Pull-Apart Pandan Bread...Sedap Dan Wangi Pandan Asli....


Assalamu'alaykum


Beberapa waktu terakhir gak bikin roti kok pingin ya. Mendadak pingin makan roti anget anget gitu. Membayangkan roti yang baru saja keluar dari oven trus disobek dikit dikit sambil menikmati aromanya yang wangi. Duh ngecess deh. Karena kemecer banget, pagi jam 7 saya langsung capcus nimbang bahan dan dengan asik menikmati prosesnya. Pake nguleni manual ya ?? Kagaaaaakkkk....ogah banget dong kalo disuruh nguleni manual wong udah ada Bread Master. Iddiihh kemayu hihihi.....Saya kalo bikin roti gak mesti pakai Bread Master sih. Kadang masih pakai adonan no knead bread. Suka suka aja sih mau pakai resep yang mana aja. Tapi kali ini saya memang lagi pingin pakai Bread Master. Roti ini tercipta karena menyimpan santan beku beku di freezer. Dan pingin bikin dengan bentuk yang berbeda dikit. Meski saya membuat roti sobek, tapi bentuknya berupa lembaran, bukan dibulet buletin seperti biasanya. Adonan ditipiskan seperti membuat cinnamon roll, dan kemudian dipotong persegi. Setelah dimasukkan ke dalam loyang, proses berikutnya sama dengan membuat roti pada umumnya. Untuk variasi saya menambahkan kismis dan chocochips ke dalam adonannya. Resepnya masih pakai santan dan daun pandan asli. Masih demen pakai resep itu karena cocok sih 👍👍

Setelah roti matang saya bingung, ini gimana motongnya ya. Gak cuman motong tapi bingung njepretnya juga ternyata. Lha rotinya tinggi banget tuh hahahaha....Total tingginya 12 cm deh 😁😁 hasil iseng menggunakan loyang chiffon cake hihihi....

Sesaat setelah matang.
 Masih panas dijepret bareng loyangnya sekalian


Note :
* Santan pandan dibuat dari 15 lembar daun pandan yang diblend bersama santan. Jika adonan terlalu pucat boleh ditambahkan 2-3 tetes pewarna hijau botolan.

Bahan :
500 gr terigu serbaguna
2 sdm susu bubuk
100 gr gula pasir
8 gr ragi instant
1 butir telur utuh
250 ml santan pandan
2 sdm mentega tawar
½ sdt garam halus
150 gr campuran kismis dan choco chips

Olesan adonan : mentega cair
Olesan sebelum dipanggang : 1 sdm telur kocok + ½ sdm susu cair
Taburan : chocochips

Cara membuat :
1. Campur jadi satu terigu, susu bubuk, gula pasir dan ragi instant dalam wadah besar, aduk rata. Buat lubang di tengah.

2. Masukkan telur. Menyusul santan pandan sambil diuleni. Tuang santan sedikit demi sedikit. Uleni sampai menggumpal dan sedikit lengket.

3. Masukkan mentega dan garam. Uleni sebentar. Terakhir masukkan campuran kismis dan chocochips. Lanjutkan mengulen sampai kalis elastis. Tutup baskom adonan menggunakan serbet lembab/tutup panci sampai mengembang dua kali lipat atau lebih (waktu tidak mengikat, tergantung suhu ruangan).

4. Siapkan loyang tuban diameter 20-22 cm tinggi 8-10cm. Alasi kertas roti dan oles dengan mentega/margarine/minyak di semua bagian loyang. Sisihkan.

5. Kempiskan adonan. Tipiskan adonan menggunakan rolling pin hingga setebal 1 cm. Olesi mentega cair seluruh permukaan adonan menggunakan kuas.

6. Ambil pisau tajam berlumur tepung, potong-potong adonan berbentuk persegi sesuai selera. Tata potongan tersebut ke dalam loyang secara acak sampai adonan habis. Tutup adonan dan fermentasikan di tempat hangat hingga mencapai 80% dari tinggi loyang.

7. Panaskan oven suhu 180'C. Ambil adonan yang telah mengembang. Olesi dengan campuran telur kemudian taburi chocochips.

8. Panggang sampai matang dan permukaannya kuning kecoklatan, selama 40-45 menit.


Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

7 komentar

Kesan pertama liat fotonya juga gitu, mba.
Nih roti tinggi bener yak? Eh ternyata mba Rina juga bingung mau potong dan foto si roti. Hihihi...

Duh, pengen cepet pulang kampung. Kangen peralatan tempurku di dapur.
Mba Rina ih, suka bikin kangen.

Rotinya gede banget mba Rin...lembut seratnya, harum bgt neh..sampe ke batam baunya ha ha ha...
Memang enak ngeroti kl ga ngulen manual ya..jadi lebih semangat

Yang lihat aja bingung apalagi yang mau bikin fotonya hahahah...tambah bingung

Udah fit ya kondisinya ?
Semoga dimudahkan bisa segera pulang dan baking baking lagi ya. Aamiin 😇

Yoi mb Monica, ada breadmaker merasa kebantu banget kok kalo nguleni gini. Udah kapok nguleni manual hahaha

Roti yang pakai pandan asli tuh wanginya bener-bener gak nahan. Tapi diriku harus menahan diri menggunduli pohon pandan, karena kalo dituruti, bisa habis pohonnya 😁😁

Waduh pasti enak banget rotinya mba empuk, cocok kalo di temani susu sambil nongkrong depan lepi :-d hehe

Yes. Idem dengan bapaknya anak anak di rumah. Makannya dicelupin ke kopi susu sambil internetan. Nyamleng tenan 😁

Aamiin.
Makasih doanya ayunda....

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon