Bala-Bala aka Bakwan Sayur

Assalamu'alaykum


Sejak Sabtu subuh, Ciledug diguyur gerimis tiada henti. Apalagi malam sebelumnya sudah hujan, jadi tambah dingin deh.
Pingin rasanya bikin gorengan yang anget anget sambil nyeplus cabe rawit. Langsung kepikiran bikin bakwan seperti di tukang gorengan. Tukang gorengan di sini jika menjual bakwan kebanyakan berbentuk bulat. Untuk membentuk seperti itu, saya pernah melihat abang gorengan menggunakan scoop ice cream ketika mencetak bakwannya. Resep yang saya gunakan sama seperti biasanya hanya ditambah baking powder supaya bakwan tidak bantat dan matang sampai ke dalam. Supaya renyah diberi tepung beras. Jangan pakai telur ya supaya tidak cepet melempem. Setelah matang enak deh. Dalamya berongga karena pemakaian baking powder. Bagian luar crispy ketika masih hangat tapi dalamnya empuk. Enak. Alhamdulillah 😇😇😇

Note :
* Penggunaan baking powder adalah salah satu trik supaya bakwan bulat bisa empuk dan matang ke dalam.

* Gunakan minyak yang cukup banyak supaya bakwan bulet ini terendam. Jika terendam minyak, adonan tidak akan melebar. Adonan akan langsung set membentuk bulatan.

* Tingkat kekentalan adonan sangat berpengaruh terhadap hasil akhir. Jika keenceran, akan melebar. Tapi jika terlalu kental, bagian dalam akan sulit matang (biasanya jadi keras). Jadi test dulu, goreng 1 biji kemudian cek hasilnya.

* Gunakan api agak kecil supaya bakwan matang sampai ke dalam. Api yang terlalu besar akan membuat bakwan matang di luar tapi mentah di dalam.

Bahan :
200 gr tepung terigu
50 gr tepung beras
1 sdt baking powder
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
250 ml air
2 bh wortel, serut kasar
5 batang buncis, iris bulat tipis
200 gr kol, iris tipis
2 batang daun bawang, iris halus

Bumbu halus :
1 sdt ketumbar
3 siung bawang putih
2 butir kemiri
1 cm kunyit

Cara membuat :
1. Dalam sebuah wadah besar campur terigu, tepung beras, baking powder, garam, merica dan bumbu halus. Tuangi air sambil diaduk sampai rata, kental dan licin. Cek rasanya. Boleh ditambah kaldu bubuk dan penyedap rasa jika suka. Aduk rata.

2. Masukkan wortel, kol, buncis dan daun bawang, aduk rata.

3. Panaskan minyak di atas wajan cekung (wok) cukup banyak. Dengan ice cream scoop, goreng adonan di bagian tengah wajan. Biarkan bagian bawah matang. Balik sekali dan goreng sampai kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Sajikan hangat bersama cabe rawit.




Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

2 komentar

Di sini juga habis hujan dan masih gerimis. Liat bakwan kok jadi lapar lagi yak? Padahal sudah makan siang. Minta 3 dong, mba. Hehehe

Silakaaannnnn.....ambil aja. Masih banyak ini hihihi....

Kalo hujan gerimis, lama, mendung, berangin sekalian beuuuhhh lafar mulu bawaannya hihihi 😁😁😁

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon