Laman

Senin, 08 Mei 2017

Marble Ogura Cake

Assalamu'alaykum


Tergolong telat yah saya posting  ogura cake. Sebenarnya sudah beberapa kali saya bikin ogura ini.
Tapi ya gitu, pada gak sabaran pingin habisin karena demen sekali sama ogura. Jadi nggak ada kesempatan difoto. Kali ini saya niat bikin yang marble. Resep seperti biasa pada umumnya, menggunakan 6 butir telur. Takaran tepung agak banyak ya biar motif marble nggak tenggelam, tetep stay di permukaan cake. Untuk motif marble, saya pake coklat bubuk yang dicairkan dengan air panas sampai berbentuk pasta. Boleh pakai pasta coklat siap pakai jika mau. Setelah matang tekstur tetep lembut dan spongy. Aroma coklatnya hmmmm wangiiii 😘😘😘😘 Untuk coklat bubuk saya pakai merk Bendico ya supaya mendapatkan warna gelap.

Bahan :
5 butir kuning telur
1 butir telur utuh
⅛ sdt vanila bubuk
30 ml minyak goreng
60 ml susu cair (boleh pakai air)
100 gr terigu sebaguna

5 butir putih telur
⅛ sdt garam halus
1 sdt air jeruk lemon/nipis/cuka
100 gr gula halus

1 sdt coklat bubuk, larutkan dengan 1sdt air panas (pakai pasta coklat siap pakai juga boleh)

Cara membuat :
1. Siapkan loyang segiempat ukuran 20x20x6cm, alasi seluruh bagiannya (dasar dan dinding) dengan kertas roti. Olesi bagian dasarnya tipis tipis dengan minyak. Bagian dinding loyang, biarkan kering saja, sisihkan. Panaskan oven suhu 160 derajat C. Siapkan juga air mendidih dan loyang lebar untuk steam bake, sisihkan.
2. Dalam wadah besar, campur kuning telur, minyak, susu cair dan vanili bubuk. Aduk rata menggunakan hand whisk. Ayakkan terigu langsung di atasnya, aduk lagi menggunakan hand whisk sampai licin. Sisihkan.
3. Dalam wadah lain, bersih dan kering dari minyak atau cairan apapun, kocok putih telur bersama garam dan air jeruk sampai berbuih. Masukkan gula halus dalam 3 tahap, kocok terus sampai soft peak (kaku dan mengkilat). Jika baskomnya dibalik, putih telur tidak jatuh.
4. Masukkan putih telur kocok (meringue) ke dalam adonan terigu dalam 3 tahap, aduk rata menggunakan hand whisk (pakai spatula boleh, tapi diaduk balik ya).
5. Tuangkan ke dalam loyang, sisakan 3-4sdm adonan, beri pasta coklat, aduk rata. Tuangkan adonan coklat di atas adonan putih secara acak. Bentuk motif marmer menggunakan lidi/pisau.
6. Panggang dalam oven dengan metode steam bake (loyang berisi air mendidih saya letakkan di dasar oven, dan loyang adonan di rak atasnya), selama 80-90 menit. Sentuh permukaan cake, jika sudah kering keluarkan dari oven.
7. Biarkan cake di dalam oven selama 10 menit supaya kokoh. Balik di atas rak, kelupas kertas rotinya, dinginkan sempurna. Ogura cake siap dinikmati.


2 komentar:

  1. Ahaaayy...si lembut ogura, bikin gk mo berenti ngemilnya yess..

    RINI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lembutnya memang juara πŸ‘πŸ‘ Mirip cotton cake πŸ˜‹πŸ˜‹

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.