Halaman

Senin, 30 Maret 2015

Cuwek Masak Pedas Manis

Assalamualaykum


Beberapa waktu yang lalu ketika bapaknya anak-anak nganter sekolah, pulangnya mampir ke pasar dan bawa oleh-oleh ikan cuwek.
Kalo bawa oleh-oleh gini artinya minta dimasakin nih. Cuma saya bingung mau diolah apalagi gitu. Soalnya kalo di rumah ada cuwek lebih sering digoreng begitu aja kemudian disambelin. Kali ini saya masak pake kecap, cabe dan santan. Pemakaian santan bertujuan supaya rasanya gurih. Sedang kecap ini adalah favorit orang rumah. Kalo dimasak pake kecap nggak bakalan nolak deh semuanya. Seandainya diberi pete pasti tambah sedep yah. Tapi saya nggak pake karena nggak doyan sih hihi...

Bahan :
8 ekor ikan cuwek/pindang keranjang
2 lbr daun jeruk
2 lbr dan salam
2 cm lengkas, memarkan
8 bh cabe merah keriting, iris serong
3 bh cabe rawit merah, iris serong
250 ml santan dari 1/2 butir kelapa
3 sdm kecap manis
1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/4 sdt merica bubuk
1 sdt saus tiram
2 butir tomat hijau, potong kasar

Bumbu tumbuk :
1 sdt ketumbar
6 butir bawang merah
4 siung bawang putih
3 butir kemiri

Cara membuat :
  1. Cuci ikan cuwek kemudian goreng sampai matang. Angkat dan sisihkan.
  2. Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu tumbuk dan cabe sampai wangi. Menyusul daun jeruk, daun salam dan lengkuas. Aduk-aduk sampai cabe jadi layu.
  3. Tuangkan santan. beri garam, gula, merica dan saus tiram. Biarkan mendidih kemudian koreksi rasanya.
  4. Terakhir masukkan cuwek goreng dan biarkan kuah sedikit meresap. Sesaat sebelum diangkat masukkan tomat hijau. Matikan api dan sajikan.

2 komentar:

  1. Ini psti enak bgt mbaa..sy suka skali dg ikan cuwek,menu ini wajib sy cb,thanks ya mba...

    BalasHapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.