tahu, tapi saya malah kecantol gadon tahu kacang tholo resepnya Pak Wied Harry. Biasanya gadon yang merupakan lauk khas Jawa ini terbuat dari daging. Tapi oleh Pak Wied dikreasikan dengan membuatnya dari tahu. Selain itu karena saya punya stock kacang tholo di kulkas yang cukup banyak. Malah ada udang beku di freezer pulak. Meski idenya nyontek pak Wied, tapi saya tetep melakukan modifikasi ya karena resep aslinya tanpa udang. Begitupun daun jeruk. Daun jeruk yang seharusnya diiris tipis diganti daun bawang karena nggak punya. Jika pake daun jeruk pasti wangi deh. Cara bikinnya gampang kok karena semua bahan dicampur jadi satu kemudian dibungkus daun pisang dan dikukus. Setelah matang enak. Apalagi ada udang di balik tahu. Sedep betul.....

Bahan :
75 gr kacang tholo/kacang tunggak
300 ml air
400 gr tahu putih
100 gr udang kupas, cincang kasar
1 batang daun bawang, iris tipis
1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
50 ml santan kental dari 1/4 butir kelapa (pake santan kemasan juga ok)
1 butir telur utuh
cabe rawit merah utuh, secukupnya
daun pisang dan lidi

Bumbu tumbuk :
1/2 sdt jintan sangrai
1 sdt ketumbar
4 butir kemiri
8 butir merica bulat
8 butir bawang merah
5 siung bawang putih

Cara membuat :
  1. Rebus air sampai mendidih kemudian masukkan kacang tholo. Tutup pancinya dan biarkan semalam sampai kacang tholo empuk. Keesokan harinya tiriskan dan uleg kasar. Sisihkan.
  2. Dalam wadah besar haluskan tahu kemudian masukkan kacang tholo, udang, daun bawang dan bumbu tumbuk. Beri garam, gula, santan dan telur, aduk sampai rata. Koreksi rasanya.
  3. Ambil daun pisang, letakkan 1-2 sdm adonan tahu. Beri 1-2 bh cabe rawit, bungkus bentuk tum dan semat dengan lidi.
  4. Kukus dalam dandang panas sampai matang selama 40 menit. Angkat dan dinginkan.
Hasil 10-12 bungkus

4 komentar:

  1. wuiih, sedep ini pastii
    btw, aku baru denger gadon mba.. telat beneeer, wkwkwk

    BalasHapus
  2. Bisa ditambah kemangi ini mba?

    -Yuanita-

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa banget. Campur aja dengan bahan lain. Tambah wangi malah. Di foto itu kalo saya makannya pake kemangi mentah.

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.