Lempeng Pisang Kelapa


Assalamu'alaykum


Mumpung di freezer nyimpen kelapa parut saya dapat ide bikin lempeng pisang. Dulu pernah sih bikin lempeng pisang. Enak lho lempeng pisang tuh. Snack manis dari Banjar ini sudah jadi favorit di rumah. Itu karena di rumah penggemar pisang. Diolah apapun tetep pada doyan. Lempeng yang adonannya sama dengan pisang goreng ini sangat pas disajikan bersama teh hangat. Apalagi ditambah kelapa parut. Lebih yummy rasanya. Oh ya penggunaan baking powder dalam adonan jangan diskip ya. Karena dicetak menggunakan cetakan kue lumpur, adonan akan jadi padat. Jika padat khawatir tidak bisa matang dalamnya. Karena hal itulah baking powder harus dipakai supaya adonan mengembang dan pori pori bisa ditembus oleh panas, yang mengakibatkan adonan bisa matang.

Berbeda jika digoreng pakai wajan biasa yang lebih lebar dan adonan berenang di dalam minyak. Baking powder boleh diskip. Adonan akan lebih mudah matang karena minyak panas bisa menembus ke dalam adonan. Sekarang jelas ya kenapa kok lempeng bantat ? Kenapa lempeng keras ? Perbedaan bentuk cetakan akan mempengaruhi hasil akhirnya. Nah karena sudah jelas, yuk capcus bikin lempeng pisangnya 👇👇👇


Bahan :
250 gr terigu serbaguna
1 sdt baking powder
3 sdm gula pasir
1/4 sdt garam
125 gr kelapa yang agak muda, kupas kulit arinya, parut kasar
1 butir telur utuh
300 ml susu cair
400 gr pisang uli, potong dadu kecil

Cara membuat :
1. Dalam wadah besar campur terigu, baking powder, gula dan garam, aduk rata. Masukkan kelapa parut, aduk rata. Menyusul telur. Aduk menggunakan whisker sambil dituangi susu cair sampai rata. Terakhir pisang dadu, aduk rata. Sisihkan.

2. Panaskan cetakan kue lumpur, olesi sedikit minyak/margarin. Setelah panas tuangkan adonan hingga rata dengan tinggi cetakan. Tutup cetakan dan panggang menggunakan api kecil sampai kering permukaannya. Jika disentuh tidak lengket artinya sudah kering.

3. Dengan menggunakan sendok makan, balik lempeng kemudian panggang lagi sampai kuning kecoklatan. Angkat dari cetakan. Lakukan hal yang sama sampai adonan habis.

Hasil : 21 pcs


Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

10 komentar

Olahan pisang emang nggak ada matinya, mba. Pisang juga termasuk buah yang mudah sekali didapatkan. Pisang di kampung saya harganya murah banget, mba. Bisa dapat 2 sampai 3 sisir hanya dengan 10ribu rupiah. Beda jauh dengan di Makassar.

Saya belum pernah buat lempeng pisang khas Banjar ini, seringnya bikin dadar pisang dari pisang dan terigu aja.

Yoi. Di Ciledug pisang juga murah mbak Sitti. Apalagi di rumah dekat pasar induk, jadi harganya bisa lebih murah lagi daripada pasar komplek.

Dadar pisang. Beda bentuknya aja sama lempeng meski sebenarnya sama sama pisang goreng kan ya 😁

aduhh..itu kue nyaaa bikinn laperrr......apalahi pagi-pagi makannya sama kopi...wihhh..mantaff

Enak ini,kak ☺
Olahan pisang dibikin apa saja yummy rasanya ...

Yess...apalagi ditemani hujan gerimis. Pas banget

Betul. Dikukus aja udah enak apalagi diolah macam macam makanan. Lebih yummy

mba Rina aku maulah itu lempeng pisangnya, kok kayaknya enak ya.. besar2 menggoda buat digigit

Saya baru denger lempeng pisang mba, kelihatan nya emang enak, jadi pengin nyobain, hehe

Sengaja bikin tebel biar cepet selesai. Lagian kalo digigit berasa empuk hihihi

Ini pisang goreng mas, cuma dicetak di cetakan kue lumpur. Kalo ga punya cetakan, goreng pakai wajan biasa aja

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon